EFEKTIFIFITAS GOOGLE CLASSROOM DAN WEB LOG (BLOG) DALAM PEMBELAJARAN E- LEARNING FISIKA

Achmad Ali Fikri, Putri Dea Nabil Latifah, Dina Najwa Camalia

Abstract


E-Learning merupakan sebuah inovasi yang mempunyai kontribusi sangat besar terhadap perubahan proses pembelajaran Materi bahan ajar dapat divisualisasikan dalam berbagai format dan bentuk yang lebih dinamis dan interaktif sehingga learner atau murid akan termotivasi untuk terlibat lebih jauh dalam proses pembelajaran tersebut. Dengan adanya media pembelajaran E-Learning, diharapkan akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih kondusif, meningkatkan minat siswa, serta dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi siswa sesudah menggunakan Google Classroom lebih baik daripada sebelum menggunakan Google Classroom pada pembelajaran fisika kelas XI dan untuk mengetahui apakah prestasi siswa sesudah menggunakan Web Log lebih baik daripada sebelum menggunakan Web Log pada pembelajaran fisika kelas XI, serta untuk mengetahui apakah prestasi siswa yang menggunakan Google Classroom lebih baik daripada yang menggunakan Web Log pada pembelajaran fisika kelas XI. Penelitian ini menggunkan metode campuran (mixed method) kualitatif dan kuanitatif. Metode kualitatif pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis data kualitatif wawancara. Sedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis data angket dan tes. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa prestasi siswa meningkat setelah menggunakkan Google Classroom. Sedangkan hasil angket, menyataakan bahwa minat siswa tertinggi yaitu menggunakkan Google Classrom dari pada Web Log karena Penggunaan Google Classrom lebih mudah dibandingkan dengan Web Log. Hal tersebut tersebut juga diungkap saat melakukan wawancara dengan Erna Anis Wardati yang mengatakan bahwa penggunaan Google Classroom lebih mudah dan dapat meningkatkan hasil minat siswa SMA NU Al Ma’ruf Kudus.


Full Text:

PDF

References


Ardhisan Dyatmika Gregorius. 2014. Hubungan Antara Minat Belajar Terhadap Kualitas Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Otomotif Di Smk Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Hammi, Zedha. 2017. Impelemtasi Google Classroom pada kelas XI IPA MAN 2 KUDUS. Skripsi.

Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Hurnita Nila. 2019. Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Alat Paraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hoke Di SMA N 1 Sakti Kabupaten Pidie. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas TarbiyahDan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Eaniry Darussalam.

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815

Nurbaeti dan Nirfayanti.2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.

Nur Rohman Sabar. 2008 . Pemanfaatan Free Weblog Sebagai Media Pembelajaran Ipa Berbasis Web Yang Dapat Dikelola Secara Instan Dan Gratis.

Ramadhani Mawar. 2012. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Kalasan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Yazdi Mohammad. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Skripsi. Sulawesi Tengah: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.