DESKRIPSI PEMBELAJARAN IPA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI PURWOSARI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fara Zulfatul Izah, Dody Rahayu Prasetyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran anak tunagrahita ringan, dikatakan bisa diberi bekal kembali pengetahuan secara berulang-ulang. Pembelajaran IPA, pada penelitian ini terdapat siswa 13 siswa dan sebagai sample terdapat 6 siswa yaitu siswa A, siswa B, siswa C,siswa D, siswa E dan siswa F di kelas VII yang memiliki keterbatasan pada anak tunagrahita ringan pada penelitian ini juga di harapkan siswa memiliki peran aktif dalam kelas dan termasuk siswa yang kompeten dalam kelas. Alasan mendeskrisikan sebagai bentuk belajar pada siswa memiliki kemampuan literasi yang berbeda pada sample penelitian, Siswa mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara terstruktur dan wawancara tak terstruktur, terbentuknya teknik tersebut pada penelitian data diperoleh berupa data yang di dapat hasil wawancara, dokumentasi foto dan lampiran dari guru pengajar. Pada hasil penelitian terdapat 13 siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas, guru menyampaaikan materi dengan strategi yang berbeda dengan tujuan untuk peningkatan pembelajaran, dari hasil observasi kelas siswa mampu pengikuti pembelajaran IPA materi perubahan zat wujud benda dengan baik, tapi kemampuan literasi pada setiap siswa yang berbeda meliputi siswa A, siswa B dan siswa D yang memiliki kemampuan dalam literasi baca tulis dan numerasi dan siswa tersebut mampu menanggapi pertanyaan dari guru bahkan mengetahui konsep yang guru seharusnya jelaskan. Pada siswa tunagrahita di kelas VII ini memiliki kemampuan menulis saja untuk literasi dasar membaca dan numerasi hanya beberpa anak saya yang dapat memenuhi kemampuan literasi, tanya jawab yang didapat dari guru dapat meningkatkan aktifitas siswa. Evaluasi guru memberikan beberapa pertanyaan dan soal, beberapa siswa mampu mengerjakan namun mesih terdapat salah satu siswa yang kesulitan dalam membaca. Evaluasi ini guru memberikkan bimbingan khusus untuk memenemalisir siswa yang tertinggal pemahaman materi.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, Tita Mulyati, and Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Bumi Aksara, 2021.

Ahmadi, Farid, and Hamidulloh Ibda. Media Literasi Sekolah: Teori Dan Praktik. CV.Pilar Nusantara, 2018.

Akhmad, Khabib Alia. “Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta).” Dutacom 9, no. 1 (2015): 43–43

Alfikri, Ivan, and Tengku Khairil Ahsyar. “Media Pembelajaran Interaktif Seni Origami Berbasis Animasi Untuk Anak Tunagrahita Sedang.” Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi 3, no. 2 (2017): 50–60.

Awalia, Hikmah Risqi. “Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan.” Jurnal Pendidikan Khusus 9, no. 1 (2016).

Azizah, Alif Luthvi, Abdul Majid Latief, and Anen Tumanggung. “Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Literasi.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 02 (2018): 199–219.

Chabibah, Nur. “penggunaan media game hopscotch dalam pembelajaran matematika pada anak tunagrahita ringan di sekolah luar biasa b/c siti hajar buduran sidoarjo,” 2014.

Delphie, bandi. “pembelajaran anak Tunagrahita.” Bandung: Refika Aditama, 2006, 2. Gafur, Abdul. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada

Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan) 2, no. 1 (2018).

Hardiyanti, Fachruniza Privita. “Peningkatan Kemampuan Menggosok Gigi Melalui Media Boneka Gigi Pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang Kelas Iv Di Slbc Rindang Kasih Secang.” Widia Ortodidaktika 5, no. 8 (2016): 815–26.

Hasanah, Nurafifa, Mahmud Alpusari, and Otang Kurniaman. “Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Pada Proses Pembelajaran IPA Kelas V Sdn 11 Kecamatan Limapuluh Pekanbaru,” 2017.

Kriyantono, Rachmat. “Praktik Riset Komunikasi.” Jakarta: Kencana, 2009.

Kurvaliany, sukma ayu. “upaya guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar pada murid tunagrahita (studi kasus di SLBN Dr. Radjiman Wedyodiningrat Ngawi Tahun 2021-2022),” 2022.

Laelasari, I., Sari, N. E., & Nuhaya, N. (2019). Strategi yang Dapat Dikembangkan Dalam Pembelajaran Laboratorium Biologi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 29. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4815Lazwardi, Dedi. “Implementation of School-Based Management.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 8, no. 1 (2018): 32–49.

Mahyatun, Baiq, and Lalu Erpan Suryadi. “PEDAGOGIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS.” JKP (Jurnal Konseling Pendidikan) 6, no. 1 (2022): 43–58.

Nuryani, Rustaman. “Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri Dalam Pendidikan Sains.” Bandung: UPI, 2005.

Prihati, Yani, and Prita Paramita. “Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Tunagrahita Ringan.” Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 10, no. 2 (2016).

Rochyadi, Endang. “Karakteristik Dan Pendidikan Anak Tunagrahita.” Pengantar Pendidikan Luar Biasa, 2012, 1–54.

Sahaja, Muhamad Lukman. “pengaruh metode role playing dalam mengembangkan keterampilan sosial pada siswa tunagrahita ringan usia remaja di splb-c yplb cipaganti,” 2015.

Samatowa, Usman. “Mindset Kurikulum 2013.” Jakarta: Indeks, 2011.

Santoso, Subhan Adi. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19.”

Jurnal Annaba’STIT Muhammadiyah Paciran 8, no. 2 (2022): 282–92.

Sapan, angelina tiku. “penerapan model pembelajaran ‘outdoor learning’ dalam meningkatkan hasil belajar ipa bagi anak tunagrahita ringan kelas dasar iv di slb negeri polewali kabupaten polman,” 2022.

Soebiyanto, Soebiyanto, and Mohammad Masykuri. “Pembelajaran Kimia Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) Dan Team Games Tournament (TGT) Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Gaya Belajar.” JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia) 1, no. 1 (2016): 52–66.

Sohibun, Sohibun, and Filza Yulina Ade. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 2, no. 2 (2017): 121–29.

Suarca, Kadek, Soetjiningsih Soetjiningsih, and IGA Endah Ardjana. “Kecerdasan Majemuk Pada Anak.” Sari Pediatri 7, no. 2 (2016): 85–92.

Sugiono, Suryanik. “efektifitas media strip story dalam meningkatkan kemahiran berbicara pada pelajaran bahasa arab siswa kelas viii madrasah tsanawiyah darel hikmah pekanbaru.,” 2014.

Sugiyono, Dr. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.

Suryani, Ning, and Mumpuniarti Mumpuniarti. “Kekuatan Kognitif Siswa Tunagrahita Ringan Terhadap Kegiatan Pembelajaran Keterampilan Budidaya Hortikultura.” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 2, no. 2 (2018): 101–9.

Susilo, Herawati. “Pemanfaatan Kemampuan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas/Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Menunjang Proses Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah.” Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains 3, no. 2 (2012).

Suyono, Suyono, Titik Harsiati, and Ika Sari Wulandari. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 26, no. 2 (2017): 116–23.

Wiyani, Novan Ardy, Ismi Nurprastika, and Ahmad Sahnan. “Aktualisasi Kecerdasan Interpersonal Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan.” DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 3, no. 2 (2020): 101–14.

Yaumi, Muhammad. Action Research: Teori, Model Dan Aplikasinya. Prenada Media, 2016.

Zuhro, fatimatuh. “meningkatkan kemampuan komunikasi sosial dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui bermain peran pada siswa tunagrahita ringan kelas iii di sdlb.” Jurnal Pendidikan Khusus 6, no. 6 (2014).

ADwulandari, ‘Studi Deskriptif Tentang Pengembangan Kemandirian Anak Tunagrahita Di Panti Sosial Binanetra Amal Mulia Kota Bengkulu’ (IAIN Bengkulu,fakultas usuludin Dakwah, 2021)

Dr. hamzah B Uno, M.Pd., PERENCANAAN BELAJAR

Idhartono, A. R., ‘Idhartono, A. R. (2022). LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM

MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 91-96.’, Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6.(1) (2022), 91–96

Maftuhatin, L., ‘Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Kelas Inklusif Di SD Plus Darul’ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201-227.’, Jurnal Study Islam, 5.(2) (2014), 201–27

Usti, A., ‘Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Bermain Pancing Angka Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 1(1), 478-488.’, Ilmiyah Pendidikan Khusus, 1.(1), 488

Referensi : https://tafsirweb.com/1139-surat-ali-imran-ayat-7.html

Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A., ‘“Pengembangan Media Vidio Pembelajaran IPA Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas VI SDN Merjosari 5 Malang.”’, INOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Dan Pembelajaran), 4.(2) (2018), 119-125.

Bindiab, R. H., Pasaribu, M., & Rede, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Pokok Bahasan Perubahan Wujud Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 2 Uebone. Jurnal Kreatif Online, 1(2).

Wulandari, A., Handayani, P., & Prasetyo, D. R. (2019). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam berbasis EMC (education mini club) sebagai solusi menghadapi tantangan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 51-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.