Efektifitas Buku Saku (Pocket Book) Sebagai Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Qurrotul A'yun, Ulya Fawaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas buku saku (pocket book) sebagai bahan ajar IPA dalam meningkatkan literasi sains peserta didik. sampel penelitian diperoleh dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yakni kelas VIII A dan VIII B. Desain penelitian yang digunakan ialah pretest-posttest nonequivalent control group design. Instrument pengumpulan soal berupa soal pilihan ganda yang memuat 3 aspek literasi sains mulai dari menjelaskan fenomena ilmiah, evaluasi dan mendesain penyelidikan, dan interpretasi data dan bukti ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 88,44 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 82,04. Nilai efektivitas yang didapatkan dengan membandingkan nilai n-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 1,16 yang menandakan bahwa buku saku (pocket book) efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Dewi, E. P., Suyatna, A., Abdurrahman, A., & Ertikanto, C. (2017). Efektivitas Modul dengan Model Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalo. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 105–110.

Irfan, I., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 16–27.

Lestari, S., & Nasution, M. Y. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Group Investigation dengan Snowball Throwing pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(3).

Mikraj, A., Utami, L. S., & Zulkarnain, Z. (2019). Pengaruh Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MAN 2 Bima Kelas X Materi Hukum Newton Tahun Pelajaran 2018/2019. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 5–14.

Mirnawati, M., Harjono, A., & Makhrus, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA (Fisika) Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 447–454.

Mukarramah Mustari, Y. S. (2017). Pengembangan media gambar berupa buku saku Fisika SMP pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 113–123

Oktaviani, I. (2019). Pengembangan Majalah Fisika Berbasis Literasi Sains Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP/MTS.

Pangestu, C., Abdurrahmana, A., & Sesunan, F. (2013).Pengembangan buku saku IPA terpadu sebagai media pembelajaran berbasis literasi sains siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(5).

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1).

Robiyanto, Z. R. E. (2019). Pengembangan Mobile Learning Pocket Book Android Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Pada Materi Gelombang Mekanik. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3).

Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis implementasi standar proses pembelajaran guru matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67–84.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015.

Wardani, D. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Hidrokarbon Dan Minyak Bumi. Unesa Journal of Chemical Education, 7(2), 123–128.

Wulandari, R., Supriatna, A., & Nafiah, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Berbasis Android Pada Pembelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1266–1274.

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.