PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN ANALOGI DENGAN METODE FAR PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fikri, K. (2012). Penerapan Pembelajaran Fisika Dengan Analogi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 1(2), 1–4.
Harison, A. G., & Coll, R. K. (2013). Analogi dalam Kelas Sains : Panduan FAR Cara Menarik untuk Mengajar dengan Menggunakan Analogi. Jakarta: PT Indeks.
Khamidah, N., Utaminingsih, S., & Kanzunnudin, M. (2021). Developing Pop-Up Media Based on Local Wisdom For Grade IV Of Elementary School On Theme 8 Daerah Tempat Tinggalku. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 318–319.
Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2013). Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Maulana. (2018). Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT dan Pelatihan Berpikir Suprarasional. Prosiding Seminar Nasional, 297. Sumedang: Universitas Pendidikan Indonesia.
Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 86.
Prasetyo, D. R., Fawaida, U., & Noor, F. M. (2019). Pemanfaatan Alat dan Bahan dari Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Sederhana Mata Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa MTs Muwahidun Gembong. Thabiea: Journal
of Natural Science Teaching, 2(2), 111–112.
Prasetyo, D. R., Hindarto, N., & Masturi. (2015). Pengembangan Alat Praktikum Refraktometer untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 16.
Prastowo, T. (2011). Strategi Pengajaran Sains dengan Analogi Suatu Metode Alternatif Pengajaran Sains Sekolah. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(1), 9.
Rahayu, G. D. S. (2020). Mudah Menyusun Perangkat Pembelajaran. Purwakarta: CV Tre Alea Jacta Pedagogie.
Riduwan, & Akdon. (2006). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Susilana, R., & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Ulfah, M., & Hidayati, S. N. (2019). Efektivitas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Minat dan Hasil belajar Siswa pada Materi Zat Aditif. E Jurnal Pensa, 7(1), 24.
Wahyuningtyas, D. P., & Nafi’ah, F. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Berbasis Sains Kelompok B RA Raden Fatah Podorejo Madrasah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 46–52.
Wibowo, B., Vebrianti, I., Pertiwi, N. R., Widiyatmoko, Y., & Nursa’ban, M. (2017). Disaster Mitigation Pop-Up Book Sebagai Media Pembelajaran Mitigasi Bencana Berbasis Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar. Geo Media: Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 15(1), 61–74
Refbacks
- There are currently no refbacks.