Pengembangan Penalaran Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Berbantuan Ular Tangga Pada Materi Sistem Koordinasi

Anissa Ika Fitriani, Didi Nur Jamaludin

Abstract


Teams Game Tournament merupakan model pembelajaran menyenangkan dan mudah diterapkan dengan melibatkan siswa dalam kegiatan belajar. Pembelajaran Teams Game Tournament berbantuan ular tangga digunakan sebagai alternatif untuk mendorong partisipasi aktif dan meningkatkan kemampuan penalaran dalam memahami konsep dasar materi biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pengaruh model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga terhadap kemampuan penalaran siswa pada materi sistem koordinasi. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental design dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yakni posttest only control group design. Populasi penelitian yakni kelas XI MIPA MA Mu’allimat NU Kudus. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen XI MIPA 1 dan kelas kontrol XI MIPA 2. Teknik pengambilan data menggunakan jenis tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, penerapan model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga pada materi sistem koordinasi menunjukkan langkah pembelajaran berjalan secara terarah dan sistematis, serta suasana belajar mengarah pada penerapan model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga pada materi sistem koordinasi. Kedua, hasil uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney mendapatkan nilai Asymp Sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05 berkesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Penelitian ini terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran model kooperatif tipe Teams Game Tournament berbantuan ular tangga terhadap kemampuan penalaran siswa pada materi sistem koordinasi.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Diunduh dari https://peraturanpedia.id/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaannomor 103-tahun-2014/

Khayatun, Amiroh Nur. (2013). Efektivitas Teknik Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI SMAN 3 Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21774.

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Lestari, Mulyaningrum. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan CD Terhadap Kemampuan Daya Nalar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Kudus Vol 1 No 2. Diunduh dari http://journal.iainkudus.ac.id M. I.

Mutaqien. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Konsep Fungi (SMA Islam Al-Mukhlisin Ciseeng Bogor). Skripsi, Universitas Negeri Jakarta. Diunduh dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37582/1/m.%20izet%2 0mutaqien%20-%20fitk.pdf

Ni Wayan Suardiati Putri. (2016). Modul Statistika Dengan SPSS. Bali : STMIK STIKOM.

Nurun Najmi et al. (2021) The Effect of Cooperative Learning Model Type of Teams Games Tournament (TGT) on Student’s Learning Achievement. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam Vol.4 No.1 : 246-58. Diunduh dari http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/291.

Pitdianti N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Kuala Tahun Pelajaran 2019. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Diunduh dari https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/6009

Putri, Ayu Eka, et.al. (2014). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Sekolah Menengah Atas Serta Kemunculan Penalaran Pada Laporan Praktikum Biologi. Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh dari http://repository.upi.edu/15609/

Putri, Ayu Eka. (2014). Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X IPA SMA Terkait Dengan Konsep Biologi. Prosiding Mathematic and Sciences Forum 2014. Pendidikan Biologi Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh dari http://prosiding.upgrissmg.ac.id.

Rasidah. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Berbasis Media Video Animasi Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Sistem Koordinasi Kelas XI MAN Kota Palangkaraya. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya. Diunduh dari http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3284/1/Rasidah%20-%201601140439.pdf

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo.

Savriani, E. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika SDN 06 Metro Barat Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Universitas Metro. Diunduh dari https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3875/

Wahidah, N S. (2019). Penerapan Media Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Klasifikasi Siswa SMA Pada Konsep Klasifikasi Tumbuhan. Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh dari http://repository.upi.edu /id/eprint/44203


Refbacks

  • There are currently no refbacks.