PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE DENGAN THE POWER OF TWO BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE

Annisa Nur Rohmah, Yuyun M, Shofwatun Nada

Abstract


Penggunaan metode pembelajaran yang tepat sangat berperan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan oleh pendidik. Peneliti bermaksud membandingkan kedua tipe metode pembelajaran Cooperative tersebut karena memiliki kesamaan sintaks, sehingga peneliti ingin menemukan perbedaan hasil dari penerapan kedua tipe pembelajaran tersebut. Kedua tipe metode pembelajaran tersebut juga menambah kepercayaan keterampilan berpikir kritis, membantu peserta didik agar dapat berdiskusi dengan orang lain serta peserta didik memperoleh kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode True Experimental Design Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group desain. tujuan penelitian dilakukan untuk mencari perbandingan antara kelas eksperimen 1 (E1) dengan menggunakan metode Think Pair Share, dan kelas eksperimen 2 (E2) dengan menggunakan metode The Power of Two. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 34 orang dan XI MIPA 2 yang berjumlah 35 orang di SMA Negeri 9 Cirebon. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan metode pembelajaran Think Pair Share dengan metode pembelajaran The Power of Two. Keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan metode pembelajaran Think Pair Share memiliki rata-rata dengan nilai N-gain 0.61 lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menerapkan metode pembelajaran The Power of Two dengan nilai Ngain 0.46

Full Text:

PDF

References


Facione, P. A. (2015). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. 1–30.

Haryanti, E. (2019). COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN SASTRA (MENGENAL TEKS PUISI) Eka. JURNAL TAMBORA Vol. 3 No. 1 Februari 2019 KOLOM ILMIAH Science and Technology JURNAL, 3(1), 1–5.

Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). PEDADIDAKTKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Pemahaman Siswa tentang Gaya dapat Mengubah Gerak suatu Benda. All Rights Reserved, 5(1), 127–139. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Laelasari, I., & Anggraeni, S. (2017). Improving Critical Thinking and Metacognition Ability Using Vee Diagram through Problem-Based Learning of Human Respiratory System. Atlantis Press, 45–51. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.16

Laelasari, I., & Rahmawati, A. (2020). Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Journal of Biological Education and Science, 1(2), 76–81.

Nurmaliahayati. (2013). Pemanfaatan hutan melalui pembelajaran biologi terintegrasi untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Jurnal Pengajaran MIPA, 18 (1) 43-49. Diunduh dari http://journal.fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/255.

Septian, D., & Farid, I. F. (2019). Pembelajaran IPA Mengunakan Model ARCS ( Attention , Relevance , Confidance , and Satisfaction ) dengan Metode The Power of Two pada. 2(2), 56–64.

Susanti, Gusmaweti dan Hendri. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dengan The Power Of Two di Kelas VII SMP Kartika 1-7 Padang. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bung Hatta.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 4.

Annisa Nur Rohmah Yuyun, Shofwatun Nada /National Conference Of Islamic Natural Science Vol.3 (2023), 20-31 31 | NCOINS 202 3

Simatupang, H., & Purnama, D. (2019). Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Standar Proses Dalam Pembelajaran Ipa Kelas Vii Smp Al-Ulum Kota Medan. Jurnal Biolokus, 2(1), 135. https://doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.438

Sofeny, D. (2017). The effectiveness of discovery learning in improving english writing skill of extroverted and introverted students. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(1), 41. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i1.3639

Yaniwati, A., & Husna, A. (2017). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE ( TPS ) DAN THE POWER OF TWO ( TPT ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BATAM Pendahuluan Diberikannya p embelajaran matematika pada setiap jenjang pendidikan menunjukkan bahwa matema. 6(2), 126–132


Refbacks

  • There are currently no refbacks.