Pemanfaatan dan Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran pada UMKM di Era Pandemi Covid-19

Razita Zaatariyah

Abstract


Adanya pandemi covid-19 telah memberikan dampak yang cukup besar bagi seluruh dimensi kehidupan. Salah satunya pada sektor ekonomi terutama pada UMKM. Adanya kebijakan pemerintah seperti aturan PSBB dan social distancing mengakibatkan kuranngnya interaksi sosial dan maraknya bisnis online. Hal ini membuat para pelaku UMKM harus mencari strategi yang tepat agar usahanya dapat terus berlangsung. Berdasarkan pernyataan tersebut, menarik perhatian penelit untuk membuat artikel yang berjudul “Pemanfaatan dan Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran di Era Pandemi Covid-19”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dampak pandemi covid-19 bagi pemasaran produk UMKM, mengetahui strategi apa yang tepat untuk diterapkan oleh pelaku usaha agar dapat bertahan di tengah pandemi covid-19 dan untuk mengeksplorasi pemanfatan digital marketing di era pandemi covid-19 serta agar dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yaitu menggunakan studi kasus melalui wawancara sebagai pendekatan penelitian. Penelitian ini juga menggunakan studi pustaka atau literatur, yaitu menggunakan jurnal dan buku sebagai acuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan teknologi saat ini menstimulasi manusia untuk melakukan kegiatan dan melakukan komunikasi walaupun dengan jarak yang sangat jauh. Teknologi sangat mempengaruhi kesuksesan wirausahawan dalam menjalankan kegiatan usahanya, baik dalam melakukan kegiatan promosi sampai proses pengiriman barang pada konsumen. Adanya teknologi menjadi peluang baru bagi para pelaku usaha UMKM agar usaha yang dijalankannya tetap berlangsung. Selain itu, konsumen/ pelanggan yang didapatkan juga semakin meluas. Tidak hanya terbatas dalam kota saja, tetapi bahkan sampai lintas provinsi, lintas pulau hingga lintas negara. Kesimpulan peneliti dari penelitian ini adalah digital marketing merupakan strategi yang tepat untuk digunakan oleh para pelaku usaha pada masa pandemi covid-19.

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F., & Ningsih, A. (2020). Pengaruh Pembelajaran Melalui Program TVRI Terhadap Aspek Psikomotorik Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 145. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i2.1594

Andayani, I., Roesminingsih, M. V., & Wiwin, Y. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Nonfomal, 16(1).

Anjaningrum, W. D. (2020). Efektivitas Digital Marketing Dan Networks Dalam Mendongkrak Kinerja Pemasaran UKM Di Masa Pandemi Covid-19. SENABISMA: Seminar Nasional Administrasi Bisnis Dan Manajemen, 6(7), 50–61. https://prosiding.polinema.ac.id/senabisma/index.php/senabisma/article/view/16/15

Baihaqi, A. (2020). Implementasi Digital Marketing Pada UD Primadona Jember.

Junusi, R. El. (2020). Digital Marketing During the Pandemic Period ; A Study of Islamic Perspective. 2(1), 15–28.

Naiyya Balaya, A., & Zafi, A. A. (2020). Peranan Kearifan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Civics and Education Studies, 7(1), 27–34. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn/article/view/4791

Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621

Redjeki, F., & Affandi, A. (2021). Utilization of Digital Marketing for MSME Players as Value Creation for Customers during the COVID-19 Pandemic. 3(1), 40–55.

Rosmayanti, E. (2020). Upaya Penggunaan Model Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Aspek Spiritual Siswa SD 2 Medini. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 85–92. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/9

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021, October). PENGARUH PENGUASAAN IT GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI. In FORUM PAEDAGOGIK (Vol. 12, No. 2, pp. 201-215). https://doi.org/10.24952/paedagogik.v12i2.3901

Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.