Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android “SIPERAH” pada Materi Sistem Peredaran Darah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran biologi yang layak berbasis aplikasi android “SIPERAH” pada materi sistem peredaran darah di tingkat SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Subjek uji produk penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Mts Abadiyah Gabus, dan SMP 2 Batangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangakan dan kemudian diujicobakan berdasarkan respon siswa mengacu indicator yang dipakai menunjukkan 85, 2 % siswa mengatakan baik dan layak digunakan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis android SIPERAH layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran biologi materi system peredaran darah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu media pembelajaran yang efektif digunakan di era 4.0 dan masa pandemic ini.
Kata Kunci: Medi Pembelajaran Interaktif, Android, Sistem Peredaran Darah, Model Pengembangan 4D
Full Text:
PDFReferences
Ali Fikri, A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa. Thabiea, vol 1 (1)
Ali Fikri, A. (2019). Misconception In Scientific Literature On Journal Online That Discuss Integration Of Science And Religion In Era 4.0. Journal Of Biology Education 2 (2), 151-161
Arif Mahya, Siti Partini Suadiman. 2013. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V.Jurnal Prima Edukasia, Vol: 1 No.1.-9. Diambil dari https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2311
Arsyad, Azhar. 2013. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S, B, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. Eurasian J. Phys. Chem. Educ. 3(1):26-38
Marfuah, Siti, Zulkardi, dan Nyimas Aisyah. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Power Point disertai Visual Basic for Aplication Materi Jarak pada Bangunan Ruang Kelas X. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP-UMRAH, Volume.1 No.1 (41-48) 2016. Diambil dari https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.5
Resiani, Ni Kadek, Anak Agung Gede Agung, I Nyoman Jampel. 2015. Pengembangan Games Edukasi Interaktif pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Semester Genap di SMP N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, Vol: 3 No:1. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/5929
Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sainipar, Pandapotan. 2004. Menggunakan Microsoft OffiecePower Point 2003. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.