Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM
Abstract
Perkembangan teknologi internet menjadi penanda masuknya era revolusi industri 4.0. Kehadiran internet yang memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah, menjadi peluang baru bagi UMKM untuk memasarkan produknya karena internet telah mengubah aturan dasar pemasaran di dunia yang tradisional menjadi digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap penjualan, strategi pemasaran, dan kendala dalam penerapan digital marketing pada pelaku UMKM. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan serangkaian wawancara kualitatif dengan mengidentifikasi hubungannya yang memerlukan pemeriksaaan lebih detail. Wawancara ini dilakukan oleh satu orang yang merupakan pelaku UMKM atau pemilik dari DwiOlshop. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pelaku UMKM yang menerapkan digital marketing mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Sehingga pelaku UMKM lebih senang memasarkan produknya secara online. Strategi yang digunakan dalam menerapkan digital marketing untuk memasarkan produk adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, status Whatsaap, dan live streaming di Facebook. Hasil juga menunjukkan bahwa tidak hanya manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan digital marketing, tapi pelaku UMKM juga sering mengalami kendala dalan penerapannya. Kendala tersebut seperti koneksi internet yang tidak stabil, keterlambatan pengiriman, serta penipuan transaksi dan manipulasi nomor admin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam pengimplementasiaan digital marketing, berpengaruh dalam meningkatkan pemasaran UMKM, serta pengimplementasiaanya memberikan manfaat dan kendala yang mengiringinya.
Kata kunci: Strategi, digital marketing, UMKM
Full Text:
PDFReferences
Alford, Philip dan Stephen John. (2015). Marketing Technology for Adoption by Small Business. The Service Industries Journal, 35(11-12) 655-669. Diunduh dari https://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/02642069.2015.1062884?needAccess=true
Anandhita, Vidyantina Heppy. (2013). Studi Pemilihan Layanan Jasa Pengiriman Oleh Pelaku Bisnis Online Sebagai Sarana Distribusi Produk Menggunakan Strategi Marketing Mix di DKI Jakarta. Jurnal Penelitian Pos & Informatika, 3(1) 1-18. Diunduh dari https://jurnal-ppi.kominfo.go.id/index.php/jppi/article/view/030101
Aris, Risdiana. (2020). Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20(1) 9-19. Diunduh dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/aplikasia/article/view/2359/1757
Bång, Andreas dan Joy Hell. (2015). Digital Marketing Strategy: Social Media and its Contribution to Competitiveness. Tesis, Linnaeus University. Diunduh dari http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:824959/FULLTEXT01.pdf
Batu, Reminta Lumban, Tiar Lina Situngkir, dkk. (2020.) Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2) 144-152. Diunduh dari http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/ekbis/article/view/1992
Christina, Imelda Debby, Fenni, dan Devia Roselina. (2019). Digital Marketing Strategy In Promoting Product. Management and Entrepreneurship: Trend of Development Issue, 4(10) 58-66. Diunduh dari https://management-journal.org.ua/index.php/journal/article/view/137
Cox, Sarah. (2012). Social Media Marketing in a Small Business: A Case Study. Tesis, Purdue University. Diunduh dari https://docs.lib.purdue.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1012&context=cgttheses
Fadhilah, Dian Azmi dan Tami Pratiwi. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Ilmiah Manajemen, XII(1) 17-22. Diunduh dari https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/279
Febriyantoro, Mohamad Trio dan Debby Arisandi. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2) 61-76. Diunduh dari http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/JMD/article/view/175
Hendrawan, Andi, Hari Sucahyowati, Kristian Cahyadi, dkk. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantarsari Cilacap. Jurnal Administrasi dan Kesekretariatan, 4(1) 50-61. Diunduh dari http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/189/136#
Jain, Rahul. (2015). Impact of Social Media Marketing on SME Business. Diunduh dari http://samvad.sibmpune.edu.in/index.php/samvad/article/view/98296/0
Kaur, Gurneet. (2017). The Importance of Digital Marketing in The Tourism Industry. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(6) 72-77. Diunduh dari https://www.granthaalayahpublication.org/journals/index.php/granthaalayah/article/view/IJRG17_A06_387/1877
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Naimah, Rahmatul Jannatin, M. Wahyu Wardhana, dkk. (2020). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2) 1-12. Diunduh dari https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/844/745
Nusantara, Cyptaning Ajie. (2021). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Melalui Aplikasi Tiktok Tugas EAS Technonopreneurship Digital Content (A). Diunduh dari http://repository.untag-sby.ac.id/7423/
Pradiani, Theresia. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2) 46-53. Diunduh dari https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/45
Rachmawati, Fitri. (2018). Penerapan Digial Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlwan Ekonomi Surabaya. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Diunduh dari http://digilib.uinsby.ac.id/26290/
Rahadi, Dedi Rianto dan Zanial. (2017). Sosial Media Marketing Dalam Mewujudkan E-Marketing. Journal Marketing, 8(2) 71-78. Diunduh dari http://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/kntia/article/viewFile/1179/560
Ruth, Emyana. (2013). Deskripsi Kualitas Layanan Jasa Akses Internet di Indonesia dari Sudut Pandang Penyelenggara. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 11(2) 137-146. Diunduh dari https://www.online.bpostel.com/index.php/bpostel/article/view/66
Saraswati, Erwin. (2019). Strategi Perencanaan dan Biaya Pemasaran yang Efektif bagi UMKM Mitra Binaan PT. Semen Indonesia. Journal of Dedicators Community, 3(3) 97-105. Diunduh dari https://ejournal.unisnu.ac.id/JDC/article/view/1040/pdf
Sulaksono, Juli dan Nizar Zakaria. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1) 41-47. Diunduh dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/13906
Sumartono dan Ari Suhartono. (2019). Tindak Penipuan Bisnis Onlien dalam Kajian Perspektif Hukum Pidana dan Sosiologi Pada Masyarakat Sosial Media. Scientific Journal of Education, Economic, and Engineering, 1(1) 72-86. Diunduh dari https://journal.udn.ac.id/index.php/eduscotech/article/view/10
Tharob, Gabriel F, Elfie Mingkid, dan Ridwan Paputungan. (2017). Analisis Hambatan Bisnis Online Bagi Mahasiswa Unsrat. E-Journal “Acta Diurna”, 6(2) 1-19. Diunduh dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/16198
Wibowo, Bambang Setia dan Diaz Haryokusumo. (2020). Capturing Opportunities in the Industrial Revolution 4.0: E-Commerce, Digital Marketing, Prestige, and Instant Online Buying. Jurnal Dinamika Manajemen, 11(2) 198-206. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/348463745_Capturing_Opportunities_in_the_Industrial_Revolution_40_E-Commerce_Digital_Marketing_Prestige_and_Instant_Online_Buying
Zhu, Guoan dan Xue Gao. (2019). Precision Retail Marketing Strategy Based on Digital Marketing Model. Science Journal of Business and Management, 7(1) 33-37. Diunduh dari https://doi.org/10.11648/j.sjbm.20190701.15
Refbacks
- There are currently no refbacks.