Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Peran MGMP Fisika SMA Negeri Se-Kota Banjarmasin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Peran MGMP Fisika se-Kota Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dan wawancara yang terdiri dari 20 orang guru SMAN Banjarmasin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan metode statistik deskriptif dan analisis kualitatif dengan cara reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran berdasarkan peran MGMP Fisika yaitu sebesar 15 % guru jarang aktif, 60 % guru cukup aktif, 25 % guru sangat aktif dalam kegiatan MGMP Fisika. Guru-guru yang sangat aktif mengikuti kegiatan MGMP memiliki perencanaan pembelajaran sangat baik, guru yang cukup aktif memiliki perencanaan pembelajaran yang cukup baik, dan guru-guru yang jarang aktif memiliki perencanaan pembelajaran yang kurang baik.
Full Text:
PDFReferences
Husna, Fadiratul. (2016). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI: Studi Kasus MGMP PAI SMP Negeri Kabupaten Kediri. Didaktika Religia, 4 (2) 205-224. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/323697411
Fakrurridha & Nurdin. (2019). Pelaksanaan MGMP Dalam Meningkatkan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Serambi Ilmu, 20 (2) 255-238. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/336477387
Ananda, Rusydi. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Taufiqurokhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta Pusat: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
Silalahi, Ulbert. (1996). Asas Manajemen. Bandung: Mandar Maju.
Jaya, Farida. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara.
Nurhasanah, S. Jayadi, A. & Sa’diyah, R. (2019). Strategi Pembelajaran. Cipayung: Edu Pustaka.
Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Commbs, Phillip H. (1982). Apakah Perencanaan Pendidikan Itu. Jakarta: Karya Aksara.
Sanjaya, Wina. (2013). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H. & Nurhikmah, H. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Gowa: Cahaya Bintang Cemerlang.
Uno, H. B. & Lamatenggo, N. (2016). Tugas Guru dalam Pembelajaran Aspek yang Memengaruhi. Jakarta: Bumi Aksara.
Fauzi, Imron. (2018). Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.
Ananda, Rusydi. (2018). Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Jailani, M. S. (2014). Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan. AL-TA LIM, 21 (1) 1-9. Diunduh dari https://journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim/article/view/66/67
Sueb, Setiawan, S. & Mustofa, Ali. (2020). Pengembangan Profesi Guru Anggota MGMP Bahasa Inggris di Bidang Penelitian dan Publikasi Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 4 (1) 43-49.
Diunduh dari http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb/article/view/1489
Mulyasa, E. (2007). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, cetakan Ke-2.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Direktorat Profesi Pendidik. (2010). Rambu-Rambu Pengembangan KKG dan MGMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional.
Pratama, S., Yusrizal, & Niswanto. (2018). Manajemen Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Profesional Guru Pada Forum MGMP Di Kabupaten Aceh Jaya. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 6 (1) 24-29. Diunduh dari http://jurnal.unsyiah.ac.id
Wahidah, N. & Azizah, N. N. (2019). Kreatifitas Guru dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU Khoiriyah Bae. Jurnal Tarbawi, 16 (2) 85-92. Diunduh dari https://ejournal.unisnu.ac.id
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Nugraha, R. P. A., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pendidikan Islam. Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian Dan Penelitian Bidang Keislaman Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/al%20yasini.v5i1.3772
Putra, Erik Ade. (2015). Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 4 (3) 71-76. Diunduh dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/viewFile/6065/4707
Syafril. 2010. Statistika. Padang: Sukabina Press.
Andriani, Wiwik & Natsir, Imawaty. (2019). Peranan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Terhadap Kompetensi Guru Matematika di Tingkat SMA. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 2 (1) 61-75. Diunduh dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/.
Hidayat, Yusuf. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris terhadap Manajemen Pembelajaran dalam Mewujudkan Kinerja Guru. Jurnal Publik, 11 (02) 279-290. Diunduh dari https://journal.uniga.ac.id
Wulandari, Suci. (2018). Analisis Pelaksanaan MGMP IPS SMP/MTS Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Kabupaten Sijunjung Tahun 2017. Jurnal Buana. 2 (1) 362-373. Diunduh dari http://geografi.ppj.unp.ac.id
Shofia, N. A., & Ahsani, E. L. F. (2021, October). PENGARUH PENGUASAAN IT GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI. In FORUM PAEDAGOGIK (Vol. 12, No. 2, pp. 201-215).
Septiani, G. (2020). Pengaruh Lingkungan Bagi Kecerdasan Siswa Secara Intelektual, Emosional , Sosial, dan Spiritual. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 47–58. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/6
Refbacks
- There are currently no refbacks.