Pengaruh Peer Lesson Berbasis Poster dan Media Sosial Terhadap Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi di MA Sultan Agung

Betty Nur Humaidah, Didi Nur Jamaludin

Abstract


Peer lesson merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif yang digunakan dalam melatih kemampuan peserta didik untuk mengajarkan materi kepada teman-teman lainnya, sehingga penerapan strategi peer lesson memiliki kelebihan yaitu dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi, meingkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan keterampilan berbicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil literasi sains peserta didik dengan menggunakan strategi peer lesson berbasis poster dan media sosial pada materi sistem ekskresi dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan peer lesson berbasis poster dan media sosial terhadap literasi sains pada materi sistem ekskresi kelas XI di MA Sultan Agung Pati. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest control group design. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas XI MIPA di MA Sultan Agung Pati. Sampel penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 30 siswa. Analisis penelitian menggunakan uji Mann-Whitney dan N-Gain. Hasil penelitian memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Sedangkan hasil literasi sains peserta didik pada kelas kontrol dengan media power point memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang, hal tersebut menunjukkan bahwa strategi peer lesson dapat meningkat secara signifikan terhadap literasi sains pada materi sitem ekskresi dibandingkan dengan menggunakan media power point.


Full Text:

PDF

References


Magdalena, Ina et al. (2021). “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas 5 SDN Bojong 3 Tangerang.” Pensa 3(2). Diunduh dari http://ejournal.stitpn.ac.id/index.php./pensa/article/view/1357

Nofiana, Mufida, and Teguh Julianto. (2018). “Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal”. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi. 9(1). Diunduh dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/index

Novianti, E W, I N Arcana, and I Taufiq. (2020). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Instagram Pada Pokok Bahasan Grafik Fungsi Untuk Siswa SMA.” UNION: Jurnal Ilmiah … 8(3). Diunduh dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/8820/0.

OECD. (2015). PISA 2015 Results. OECD. Diunduh dari http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2016-12/

Relita, Dessy Triana, Anna Marganingsih, and utari ilhayati Ningsih. (2017). “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.” Sosio Didaktika 4(2). Diunduh dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/7986

Wardani, Made Agustia Permata, Rufii Rufi’i, and Harwanto Harwanto. (2019). “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa Kelas X SMK.” Edcomteh, Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4(1). Diunduh dari http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/3459

Yuliati, Yuyu. (2017). “Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa.” Jurnal Cakrawala Pendas 3(2). Diunduh dari http://www.neliti.com/publications/266426/literasi-sains-dalam-pembelajaran-ipa

Yaszal, Sabzul Fenni. (2015). Penggunaan Media Poster dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kuantan Hilir Seberang. Diunduh dari http://media.neliti.com/media/publications/201675-penggunaan-media-poster-dalam-pembelajaran.pdf.

Zam, Siti Zam, and Umy Kusyairy. (2016). “Pengaruh Strategi Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa X MA Abnaul Amir Moncobalang.” JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) 4(1). Diunduh dari http://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/3280


Refbacks

  • There are currently no refbacks.