PENGEMBANGAN E-FLIPBOOK MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN BERBASIS LITERASI LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMA/MA
Abstract
Literasi lingkungan menjadi kemampuan yang penting dalam menghadapi abad 21. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan literasi lingkungan adalah dengan memberikan pendidikan berbasis literasi lingkungan di sekolah yaitu memberikan sumber belajar yang berbasis literasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa eflipbook materi perubahan lingkungan berbasis literasi lingkungan sebagai sumber belajar biologi pada siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan et.al. pada tahun 1974. Hasil pengembangan berupa sumber belajar e-flipbook yang memuat KD 3.11 dan 4.11 kelas X yaitu perubahan lingkungan yang terintegrasi dengan literasi lingkungan. Hasil validasi oleh validator ahli materi mencapai skor 93% (sangat layak), ahli media 76% (layak), dan guru 93% (sangat layak). Produk di uji coba kelayakan pada siswa kelas X MIPA 2, 4 dan 5 dengan hasil rata-rata mencapai 83% (sangat layak) yang artinya sumber belajar e-flipbook sangat layak digunakan.
Kata kunci: e-flipbook, Isu lingkungan, Literasi lingkungan, Sumber belajarFull Text:
PDFReferences
Addahlawi, H. A., Mustaghfiroh, U., Ni’mah, L. K., Sundusiyah, A., & Hidayatullah, A. F. (2020). Implementasi Prinsip Good Environmental Governance Dalam Pengelolaan
Sampah Di Indonesia. Jurnal Green Growth dan Manajemen Lingkungan, 8(2), 106– 118. https://doi.org/10.21009/jgg.082.04
Aini, N., Muhdhar, M. H. I. Al, Rochman, F., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Wardhani, W. (2020). Analisis Tingkat Literasi Lingkungan Siswa Pada Muatan Lokal Pendidikan Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 40–44.
Azhary, S. A.-G., Surdayana, I. G. P., Devitasari, P. I., & Kuswanto. (2020). Development of Science E-Flipbook Integrated Illegal Sand Mining on River Basin to Improve Environmental Care Attitude. IJECA: International Journal of Education & Curriculum Application, 3(1), 26–30.
Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2018). Pengembangan Dan Validasi Instrumen Evaluasi Literasi Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 5(1).
Handayanti, S. (2020). Perbandingan kemampuan literasi lingkungan peserta didik sekolah adiwiyata dan sekolah non adiwiyata sma negeri kelas xi di kota tangerang selatan. In Thesis. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hariz, A. R. (2020). Studi Timbulkan Dan Komposisi Sampah Dalam Perencanaan Pengelolaan Sampah Di Kampus 2 Uin Walinsongo. Neo Tenika, 6(2), 29–33.
Hekmah, N., Wilujeng, I., & Suryadana, I. G. P. (2019). Web-LKS IPA terintegrasi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 129–138.
Irwandi, & Fajeriadi, H. (2019). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66–73.
Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kvisoft Pada Materi Ekosistem Untuk Memberdayakan Sikap Peduli Lingkungan Peserta X SMA. UIN Raden Intan Lampung.
Muqdamien, B., Umayah, Juhri, & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi Dalam Four-D
Model Pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular
Tangga Untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains Dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Intersections, 6(1), 23–33.
Prima, S. (2020). Pengembangan Sumber Belajar Berupa Flipbook Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Ramadhana, S. D. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Dengan Model PjBL-STEAM Pada Materi Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. UIN Walisongo Semarang.
Soejana, Y., Anwar, M., & Sudding. (2020). Pengaruh Media E-Modul Berbasis Flipbook pada Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Wajo ( Studi Pada Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan ). Jurnal Chemica, 21(2), 163–172.
Suardi, M. I. (2018). Pengembangan Media Ajar Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Tata Surya Kelas VI Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ihsan Telanaipura Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata Sebagai Sumber Belajar Biologi dan Strategi Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Bio Education, 3(2), 59–72.
Susilastri, S. D., & Rustaman, N. Y. (2015). Students ’ environmental Literacy Profile in School-Based Nature and in School that Implement the Adiwiyata Program. Seminar Nasional Konservasi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam 2015, 263–269.
Wahyuliani, Y., Supriadi, U., & Anwar, S. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA NEGERI 4 Bandung. Jurnal Tarbawy, 3, 22– 36.
Refbacks
- There are currently no refbacks.