Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Self Efficacy Matematika Siswa Kelas VII
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui apakah model pembelajaran problem based learning mempengaruhi kemampuan literasi matematis dan self efficacy matematika siswa atau tidak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Setting penelitian dilakukan di MTs NU Ibtida’ul Falah Kudus. Populasi meliputi semua siswa kelas VII. Sedangkan sampel penelitian meliputi kelas VII A dan kelas VII B. Pada pengujian uji hipotesis, nilai instrumen angket kemampuan literasi matematis diperoleh hasil t!"#$%& = 2,389 dan kemampuan self efficay matematika diperoleh t!"#$%& = 2,032 sedangkan t#'()* (dk = 62) yaitu 2,00 dengan taraf signifikansinya 0,05. Karena perolehan kedua instrumen angket t!"#$%& > t#'()* , maka h, ditolak dan h- diterima. Dengan demikian, Terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Self Efficacy Matematika Siswa Kelas VII.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Literasi Matematis, Self Efficacy
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Husaini Usman & Purnomo Setiadi. (2008). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.
Asyari M., Al Muhdhar, M. H.,&Ibrohim, H. S. (2016). Improving Critical Thingking Skills Through The Integration of Problem Based Learning and Group Investigation. International Journal for Lesson and Learning Studies, 05 (01):36.
Baswedan, Anies. R. n.d. Gawat Darurat Pendidikan Di Indonesia. in Silaturrahmi Kementrian Pendidikan Dinas.
Jaedun, Amat. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. in In Service I Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, yang Diselenggarakan oleh LPMP Provinsi Daerah Istimewa Y ogyakarta.
Jannah, Siti Riyadhotul. (2019). Pentingnya Literasi Matematika Dan Berpikir Kritis Matematis Dalam Menghadapi Abad 21. in PRISMA Prosisidng Seminar Nasional Matematika.
Karunia, Eka Lestari & MR Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Matondang, Zulkifli. (2013). Statistika Pendidikan. Medan: Unimed Press.
Nurdin, Arifin. (2018). Upaya Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran
Matematika Melalui Problem Based Learning. Pendas Mahakam 03(03):265.
OECD. (2018). Programme For International Student Assesment (PISA) Result from PISA.
PISA.
Rakhmawati, Nugrahaning Nisa Alifia & Intan Aulia. (2018). Kajian Kemampuan Self-
Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Elektronik
Pembelajaran Matematika 05(01):51.
Ratna, Widianti Utami. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Ciamis. Riset Pendidikan
Matematika 04(02):167.
RI, Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah
Tsanawiyah.
Safrudin, Yeni Marinatul Hasanah & Cepi. (2017). Evaluasi Program Wajib Belajar 12
Tahun Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
(02):229.
Sentosa, Afrizal Wahyu. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dan Self-
Efficacy Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Sekolah
Menengah. Skripsi, Universitas Pundan .
Subaidi. (2016). Self Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma
(02):6.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, RnD. Bandung: Alfabeta.
Tabun, Heka Muhammad. (2020). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL). Pendidikan Matematika 10(01):5.
Triton, Prawira Budi. (2006). SPSS 13.0: Terapan Riset Statistik Parametic. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Wahyuni, Fina Tri. (2019). Hubungan Antara Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Dengan Technology Integration Self Efficacy (TISE) Guru Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan Matematika 02(02):112.
Winarsunu, Tulus. (2009). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Dan Pendidikan. Malang: UMM Press.
Yunus, Abidin. (2017). Pembelajaran Literasi, Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusi, Tustyaningsih. (2017). Hubungan Self-Efficacy Dengan Kemampuan Matematika Siswa Kelas XI SMK PGRI 1 Kediri.
Refbacks
- There are currently no refbacks.