Pengaruh Kemampuan Awal dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki dalam menyelesaikan masalah matematis non rutin. Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah kemampuan awal dan kemandirian belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) pengaruh positif dan signifikan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan (3) pengaruh positif dan signifikan kemampuan awal dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaf dengan sampel sebanyak 27 siswa kelas VII Mts Khoiriyah Waturoyo yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen: tes kemampuan awal, angket kemandirian belajar, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan awal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 51,3%, (2) kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 41,3%, (3) kemampuan awal dan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 54,7%.
Kata kunci: Kemampuan Awal, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah
Full Text:
PDFReferences
Ansori, Yusuf dan Indri Herdiman. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3 (1): 18. Diunduh dari https://e- journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/646
Ayati, Irma. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Mazniyah Kota Jambi. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Diunduh dari http://repository.uinjambi.ac.id/4379/
Azwar, Saifuddin. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, Nindi Rahma. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM) Siswa SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh. Skripsi, IAIN Batusangkar. Diunduh dari https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/21468
Goma, Viny Purwandari. (2013). Analisis Kemampuan Awal Matematika Pada Konsep Turunan Fungsi Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bongomeme. Jurnal Pendidikan
Fendrik, Muhammad. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind pada Siswa. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Goma, Viny Purwandari. (2013). Analisis Kemampuan Awal Matematika Pada Konsep Turunan Fungsi Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bongomeme. Jurnal Pendidikan Matematika : 5. Diunduh dari https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/411409067/analisis-kemampuan-awal- matematika-pada-konsep-turunan-fungsi-di-kelas-xi-ipa-sma-negeri-1- bongomeme.html
Hartono, Yusuf. (2014). Matematika: Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Julaecha, Siti dan Abdul Baist. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas XII pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa 5 (2): 104. Diunduh dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/article/view/4752
Masri, Muhammad Faruq, Suyono Suyono, dan Pinta Deniyanti. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 11 (1): 117. Diunduh dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2990
Mudjiman, Haris. (2008). Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nissa, Ita Chairun. (2015). Pemecahan Masalah Matematika: Teori dan Contoh Praktik.
Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Rahmawati, Puji. (2018). Mengenal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Perbatasan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sutopo, Yeri dan Achmad Slamet. (2017). Statistika Inferensial. Yogyakarta: ANDI. Umbara, Uba. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish. Wahyuni, Fina Tri, Arnetta Thalia Arthamevia, dan Danang Haryo. (2018). Berpikir
Reflektif dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Awal Tinggi dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 31. Diunduh dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/4455/2879
Kultsum, Siti Ummi. (2009). PTK: Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Konsep Bilangan Bulat. Bandung: Studio Press.
Masri, Muhammad Faruq, Suyono Suyono, dan Pinta Deniyanti. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat 11 (1): 117. Diunduh dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2990
Mudjiman, Haris. (2008). Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Nissa, Ita Chairun. (2015). Pemecahan Masalah Matematika: Teori dan Contoh Praktik.
Mataram: Duta Pustaka Ilmu.
Rahmawati, Puji. (2018). Mengenal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa
Perbatasan. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Sutopo, Yeri dan Achmad Slamet. (2017). Statistika Inferensial. Yogyakarta: ANDI. Umbara, Uba. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish. Wahyuni, Fina Tri, Arnetta Thalia Arthamevia, dan Danang Haryo. (2018). Berpikir
Reflektif dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Awal Tinggi dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1): 31. Diunduh dari https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk/article/view/4455/2879
Refbacks
- There are currently no refbacks.