Level Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Pada Pembelajaran Hybrid
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar pada pembelajaran hybrid. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Banjarsari dengan jumlah subjek penelitian 32 siswa kelas VIII. Desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan teknik analisis data induktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa siswa dengan level berpikir kreatif matematis tinggi cenderung dapat menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar pada indikator keaslian, kelancaran, keluwesan dan kerincian. Siswa dengan level berpikir kreatif matematis sedang cenderung dapat menyelesaikan jawaban yang tepat pada indikator keaslian dan kerincian dan hanya menyelesaikan satu jawaban tepat pada indikator kelancaran, dan keluwesan. Sedangkan siswa dengan level berpikir kreatif matematis rendah cenderung memberikan jawaban yang tidak lengkap dan tidak tepat pada indikator keaslian, kelancaran, keluwesan, tetapi pada indikator kerincian dapat memberikan satu jawaban.
Full Text:
PDFReferences
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of creative thinking with the academic achievements of secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44-47.
Borba, M. C., Askar, P., Engelbrecht, J., Gadanidis, G., Llinares, S., & Aguilar, M. S. (2016). Blended learning, e-learning and mobile learning in mathematics education. ZDM, 48(5), 589-610.
Caird, S., & Roy, R. (2019). Blended learning and sustainable development. Encyclopedia of sustainability in higher education, 107-116.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO Declares COVID-19 a Pandemic. Acta Biomedica Atenei Parmensis, 91(1), 157–160.
Elgrably, H., & Leikin, R. (2021). Creativity as a function of problem-solving expertise: Posing new problems through investigations. ZDM–Mathematics Education, 53(4), 891-904.
Hasanah, M., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Statistika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
He, K. (2017). A theory of creative thinking. construction and verification of the dual circulation model. Singapore: Springer
Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, May). Mathematical creative thinking level on polyhedron problems for eight-grade students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1882, No. 1, p. 012052). IOP Publishing.
Junaedi, Y., & Juandi, D. (2021, March). Mathematical creative thinking ability of junior high school students’ on polyhedron. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012069). IOP Publishing.
Kapasia, N., Paul, P., Roy, A., Saha, J., Zaveri, A., Mallick, R., ... & Chouhan, P. (2020). Impact of lockdown on learning status of undergraduate and postgraduate students during COVID-19 pandemic in West Bengal, India. Children and youth services review, 116, 105194
Lisdiani, D. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa yang Mengikuti Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Lisliana, L., Hartoyo, A., & Bistari, B. (2012). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Segitiga di SMP (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).
Maharani, H. R. (2014). Creative thinking in mathematics: Are we able to solve mathematical problems in a variety of way. In International Conference on Mathematics, Science, and Education (pp. 120-125).
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82-90.
Sutton, M. J., & Jorge, C. F. B. (2020). Potential for radical change in Higher Education learning spaces after the pandemic. Journal of Applied Learning and Teaching, 3(1), 124-128.
Refbacks
- There are currently no refbacks.