Kajian Etno-SETS (Science, Environment, Technology, Society) Dalam Proses Pembuatan Genteng di Kabupaten Kudus Sebagai Sumber Belajar Sains Tingkat SMP/MTs

Silvia Rahma Aulia

Abstract


The ethno-SETS learning approach reconstructs original science into scientific science as a source of science learning by considering elements of the environment, technology, and society. This research aims to explore scientific concepts in the process of making tiles. Data collection was carried out in Ngembalrejo Village, Bae District, Kudus Regency. The research method used is qualitative descriptive through interviews, observations, and documentation. The results of the study show that ethno-SETS learning can be used as a source of science learning. The process of making tiles can be reconstructed from the original science to scientific science. The results of science reconstruction can be integrated with the SETS viewpoint so that it can improve students' critical and creative thinking skills. The process of making tiles uses scientific concepts including, soil properties, pressure, temperature and heat, and biodiversity.

Keywords: ethnoSETS, Tile Production, Science Learning Resources


Full Text:

PDF

References


Atmojo SE. Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains. J Pendidik IPA Indones. 2012;1(2):115-122. doi:10.15294/jpii.v1i2.2128

Sudarmin S, Si M, Pd M. Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal. Semarang CV Swadaya Manunggal. Published online 2014.

Suparmi NW. Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. J Educ Technol. 2019;2(4):192. doi:10.23887/jet.v2i4.16548

Hikmawati K, Khusniati M. Kajian Etnosains dalam Proses Pembuatan Bubur Sumsum dalam Pembelajaran IPA. Proceeding Semin Nas IPA XII. Published online 2022:150-159.

Parmin S, dan Sutikno A. Etnosains: Kemandirian Kerja Ilmiah Dalam Merekonstruksi Pengetahuan Asli Masyarakat Menjadi Pengetahuan Ilmiah. Semarang CV Swadaya Manunggal. Published online 2017.

Kelana JB, Pratama DF. Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: Lekkas; 2019.

Nurkhalisa S, Ummayah FFD. Etse-Module “The Benefits of Acidic Bases in Life” Ethnoscience Based Demak Society in the Utilisation of Lime. Int J Sci Res. 2015;6(7):1396-1400.

Laelasari, I. (2021). Analysis of the Implementation of Technology-based Outdoor Learning Model in Science Subject (Plant Diversity) Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Outdoor Learning Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran IPA (Keragaman Tumbuhan). Elementary, 7(1), 14–25.

Samsudin A, Kelana JB, Muftianti A. Utilization of Internet-Based Learning Media in Enhancing Science Literacy Capabilities of Pgsd Students. PrimaryEdu - J Prim Educ. 2019;3(2):91. doi:10.22460/pej.v3i2.1284

Novitasari L, Agustina PA, Sukesti R, Nazri MF, Handhika J. Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa. J Unipma. Published online 2017:81-88.

Premana PMI, Griandhi IPA. Prevalensi Gangguan Fungsi Paru Akibat Paparan Asap Pada Pedagang Sate di Denpasar. E-Jurnal Med. 2017;6(6):1-10.

Suryadiwansa H, Yabya A, Hamni A. Studi Awal Interaksi Man-Machine Pada mesin Cetak Atmojo SE. Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains. J Pendidik IPA Indones. 2012;1(2):115-122. doi:10.15294/jpii.v1i2.2128

Sudarmin S, Si M, Pd M. Pendidikan karakter, etnosains dan kearifan lokal. Semarang CV Swadaya Manunggal. Published online 2014.

Suparmi NW. Hasil Belajar Pemahaman Konsep Dan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Inkuiri Bebas Dan Inkuiri Terbimbing. J Educ Technol. 2019;2(4):192. doi:10.23887/jet.v2i4.16548

Hikmawati K, Khusniati M. Kajian Etnosains dalam Proses Pembuatan Bubur Sumsum dalam Pembelajaran IPA. Proceeding Semin Nas IPA XII. Published online 2022:150-159.

Parmin S, dan Sutikno A. Etnosains: Kemandirian Kerja Ilmiah Dalam Merekonstruksi Pengetahuan Asli Masyarakat Menjadi Pengetahuan Ilmiah. Semarang CV Swadaya Manunggal. Published online 2017.

Kelana JB, Pratama DF. Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: Lekkas; 2019.

Nurkhalisa S, Ummayah FFD. Etse-Module “The Benefits of Acidic Bases in Life” Ethnoscience Based Demak Society in the Utilisation of Lime. Int J Sci Res. 2015;6(7):1396-1400.

Samsudin A, Kelana JB, Muftianti A. Utilization of Internet-Based Learning Media in Enhancing Science Literacy Capabilities of Pgsd Students. PrimaryEdu - J Prim Educ. 2019;3(2):91. doi:10.22460/pej.v3i2.1284

Nasution, R., Laelasari, I., Masitah, M., Visyam, V. W. A., & Kartika, T. B. (2023). Formulation of Teaching Materials for Environmental Pollution Based on Hybrid Learning to Develop Student Environmental Literacy. Journal of Biological Education, 6(2), 163–175.

Novitasari L, Agustina PA, Sukesti R, Nazri MF, Handhika J. Etnosains dan Peranannya Dalam Menguatkan Karakter Bangsa. J Unipma. Published online 2017:81-88.

Premana PMI, Griandhi IPA. Prevalensi Gangguan Fungsi Paru Akibat Paparan Asap Pada Pedagang Sate di Denpasar. E-Jurnal Med. 2017;6(6):1-10.

Suryadiwansa H, Yabya A, Hamni A. Studi Awal Interaksi Man-Machine Pada mesin Cetak Genteng Sistem Banting. J Mech. 2012;3(I):40-44.

Nariani NPL, Raharjo A, Candrayana IB. Pembuatan Genteng Di Desa Pejaten Dalam Fotografi Dokumenter. Retin J Fotogr. 2021;1(2):80-87. doi:10.59997/rjf.v1i2.788

Rizki W, Akhiruddin S. Pembuatan dan karakterisasi plafon dari serbuk ampas tebu dengan perekat poliester. St Fis(JSF). 2013;1:1-6.

Sulistya. Pengelolaan Tanah Liat 1. Published online 2013.

Nurbaeti L, Prasetya AT, Kusumastuti E. Indonesian Journal of Chemical Science Arang Ampas Tebu (Bagasse) Teraktivasi Asam Klorida sebagai Penurun Kadar Ion H 2 PO 4. Indones J Chem Sci. 2018;7(2):132-139. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijcs

Najib K. Kajian Etnosains Proses Pembuatan Genteng sebagai Bahan Ajar Tambahan Pelajaran IPA Terpadu. J Penelit Pembelajaran Fis. 2018;9(2):98-103. doi:10.26877/jp2f.v9i2.3107

Tyas MW, Sutan AT, Ruslan H. Analisis Nomografi Suhu , Laju Penguapan Dan Tekanan Udara Pada Alat Desalinasi Tenaga Surya Dengan Pengaturan Vakum The Nomographic Analysis Against Temperature , Evaporation Rate and Air Pressure For A Solar Powered Desalination Device with Vacuum Contr. J Sumberd Alam dan Lingkung. 2017;02:55-61. https://jsal.ub.ac.id/index.php/jsal/article/view/271

Almu MA, Syahrul, Padang YA. Analisa Nilai Kalor Dan Laju Pembakaran Pada Briket. Din Tek Mesin. 2014;4(2):117-122.

Wandini R, Bariyah C. Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar. J Pendidik dan Konseling. 2022;4(3):1707-1715.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.