Efektivitas Penggunaan E-Modul Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Potensi Wisata Kayutangan dalam Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa

Hidayatul Livia Nirmala, Ulfa Masamah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif e-Modul pembelajaran matematika kontekstual yang didasarkan pada potensi wisata Kampung Heritage Kajoetangan dalam meningkatkan kesadaran siswa akan lingkungan di SMPN 13 Kota Malang. Penelitian ini menyoroti pentingnya menanaman sikap peduli lingkungan dalam proses belajar untuk mewujudkan pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif tetapi juga perlu memperbaiki aspek afektif khususnya sikap peduli lingkungan siswa. Adapun hasil analisis, yang dilakukan menggunakan desain kuasi-eksperimen, menunjukkan bahwa sikap peduli lingkungan pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan, dengan skor N-Gain rata-rata 76,72%. Uji T-Independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, dengan nilai posttest kelas eksperimen rata-rata 123,34, lebih tinggi dari nilai kontrol 74,45. Hal ini selaras dengan teori pembelajaran kontekstual yang menghubungkan bahan ajar dengan konteks kehidupan nyata, menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis lokal dapat secara efektif membangun kesadaran lingkungan siswa.


Full Text:

PDF

References


Afiar, S. A. (2018). Pengembangan LKS Problem Based Learning untuk Meningkatkan Wawasan dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Prodi Pendidikan Biologi, 7(5), 369–379.

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behaviour. J. of Organozational Behaviour and Human Decision Processes. 50 (179-211).

Anderson, J. R., & Evans, R. G. (2020). The effectiveness of adaptive learning methods on student analytical skills. Journal of Educational Research, 113 (4), 345-358.

Andi, P. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Ardiansyah, H. (2012). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Pemberian Tugas Bentuk Superitem pada Metode Diskusi terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa SMA. Bandung: tidak di pterbitkan, Skripsi,FMIPA, UPI Bandung.

Arikunto, S. (2014). Evaluasi program pendidikan. Bumi Aksara

Aspriyani, R., & Suzana, A. (2020). Pengembangan e-Modul interaktif materi persamaan lingkaran berbasis realistic mathematics education berbantuan geogebra. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1099–1111.

Brown, C., Smith, B., & Jones, A. (2019). The impact of contextual learning modules on environmental awareness in middle school mathematics. Journal of Environmental Education, 50 (4), 283-296.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar).

Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, N. L. P. R., Suastra, I. W., & Pujani, N. M. (2019). Pengembangan Modul Praktikum IPA SMPN Kontekstual pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Karakter Peduli Lingkungan. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(2), 57. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20314

Field, A. (2013). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (4th ed.). Sage.

Ghasemi, A., & Zahediasl, S. (2012). Normality Tests for Statistical Analysis: A Guide for Non-Statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 10(2), 486-489.

Frentika, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran Adaptif dan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir. Skirpsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sunan kalijaga.

Hutapean, L. A. (2019). Pemanfaatan e-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 2018, 298–305.

Isnaini, M. H., Degeng, P. D. D., & Degeng, P. D. D. (2021). PENYEDIAAN SARANA INFORMASI CERITA SEJARAH DALAM BAHASA INGGRIS DI DAERAH WISATA ‘KAMPUNG HERITAGE KAYOETANGAN’ MALANG – JAWA

TIMUR. Jurnal Gramaswara, 1(1), 39–47. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2021.001.01.04

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It's Here to Stay. Corwin Press.

Jonassen, D. H., & Hung, W. (2008). All problems are not equal: Implications for problem- based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-based Learning, 2(2), 6-28.

Jones, A., Smith, B., & Brown, C. (2018). Enhancing adaptive reasoning through local- context module development in mathematics education. Journal of Educational Research, 112(3), 321-335.

Laelasari, I. (2021). Analysis of the Implementation of Technology-based Outdoor Learning Model in Science Subject (Plant Diversity) Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Outdoor Learning Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran IPA (Keragaman Tumbuhan). Elementary, 7(1), 14–25.

Laelasari, I., & Lubab, H. (2022). Cukupkah Pembelajaran Biologi Menumbuhkan Pengetahuan dan Sikap Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja? Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 9(2), 84–91.

Lestari, W.-, & Handayani, S. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Matematika Realistik untuk Kelas VII SMPN Semester I. Jurnal Analisa, 4(1), 199–

https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2902

Maisaroh, S., Muthiah, M., & Siagian, N. (2020). Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 283- 292.

Muljono, P. (2007). Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan, II (1), 1-24. Retrived from http://www. Bsnp-Indonesia.prg

Mayer, R. E. (2001). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Montgomery, D. C., & Runger, G. C. (2014). Applied Statistics and Probability for Engineers (6th ed.). Wiley.

Moore, D. S., McCabe, G. P., & Craig, B. A. (2017). Introduction to the Practice of Statistics (9th ed.). W. H. Freeman.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Design Approaches and Tools in Education and Training, 125–135. https://doi.org/10.1007/978-94- 011-4255-7_10

Ojose, B. (2011). Mathematics literacy : are we able to put the mathematics we learn into everyday use? Journal of Mathematics Education, 4(1), 89–100.

Piaget, J. (1971). Biology and Knowledge: An Essay on the Relations between

Rahmawati, D., & Fadlillah, M. (2024). Analisis Penggunaan LKPD Berbasis Sikap Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 156–164.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.