Pengembangan Media Pembelajaran Rubik’s Cube Melalui Pendekatan Konstektual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengembangkan media pembelajaran Rubik’s Cube untuk meningkatkan kemampuan berfikir matematis siswa, 2) mengetahui kepraktisan pengembangan media pembelajaran Rubik’s Cube untuk meningkatkan kemampuan berfikir matematis dan 3) menganalisis kelayakan media pembelajaran Rubik’s Cube yang diterapkan untuk pembelajaran matematika di MA NU Ribbul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). yang meliputi beberapa tahap yaitu 1) Potensi masalah 2) Pengumpulan data 3) Desain produk 3) Validasi produk 4) Revisis desain produk 5) Uji coba produk 6) Evaluasi dan revisi produk 7) Implementasi produk akhir.
Hasil analisis penelitian ini diperoleh simpulan yaitu: 1) Pada uji valisitas dari ahli media dan ahli materi telah menunjukkan hasil yaitu dan untuk taraf presentase kevalidannya sendiri yaitu . Artinya produk sudah memenuhi presentase kevalidan dan layak di uji cobakan ke lapangan. 2) Pada uji kepraktisan dari Rubik’s Cube sendiri telah menunjukkan hasil rata-rata nilai 89,04. dan untuk taraf presentase kepraktisanya sendiri yaitu . Artinya respon dari siswa sendiri menunjukkan bahwa produk memang benar-benar praktis dan siswa sangat antusisas dalam memahami materi yang gabungkan dengan media Rubik’s Cube. 3) Pada uji kefektifan menunjukan sendiri hasil yaitu yang semula presentase ketuntasan tahap 1 hanya mendapat 13,34% meningkat menjadi 73,34% dan berdasarkan . Artinya terdapat peningkatan kemampuan berfikir matematis siswa dlam memecahkan materi Matriks yang digabungkan dengan Rubik’s Cube.
Full Text:
PDFReferences
Arianingsih, Baiq Dian, Arjudin Arjudin, Nourma Pramestie Wulandari, and Nyoman Sridana. 2022. “Kepraktisan Media Tutorial Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Pada Materi Pokok Bangun Ruang.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 2(2):364–74. doi: 10.29303/griya.v2i2.183.
Arini, Wahyu, and Endang Lovisia. 2019. “Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas.” Thabiea : Journal of Natural Science Teaching 2(2):95–104. doi: 10.21043/thabiea.v2i2.5950.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. 3rd ed. Jakarta: Rajawali Pers.
Beatty, Amanda, Emilie Berkhout, and Daniel Suryadarma. 2019. “Why Are Indonesian Students Getting Worse at Mathematics?” RISE Programme. Retrieved July 19, 2019 (http://rise.smeru.or.id/id/blog/mengapa-kemampuan-matematika-siswa-indonesia-makin-menurun).
Erfan, Muhammad, Nursina Sari, Nani Suarni, Mohammad Archi Maulyda, and Dyah Indraswati. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Tema Perkalian Dan Pembagian Pecahan.” Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS 8(1):108. doi: 10.36841/pgsdunars.v8i1.588.
Gerlach, Vernon S., Donald P. Ely, and Rob Melnick. 1976. Teaching and Media: A Systematic Approach. Vol. 12. 2nd ed. Universitas Michigan: Prentice-Hall.
Hake, Richard R. 1999. “Analyzing Change/Gain Scores.” Measurement and Reasearch Methodology 16(7):1073–80.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. “Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional.”
Kholifah, Umi. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Doble Loop Problem Soving (DLPS) Berbasis Unity Of Scinces Dengan Media Rubik’s Cube Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Bangun Ruang Siswa MTs Negeri Brangsong, Kendal.” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Laelasari, I., & Wakhidah, N. (2023). Conceptual understanding and analysis conceptual difficulties of nervous system: from the perspective of pre-service biology teachers. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 6(2), 182. https://doi.org/10.21043/thabiea.v6i2.16690
Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.
Munir, Rinaldi. 2012. “Security Analysis of Selective Image Encryption Algorithm Based on Chaos and CBC-like Mode.” 2012 7th International Conference on Telecommunication Systems, Services, and Applications, TSSA 2012 (2):142–46. doi: 10.1109/TSSA.2012.6366039.
Nindiasari, Hepsi, Yaya Kusumah, Utari Sumarmo, and Jozua Sabandar. 2014. “Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran 1(1).
Nufus, Tisan Fitrotus. 2018. “Efektivitas Media Wayang Kertas Terhadap Kemampuan Mendongeng Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Dharmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2017/2018.” Universitas Muhammadiyyah Surabaya.
Primadhana, Yoga Andri, Rosa Andrie Asmara, and Ariadi Retno Tri Hayati Ririd. 2016. “Enkripsi Citra Menggunakan Algoritma Kubus Rubik Dengan Pembangkit Kunci Md5.” Jurnal Informatika Polinema 3(1):40. doi: 10.33795/jip.v3i1.21.
Rizal, Setria Utama, Din Azwar Uswatun, Astri Sutisnawati, Rifki Aditia, and Iis Nurasiah. 2016. “Implementasi Computer Assisted Instructional Model Games Pada Integrated Science Di Sd.” UMMI (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Teknologi 10(3):77–83.
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.” Jurnal Kreano 3(1):59–72.
Safitri, Rahmah Dian, Haerul Zabran Zainal, Anugrahwati Mendila, and Hardianto Hardianto. 2023. “Pengembangan Aplikasi Etnomatika Berbasis Android Pada Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar.” Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika 8(2):358–68.
Sapa’at, Asep. 2020. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Matematis Melalui Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 10(1):15–19.
Silviani, Tri Rahmah, Jailani Jailani, Evvy Lusyana, and Aida Rukmana. 2017. “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 8(2):150–61. doi: 10.15294/kreano.v8i2.8404.
Sintawati, Mukti, and Asih Mardati. 2023. Kemampuan Berpikir Dalam Pembelajaran Matematika. 1st ed. Yogyakarta: K-Media.
Sri, Haryati. 2012. “Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan.” Universitas Trunojoyo Madura, Madura.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yudanto, Yudhistira Satrio, and I. Made Suartana. 2022. “Analisis Kekuatan Enkripsi Data Pada Citra Digital Menggunakan Metode Rubiks Cube.” Journal of Informatics and Computer Science 03.
Refbacks
- There are currently no refbacks.