Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Statistika Untuk Siswa SMK Kelas X
Abstract
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah serta penggunaan buku paket yang belum optimal dalam mendorong kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini terlihat dari rendahnya hasil jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tentang ukuran pemusatan data. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar berbentuk E-LKPD berbasis Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada materi statistika untuk siswa kelas X SMK. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis PBL yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian meliputi seorang guru matematika di SMK Negeri 10 Padang dan 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Berdasarkan hasil analisis validitas dan praktikalitas, validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase 78,67%, yang termasuk dalam kategori "valid". Sementara itu, validasi oleh ahli desain memperoleh persentase 80%, juga termasuk kategori "valid". Dari segi praktikalitas, hasil angket respon guru dan siswa menunjukkan persentase 87,5% dan 91,73%, yang dikategorikan "sangat praktis". Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
References
Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451-462.Di unduh dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/10289
Asrar, A., Yerizon, Y., Arnawa, I. M., & Permana, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panti. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 182-190. Di unduh dari https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/14361
Fauza, A., Napitupulu, E., & Khairani, N. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Pembelajaran Ekspositori. Paradikma, 13(2), 61-67. Di unduh dari https://pdfs.semanticscholar.org/188e/9e8a9e7138fa65f6948682a4fe7bea1805ec.pdf
Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (Lkpd) interaktif untuk pembelajaran konsep mol di kelas X SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178. Di unduh dari https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jurpenkim/article/view/8163
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. Di unduh dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/21599
Indriani, S., & Yogica, R. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA/MA Sebagai Suplemen Pembelajaran Biologi:(Need Analysis of Elektronic Student worksheets based on Problem Based Learning in the Subject of Biodiversity class X SMA/MA as a Supplement to Biology Learning). BIODIK, 9(2), 66-71. Di unduh dari https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/20105
Ivane, D. P., & Dewi, N. R. (2022, February). Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Regulated Learning Pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 5, pp. 290-296). Di unduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/54188
Khalid, M., & Prakash, D. R. (2017). A Quasi Experimental Study to Evaluate the Efficacy of Problem Based Learning (PBL) Method on the Knowledge and Critical Thinking of Nursing Students about Normal Labour, in Selected Institution of Uttrakhand. International Journal of Science and Research (IJSR), 6(12), 1526–1528. Di unduh dari https://www.ijsr.net/archive/v6i12/ART20179054.pdf
Khotimah, K., Istinganah, S., Umardiyah, F., & Nasrulloh, M. F. (2022). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis HOTS pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas SMP Kelas VIII. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(5), 48-57. Di unduh dari http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/799
Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.
Lase, N. K., & Zai, N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Minda, 3(2), 99-113. Di unduh dari http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/462
Lestari, P., & Rosdiana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Problem Based Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 425-432. Di unduh dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/524
Mairani, U., Enawaty, E., Sartika, R. P., Muharini, R., & Rasmawan, R. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis problem based learning (PBL) pada materi hidrokarbon. Jurnal Education and Development, 10(3), 117-121. Di unduh dari https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3848
Nasution, R., Laelasari, I., Masitah, M., Visyam, V. W. A., & Kartika, T. B. (2023). Formulation of Teaching Materials for Environmental Pollution Based on Hybrid Learning to Develop Student Environmental Literacy. Journal of Biological Education, 6(2), 163–175.
Netti, S., Khairul, K., Vermana, L., & Arnaz, A. (2022). Contextual Problem Presentation in Students' Mathematics Book and Students' Perceptions. KnE Social Sciences, 284-298. Di unduh dari https://kneopen.com/KnE-Social/article/view/10631/
Ngalimun, dkk. 2022. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Nurzannah, S. (2022). Peran guru dalam pembelajaran. ALACRITY: Journal of Education, 26-34. Di unduh dari https://www.lpppipublishing.com/index.php/alacrity/article/view/108
Ripai, I., & Sutarna, N. (2019, September). Analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran problem based learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 1146-1155). Di unduh dari https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/167
Setiawan, D. B., & Susanah, S. (2023). Penerapan Goal-Free Problems dalam Pembelajaran Matematika secara Kolaboratif untuk Melatih Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah. MATHEdunesa, 12(1), 275-288. Di unduh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/53512
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158. Di unduh dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/391
Refbacks
- There are currently no refbacks.