ANALISIS BIBLIOMETRIK LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP MENGGUNAKAN VOSVIEWER

Sinthiya Rahmawati, Bambang Sri Anggoro, Novian Riskiana Dewi

Abstract


Kemampuan Literasi Matematis dalam kerangka PISA (Programme for International Student Assesment) adalah sebagai kemampuan untuk merumuskan menggunakan serta menafsirkan matematika dalam berbagai bentuk konteks. Namun pada kenyataan di lapangan terlihat bahwa banyak kurangnya kemampuan literasi matematis peserta didik. Lembaga penelitian Organization for International Student Assesment (OECD PISA) melakukan penelitian dan menemukan bahwa walaupun terdapat kenaikan, Indonesia tidak dapat mencapai standar kemampuan literasi matematis internasional. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengikuti studi PISA sejak tahun 2000 hingga 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah perkembangan publikasi penelitian dari tahun 2019-2024 pada geogle scholar, tingkat produktivitas peneliti, dan peta perkembangan penelitian. Metode yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis bibliometrik untuk pemetaan publikasi berbantuan VOSviewer. Teknik pengumpulan data menggunakan aplikasi Publish or perish. Hasil menunjukkan bahwa perkembangan publikasi dari tahun ke tahun bersifat fluktuatif dengan publikasi tertinggi topik literasi matematika peserta didik SMP pada tahun 2023  yakni mencapai 51 publikasi (29,1%). Sedangkan publikasi terendah terdapat pada tahun 2024 sebanyak 13 publikasi (7,4%). Tingkat produktivitas peneliti tingkat produktivitas pertama adalah Setynaningsih, N dengan jumlah publikaksi sebanyak 5 dokumen. Hasil pemetaan perkembangan publikasi berdasarkan penulis diperoleh  143 cluster yang terdiri dari 359 penulis. berdasarkan kata kunci menghasilkan 6 cluster yang terdiri dari 140  item dengan kata kunci yang sering muncul adalah adalah “Kemampuan Literasi Matematis” dan kata kunci yang paling sedikit muncul “PISA Question”.


Full Text:

PDF

References


Aguirre, Mirian Haidee. “Scientific Production on Patient Safety in the Field of Nursing in Latin America.” Salud, Ciencia y Tecnologia 1, no. December 2020 (2021): 1–10. https://doi.org/10.56294/saludcyt202117.

Alonso, F. G., & Gonzalez-Argote, J. (2022). History and Philosophy of Science in Latin America. Salud, Ciencia y Tecnología.

Anggoro, Bambang Sri, Nurul Puspita, Dona Dinda Pratiwi, Ramadhana Komala, Rany Widyastuti, and Santi Widyawati. “Keterampilan Berpikir Matematis-Analitis : Dampak Dan Interaksi Metode Pembelajaran Open-Ended & Kesadaran Diri ( Penerapannya Pada Instrumen Tes Bilingual )” 12 (2021): 89–107.

Barbosa, M. L. de O., & Galembeck, E. (2022). Mapping Research on Biochemistry Education: A Bibliometric Analysis. In Biochemistry and Molecular Biology Education. https://doi.org/10.1002/bmb.21607

Bilad, M. R. (2022). Bibliometric Analysis for Understanding the Correlation Between Chemistry and Special Needs Education Using VOSviewer Indexed by Google. ASEAN Journal of Community and Special Needs Education; Vol 1, No 2 (2022): AJCSNE: Volume 1, Issue 2, September 2022. https://ejournal.bumipublikasinusa ntara.id/index.php/ajcsne/article/vi ew/61

Delgado, M. C. F., Mendoza, J. A. R., & Piñero, A. L. C. (2022). Caracterización de la producción científica sobre baterías de litio mediante análisis de tópicos de SciVal. Data & Metadata, 1, 5

Diyanto, Rahmat, Fitri Dwi, Sri Purwanti Nasution, Bambang Sri Anggoro, Bimbel Smart English, Universitas Islam, Negeri Raden, Intan Lampung, Jalanendro Suratmin, and Pembelajaran Berbasis Komputer. “Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer” 1, no. 2 (2018): 191–99.

Fadillah, Ahmad, and Ni’mah. “Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship.” JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika) 3, no. 2 (2019): 127–31.

Febriandi, R., Herman, T., Turmudi, T., Farokhah, L., Abidin, Z., Alman, A., & Supriyadi, E. (2023). Research on Algebraic Thinking In Elementary School is Reduced: A Bibliometric Analysis. Journal of Engineering Science and Technology, 18(Special Issue), 97– 104. https://jestec.taylors.edu.my/Specia l Issue ISCoE 2022_2/ISCoE 2_13.pdf

Hamidah, I., Sriyono, S., & ... (2020). A Bibliometric analysis of Covid-19 research using VOSviewer. Indonesian Journal of Science and Technology. https://doi.org/10.17509/ijost.v5i2. 24522

Heradio, R., Torre, L. D. La, Galan, D., Cabrerizo, F. J., & ... (2016). Virtual and remote labs in education: A bibliometric analysis. Computers & …. https://www.sciencedirect.com/scie nce/article/pii/S036013151630067 7

Hernandez-Negrin, H., & VitónCastillo, A. A. (2022). Productivity and impact of Cuban hospitals in Scopus between 1996 and 2016. Salud, Ciencia y Tecnología, 1(1). Hoeg, D. G., & Bencze, J. L. (2017).

Laelasari, I., & Maisyanah. (2022). Digital Literacy Level Analysis of Pre-service Biology Teacher Integrated Islamic Values. Journal of Biology Education, 5(2), 108–119.

Mahmudin, Mahmudin, Tatang Herman, Edi Supriyadi, Ratu Sarah Fauziah Iskandar, and Rani Sugiarni. “Analisis Bibliometrik Literasi Matematika Dalam Database Scopus Menggunakan Vosviewer.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 12, no. 3 (2023): 3213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.6832.

Maryanti, R., Rahayu, N. I., Muktiarni, M., Al Husaeni, D. F., Hufad, A., Sunardi, S., & Nandiyanto, A. B. D. (2022). Sustainable development goals (SDGs) in science education: Definition, literature review, and bibliometric analysis. Journal of Engineering Science and Technology, 17, 161– 181.

Mudzakir, A., Rizky, K. M., Munawaroh, H. S. H., & Puspitasari, D. (2022). Oil Palm Empty Fruit Bunch Waste Pretreatment With Benzotriazolium-Based Ionic Liquids for Cellulose Conversion to Glucose: Experiments With Computational Bibliometric Analysis. In Indonesian Journal of Science and Technology. https://doi.org/10.17509/ijost.v7i2. 50800

Nandiyanto, A. B. D., & Husaeni, D. F. Al. (2021). A Bibliometric Analysis of Materials Research in Indonesian Journal Using VOSviewer. In Journal of Engineering Research. https://doi.org/10.36909/jer.asseee. 16037

Nisa, I C, I P Astuti, and R Lusiana. “Korelasi Pembelajaran Matematika Berbasis Literasi Numerasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Miftahus Sa'adah ….” Absis: Mathematics(2023)

OECD. PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publisher, 2013.

Rachmawati, Rulina, and Tupan. “Analisis Bibliometric Ilmu Dan Teknologi Pangan: Publikasi Ilmiah Di Negara-Negara ASEAN.” Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan 6, no. 1 (2018): 26–40.

Sari, Septi Puspita. “Kemampuan Numerasi Siswa Kelas VII Dalam Mengerjakan Soal Tipe Pisa Materi Aljabar.” Universitas Sriwijaya, 2020.

Septiani, Ira, Bambang Sri Anggoro, and Novian Riskiana Dewi. “Analisis Bibliometrik Pada Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Software Lectora Inspire.” Jurnal Ilmiah Global Education 5, no. 1 (2024): 717–29. https://doi.org/10.55681/jige.v5i1.2497.

Supriyadi, Edi. “A Bibliometrics Analysis on Mathematical Thinking in Indonesia From Scopus Online Database With Affiliation From Indonesia.” Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 4, no. 1 (2022): 82–98. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2022.v4i1.82-98.

Wu, H., Wang, Y.-L., Tong, L., Yan, H., & Sun, Z. (2021). The Global Research Trends and Hotspots on Developmental Dysplasia of the Hip: A Bibliometric and Visualized Study. In Frontiers in Surgery. https://doi.org/10.3389/fsurg.2021. 671403 Yildirim, B., & Sidekli, S. (2018). STEM applications in mathematics education: The effect of STEM applications on different dependent variables. Journal of Baltic Science Education, 17(2), 200–214.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.