Pengintegrasian Desmos dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Computational Thinking Materi SPLDV
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan computational thinking pesreta didik melalui pengintegrasian media pembelajaran berupa Desmos dan model pembelajaran Problem Based Learning materi SPLDV. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experimental dan desain one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX E MTs Miftahul Huda Tayu dengan teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah instrumen tes soal uraian berupa pretest dan posttest. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test apabila uji asumsi klasik terpenuhi. Apabila uji asumsi klasik tidak terpenuhi maka menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menyatakan bahwa data penelitian berdistribusi tidak normal dan tidak bersifat homogen, sehingga uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa nilai , yaitu sehingga ditolak. Artinya, terdapat peningkatan kemampuan computational thinking peserta didik dalam pengintegrasian media pembelajaran Desmos dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi SPLDV. Berdasarkan uji N-Gain, besar peningkatan tersebut sebesar 0,5920 yang berada pada kategori sedang menurut Meltzer. Adapun besar peningkatan pada indikator algorithms dan decomposition berada pada kategori tinggi menurut Meltzer. Sedangkan pada indikator abstraction, evaluation, dan generalization berada pada kategori sedang menurut Meltzer.
Full Text:
PDFReferences
Ansori, M. (2020). Pemikiran Komputasi (Computational Thinking) dalam Pemecahan Masalah. Dirasah, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.29062/dirasah.v3i1.83
Asrianti, M., & Rakhmawati, F. (2024). The Effect of Problem Based Learning Model on Students’ Mathematical Computational Thinking Skills. Journal of Mathematics Education, 9(1), 83–88. https://doi.org/10.55677/ijssers/v04i4y2024-02
Fakhriyana, D., Noor, N. L., & Malasari, P. N. (2021). Statistika Pendidikan. Farha Pustaka.
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., & Haryati, L. F. (2022). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Ditinjau dari Hasil Belajar Geometri Mahasiswa Guru Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 43–52.
Haryono, D. (2014). Filsafat Matematika. Alfabeta.
Imami, A. I., Kamil, M. R., & Abadi, A. P. (2023). Mathematical Computational Thinking Ability of Junior High School Students. Proceedings of the 4th Borobudur International Symposium on Science and Technology 2022, 225, 723–728. Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-284-2_77
Kristiandari, C. S. D., Akbar, M. A., & Limiansih, K. (2023). Integrasi Computational Thinking dan STEM dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas VB SD Kanisius Kadirojo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 4794–4806. Retrieved from http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/595%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/595/691
Laelasari, I., & Lubab, H. (2022). Cukupkah Pembelajaran Biologi Menumbuhkan Pengetahuan dan Sikap Peduli Kesehatan Reproduksi Remaja? Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi Dan Pembelajarannya, 9(2), 84–91.
Laelasari, I., & Wakhidah, N. (2023). Conceptual understanding and analysis conceptual difficulties of nervous system: from the perspective of pre-service biology teachers. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 6(2), 182. https://doi.org/10.21043/thabiea.v6i2.16690
Listiani, T., dkk. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Guru Matematika. Media Sains Indonesia.
Maarif, S. (2021). Integrasi Matematika dan Islam dalam Pembelajaran Matematika. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman, 1(1), 1–60. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.85
Maharani, R., Lestari, M., Abd Rauf, R. A., Hargrove, B. M., Chong, S. T., Listiani, T., & Exacta, A. P. (2023). The Effectiveness of Learning Media Exhibitions Through Project-Based Learning (PjBl) to Improve the Creativity Skills of Prospective Mathematics Teachers. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 6(2), 217–234. https://doi.org/10.21043/jpmk.v6i2.22674
Manullang, S. B., & Simanjuntak, E. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Computational Thinking Berbantuan Media Geogebra. Journal on Education, 06(01), 7786–7796.
Maryani, A., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) di MTs Atsauri Sindangkerta. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2619–2627. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.915
Nuursya’baani, M. B., Aminah, N., & Hartono, W. (2022). Eksplorasi Computational Thinking Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Interaktif Scratch. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, (Vol. 5 No. 1), 750–755. Retrieved from http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/750
Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah, (1), 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439
Puspitasari, L., Taukhit, I., & Setyarini, M. (2022). Integrasi Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 373–380.
Quasi Experimental and Single Case Experimental Designs. (2019). In Sage Publication (pp. 333–370).
Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 286–293. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13126
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswapada Materi SPLDV. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 118–125.
Ulfa, M. (2018). Blended Learning Berbasis Bimbel Online “Ruang Guru” dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika di MAN 1 Aceh Besar. Intelektualita, 7(1), 1–13. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/9919
Refbacks
- There are currently no refbacks.