PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP/MTS “HERBARIUM PTERIDOPHYTA” PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
Abstract
Rendahnya pemahaman peserta didik MTs Hidayatul Mustafidin pada materi klasifikasi makhluk hidup dalam membedakan kelompok tumbuhan paku dengan tumbuhan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran herbarium pteridophyta guna memudahkan siswa dalam proses pembelajaran yang bersifat efektif dalam memahahami jenis-jenis tumbuhan paku yaitu pteridophyta. Peneletian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Berdasarkan hasil uji dapat dinyatakan bahwa herbarium pteridophyta dapat mempermudah pembelajaran dan secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang tumbuhan paku. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran herbarium pteridophyta layak untuk digunakan dalam pembelajaran sebagaimana telah dibuktikan dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media. Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan di MTs Hidayatul Mustafidin untuk mempermudah pembelajaran terkait materi klasifikasi makhluk hidup dalam pengelompokan jenis-jenis tumbuhan pteridophyta.
Full Text:
PDFReferences
Afif, M., Wisanti dan Isnawati. (2014(. Pengembangan Herbarium Paku-Pakuan sebagai Media Realita dalam Materi Keanekaragaman Tumbuhan untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 3 (3) 477. dari https://www.neliti.com/id/publications/245046/pengembangan-herbarium-paku- pakuan-sebagai-media-realita-dalam-materi-keanekarag
Dahlia. (2020). Pengembangan Herbarium Book sebagai Media Pembelajaran Biologi pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Bioeducation Journal, 4 (1) 12-14. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/327425-development-of-herbarium-book- as-biology-c14c8d1d.pdf
Elisyah, N., Zahra, A., & Astuti, W. (2023). Pembelajaran Segitiga dan Segiempat Berbasis Pendidikan Matematika Ralistik Indonesia (PMRI) dengan Konteks Kertas Origami.
Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2) 1039-1049. Diakses dari https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/2247/879
Fitriyana, E. (2016). Pengembangan Herbalium Sheet Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Tumbuhan Paku. Skripsi, Universitas Negeri Semarang. Diunduh dari https://lib.unnes.ac.id/28067/1/4401409019.pdf.
Hasugian, H., dan Napitupulu, M, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Spermatophyta Siswa yang Diajar Menggunakan Media Herbarium Di Kelas X SMA Negeri 2 Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan.
Hayati, D, K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3 (1) 83. Diakses pada https://e-journal.metrouniv.ac.id/Al-Jahiz/article/view/4910/2775
Indah, N.K., Wisanti dan Ambarwati, R. (2008). Penerapan Teknologi Pembuatan Awetan Botani Sebagai Upaya Pemenuhan Media Biologi dalam Proses Belajar Mengajar Biologi bagi Guru-Guru SMA dan Madrasah Aliyah di Lamongan. Jurnal Aksi. 9 (1) 5-
Diakses dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk- unesa/article/view/2773/5717
Laelasari, I. (2021). Analysis of the Implementation of Technology-based Outdoor Learning Model in Science Subject (Plant Diversity) Analisis Penerapan Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Outdoor Learning Berbasis Teknologi Pada Pembelajaran IPA (Keragaman Tumbuhan). Elementary, 7(1), 14–25.
Maesaroh, S., Ihsanudin., & Khaerunnisa, E. (2022). Pengembangan bahan ajar flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 3 (2) 102-110. Diakses dari https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/download/13406/8956
Mangelep, N., Sulistyaningsih, M., & Sambuaga, T. (2020). Perancangan Pembelajaran Trigonometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi) 8 (2) 127-132. Diakses dari http://103.123.108.170/index.php/jsme/article/view/1364/1203
Miarsyah, M., Ristanto, R. H., Lestari, P., & Rahayu, S. (2021). Metacognitive on Pteridophyte: A Unification of Cooperative Integrated Reading and Composition and Guided Inquiry (CirGI). International Journal of Instruction, 14 (3) 481-500. Diakses pada https://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2021_3_28.pdf
Muswita, M., Yulianti, U., Sukmono, T., Harlis, H., Kartika, W, D. (2019). Pelatihan Pembuatan Herbalium Sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMAN 11 Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3 (2) 171. Diunduh dari https://online- journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/8479.
Nailufa, L. E., Laelasari, I., Fitriani, M., & Paramadina, A. (2021). Morfologi Tipe Thalus Lichen Sebagai Bioindikator Pencemaran Udara di Kudus. 3(1), 36–42.
Sobirin, M., Isnawati dan Ambarwati, R. (2013). Pengembangan Media Awetan Porifera untuk Pembelajaran Biologi Kelas X. Jurnal BioEdu 2 (1) 21. Diakses dari https://www.neliti.com/publications/241978/pengembangan-media-awetan-porifera- untuk-pembelajaran-biologi-kelas-x
Refbacks
- There are currently no refbacks.