Vernakularisasi Tafsir Faid al-Rahman dalam Segi Bahasa Lokalitas (Pengupo Jiwo, Nyumet Damar, dan Saklas)

Maulana Ahmad Hasan, Abdul Kholiq, Saifuddin Mustofa

Abstract


KH. Sholeh Darat al-Samarani hidup pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, sekaligus sebagai  mufassir pertama kali yang menulis karya tafsir dengan menggunakan bahasa Jawa dengan huruf aksara Arab pegon.  Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui vernakularisasi dalam kitab Tafsir Faid al-Rahman dari segi bahasa lokalitas (pengupo Jiwo, nyumet damar, dan saklas). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan historis intertekstualitas. Secara historis untuk menelusuri sejarah latar belakang KH. Sholeh Darat, serta kondisi sosial kemasyarakatanya hingga realitasnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitis, fungsinya untuk mendeskripsikan latar belakang riwayat hidup KH. Sholeh Darat al-Samarani dan secara analitis untuk mengetahui vernakularisasi dari segi bahasa lokalitas (pengupo jiwo, nyumet damar, dan saklas)dalam kitab Faid al-Rahman. Hasil dari penelitian ini vernakularisasi dari segi bahasa lokalitas: 1) pengupo jiwo, orang Jawa menekankan bahwasannya orang yang sudah berkeluarga itu harus bisa golek pengupo jiwo, artinya harus bisa memberikan makan keluarga atau menafkahi keluarga.2) nyumet damar, merupakan upaya mencari penerangan untuk kehidupan selanjutnya waktu sore menjelang malam.3) saklas, sifat orang yang memiliki keteguhan di jalan mencari ridho Allah seperti orang yang mempunyai biji gandumbutir kemudian tumbuh menjadi tujuh batang tanaman, pada beberapa tanaman dalam sebuah bentuk biji seratus butir.


Full Text:

223-232 PDF

References


Janjang A. Rohmana, “Memahami al-Qur’an dengan Kearifan Lokal: Nuansa Budaya Sunda dalam Tafsir al-Qur’an Berbahasa Sunda,” Journal of Qur’an and Hadith Studies, Vol. 3, No. 1 2014: 86-93.

Ghazali Munir. Warisan Intelektual Islam Jawa: Dalam Pemikiran Kalam Muhammad Shalih as-Samarani. Semarang: Walisongo Press, 2008.

KH. Sholeh Darat. Biografi KH. Sholeh Darat dalam Syarkh al-Hikam. Depok: Shahifa, 2016.

Taufiq Hakim. Kiai Sholeh Darat dan Dinamika Politik di Nusantara Abad XIX-XX M. Yogyakarta: INDeS, 2016.

Mursalim. “Vernakularisasi al-Qur’an di Indonesia: Studi Kajian Tafsir al-Qur’an,” Jurnal Komunikasi, Vol. XVI, No. 1. 2014: 58.

Faiqoh, L. Vernakularisasi dalam Tafsir Nusantara: Kajian atas Tafsir Faid al-Rahman karya KH. Sholeh Darat al-Samarani. Living Islam: Journal of Islamic Discourses, 1(1). 2018: 85-128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.