PEMIMPIN PEREMPUAN DALAM TAFSIR NUSANTARA (Studi Komparatif Kisah Ratu Balqish dalam Tafsir Al - Mishbah dan Tarjuman Al - Mustafid)

Muhamad Alaihun al Fajri, Muhammad Ali Napiah, Muhammad Yasir, Munirah .

Abstract


Kepemimpinan perempuan masih menjadi perbincangan hangat di kalangan sarjana muslim. Hal ini tidak terlepas dari adanya teks-teks agama yang cenderung mendiskreditkan perempuan dalam hal kepemimpinan. Sebut saja ayat “ar-rija>lu qawwa<mu>na ‘alannisa>’” dan hadits yang berarti “tidaklah bahagia suatu kaum yang menyerahkan urusan mereka kepada perempuan”. Akan tetapi, di sisi lain al-Qur’an justru menggambarkan sesosok pemimpin perempuan yang sukses, yaitu kisah Ratu Balqish penguasa negeri Saba. Tulisan ini akan mencoba menelisik permasalahan kepemimpinan perempuan ini melalui kajian komparasi pada dua tafsir nusantara, yaitu Al-Mishbah karya Quraish Shihab dan Tarjuman Al - Mustafid karya Abdurrauf As-Sinkili terkait kisah Ratu Bilqish dalam surah An – Naml ayat 22-40. Dengan metode deskritif analisis didapatkan bahwa menurut tafsir Al – Mishbah kajian, dapat diambil gambaran bahwa Ratu Balqis adalah seorang pemimpin yang ideal karena kerajaan yang besar tidak dapat dikendalikan kecuali oleh orang yang ahli dalam ilmu pemerintahan. Kepemimpinan Ratu Balqis hampir tidak ada cacat meskipun ia adalah seorang Wanita. Begitu pun dalam  Tarjuman Al – Mustafid, meskipun tidak disebutkan secara jelas tentang pemimpin perempuan, akan tetapi di dalamnya disebutkan bahwa Ratu Balqis memimpin negeri Saba’ dengan sangat baik sehingga rakyanya sangat Makmur dan berlimpah harta. Keberhasilan Ratu Balqis ini menunjukkan bahwa perempuan pun juga bisa menjadi seorang pemimpin. 


Full Text:

202-222 PDF

References


https://repository,bsi.ac.id/index.php

https://repository,stiedewantara.ac.id/1936/Bab II

http://fpscs.uii.ac.id/wp-content/uploads/Arsip/ARSIP-PPT/Psikologi-komunikasi-pbi- Kepemimpinan-Islam.ppt

https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/vadded/article/download/2941/286Gaya%20Kepemimpinan%20Islam%20dapat%20disimpulkan,kepada%20karyawan%20dengan%20menunjukkan%20kebijaksanaannya.

Suwandi Machmud, 2015. Perempuan dan PolitikYogyakarta: CV Budi Utama.

https://jornal.uin mataram.ac.id/index.php/mudabbir/article/view/3076

Jurnal kajian islam kontemporer (JURKAM) vol 1,No 2, oktober 2020

Kutub al-tis’ah, Imam Bukhari, Shahih Bukhari, HR. Al-Bukhari, No:4425

Qur’an kemenag, surah An-Nisa ayat 34,2019

Farida, 2018. Kepemimpinan dalam al-qur’an uin Raden intan Lampung

Rahman, 2019. diskursus biografi,kontestasi politis-teologis,dan metodologi tafsir

Qur’an kemenag

M. Quraish Shihab, 2002. Tafsir Al-Mishbah, 2002

abdurrauf As-Sinkli,Tarjuman Al-Mustafid,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.