Ajaran Pendidikan Islam dalam Tafsir Al-Burhan Karya Abdul Karim Amrullah (Analisis QS. Al-‘Alaq: 1-5)

Ahmad Murtaza MZ, Satria Tenun Syahputra, Satria Tenun Syahputra

Abstract


Artikel ini membahas tentang ajaran pendidikan Islam yang terkandung dalam Tafsir Al-Burhan karya Abdul Karim Amrullah. Untuk melihat ajaran pendidikan Islam pada tafsir yang terbit pada tahun 1927 ini, tulisan ini secara spesifik merujuk ke dalam QS. Al-‘Alaq[96]: 1-5. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis konten. adapun hasil dari penelitian ini adalah terdapat lima ajaran pendidikan Islam yang terkandung dalam QS. Al-‘Alaq[96]: 1-5, yaitu (1) Ajaran untuk senantiasa mengingat Allah dalam setiap kondisi dan keadaan. (2) Ajaran untuk meninggalkan sikap sombong dan iri yang ada dalam diri manusia. (3) Ajaran untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada orang yang awam agama. (4) Ajaran untuk mengingatkan manusia untuk belajar membaca dan menulis. (5) Ajaran kepada manusia untuk terus mempelajari ilmu yang telah diberikan Tuhan. Kelima ajaran pendidikan Islam tersebut tidak terlahir begitu saja tanpa alasan apapun dalam tafsirnya. Karena jika ditarik lagi kembali pada sejarah perkembangan pendidikan di Minangkabau sangat erat kaitannya dengan latar belakang dari Abdul Karim Amrullah yang merupakan pendidik dan revolusioner pendidikan pada masanya.


Full Text:

76-99 PDF

References


Adib, M. A. (2022). Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam pada Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dalam Pembelajaran Agama Islam. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v11i1.351

Al-Hajjah, M. bin. (n.d.). Shahih Muslim, Vol. 4. Dar Ihya’ Turats.

Amrullah, A. K. (1927). Al-Burhan. Percetakan Baroe Fort de Kock.

Askhari, S. (2019). Nilai-nilai Pendidikan dalam Surat Al-Alaq Ayat 1-5 dan Relevansinya terhadap Pembelajaran. IAIN Curup.

Bukhari, A. A. M. bin I. bin I. bin al-M. bin B. al-J. al-B. (1422). Shahih al-Bukhari, Vol. 4 (H. Al-A’zami (ed.)). Dar Thouq al-Najah.

Dozan, W. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surat Al- Alaq Ayat 1-5. Ta’Limuna, 9(02), 153–169.

Fath, A. F., Usman, D. H., & Supriadi. (2021). Kritik Terhadap Mufassir Dalam Penggunaan Metode Dan Pendekatan Penafsira Al-Qur’an. Jurnal Asy-Syukriyyah, 22(254–269).

Hamka. (1958). Ayahku, Riwayat Hidup Dr. H. Abdul Karim Amarullah Dan Perjuangan Kaum Agama di Sumatera. Widjaya.

Hijrat, L. A. (2019). Urgensi Belajar Menurut Al-Qur’an Kajian Surat Al-Alaq Ayat 1-5 (Studi Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Misbah. Al-Islamiyah, Jurnal Pendidikan Dan Wawasan Studi Islam, 1(1), 89–104.

Humaedi, I. (2020). Konsep Pesan Pra-Nubuwwah yang Terkandung dalam Wahyu Pertama Kali Turun Surah Al-Alaq 1-5. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 17(1), 110–121. https://doi.org/10.15575/al-Tsaqafa.v17i1.6678

Jayana, T. A., & Mansur, M. (2021). Konsep Pendidikan Literasi dalam al-Qur’an: Telaah atas Penafsiran M. Quraish Shihab dan Hamka terhadap Surat al-’Alaq: 1-5. Ar-Raniry, International Journal of Islamic Studies, 8(2), 187–206. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/jar/article/view/11430

Mukmin, T. (2016). Urgensi Belajar dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Alaq Ayat 1-5 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. El-Ghiroh, XI(02), 1–21.

Murtaza MZ, A., & Mulkan, M. (2021). Makna Toleransi Perspektif Tafsir Al-Burhan Di Dalam Surat Al-Kafirun. J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 6(1), 65–77. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2214

Mustaqim, A. (2010). Epistemologi Tafsir Kontemporer. LKiS.

Mustolehudin, M. (2011). Tradisi Baca Tulis Dalam Islam Kajian Terhadap Teks AlQur’an Surat Al ‘Alaq Ayat 1 - 5. Analisa, 18(1), 145–154. https://doi.org/10.18784/analisa.v18i1.130

Said, C. (2016). Paradigma Pendidikan Dalam Perspektif Surah Al-Alaq Ayat 1-5. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 13(1), 91–118. https://doi.org/10.24239/jsi.v13i1.415.91-117

Sarkowi. (2020). Konsep Belajar Dalam Perpsektif Tafsir Al-Quran Kajian Al-Alaq. Jurnal Qolamuna, 5(2), 325–348.

Sarwan. (2012). Materi Dakwah Majalah Al-Munir (1911-1915). Al-Munir, IV(6), 134–149.

Seno. (2010). Peran kaum mudo dalam pembaharuan pendidikan Islam di Minangkabau 1803-1942. BPSNT Padang Press.

Siswayanti, N. (2016). Haji Abdul Karim Amrullah Ulama Pembaharu Islam di Minangkabau. Dialog, 39(1), 33–42.

Subakat, R. (2022). Analisis Struktural Semiotika Q.S. Al-’Alaq 1-5 ; Struktur Dasar Ilmu Pengetahuan Dalam Pendidikan Islam. Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 4, 292–299. http://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kiiis/article/view/3190

Subakat, Rahayu, Nasution, M. K., Ali, R., Harnedi, J., Takengon, I., & Aceh, C. (2022). Purposes of Integrative Islamic Education : Structural Analysis of Semiotics of Q . S . Al- ’ Alaq 1-5. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 17(1), 71–86.

Subakat, Rahayu, Sirait, S., Faiz, F., & Nasution, M. K. (2022). From Structural Analysis of Semiotics QS. Al-’Alaq 1-5 to Basic Structure of Science in Islamic Education. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 22(1), 119–140. https://doi.org/10.21154/altahrir.v22i1.3598

Ulvah, P. M. (2018). Kajian Tafsir Surat Al-€˜Alaq Ayat 1-5 Dalam Kitab Al Munir Dengan Metode Tafsir Konvensional Dan Kontekstualisasinya Pada Zaman Sekarang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), 219–227. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2520

Yanfaunnas, Y. (2014). Pendidikan dalam Perspektif Q.S Al-’Alaq : 1-5. Jurnal Nur El-Islam, 1(1), 10–32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.