Tafsir Nusantara Jaringan Lokal dan Global berbasis Islamisasi

Susanti .

Abstract


Pendidikan Agama Islam, di abad 21 yang serba modern ini tentunya juga harus mengikuti arus globalisasi yang semakin maju, begitu pula terkait dengan tafsirnya. Disamping itu, dengan berkembangnya arus globalisasi dengan tidak melupakan kearifan lokal nusantara yang telah ada, pendidikan Islam diharapkan bisa lebih responsif terhadap agama, budaya dan juga masyarakat yang memang kita harus dengan sekuat tenaga mengelolanya. Karena betumbuhnya arus globalisasi saat ini maka hal tersebut menuntut kita untuk berwawasan global secara lebih luas, lebih khususnya wawasan global yang tidak terlepas dengan ke-Indonesiaan dan khususnya keislaman. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat mewadahi kita dalam mengenal tafsir nusantara. Di era sekarang kita bisa menggunakan media pengajaran (baik offline maupun online) seperti website, yang bisa melahirkan banyak macam corak dan manhaj tafsir di Nusantara bahkan bisa mengantarkan menuju jaringan utama  dengan tidak meninggalkan Islamisasi Indonesia Timur yang telah ada.


Full Text:

1-15 PDF

References


Althaf, 2020. Husain Muzakky. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Al-Qur’an di Era Digital: Studi Deskriptif Aplikasi Qur’an Kemenag. Volume 16. 60.

Azyumardi Azra. 2022Islam Nusantara Jaringan Global dan Lokal. Jakarta: Mizan. 17.

Fitriani, dkk., 2021. “Gunung Djati Conference Series, Digitizing Website-Based Qur'anic Tafseer” Proceedings The 1st Conference on Ushuluddin Studies , Volume 4. 197.

Mukodi, 2017. Jurnal Penelitian Pendidikan: Islamisasi Islam Nusantara di Era Digital. Vol. 9, Nomor 2. 1398.

Safrawali., Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, “Belajar Agama Islam di Era Digital: Fenomena Akses Informasi Keagamaan Melalui Media Sosial” , Volume 5 Nomor 1 (2021), 6.

Soraya Devi., dkk. 2021. Ragam Tafsir Nusantara (Varian Lokal, Kreativitas Individual dan Peran Perguruan Tinggo dan Media Sosial). Yogyakarta: Zahir Publishing. 9.

Taufiq Bilfagih, 2016. Islam Nusantara; Strategi Kebudayaan NU di tengah Tantangan Global. Journal of Islam and Plurality. Volume 2. Nomor 1. 94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.