KOMIKISASI TAFSIR (ARAH BARU TAFSIR AL QURAN DI INDONESIA)

Rikhsan Aprilinandra, Muhammad Ryamizard Al Ghifari, Benni Nirwan Kusuma, Munirah .

Abstract


Komikisasi tafsir merupakan hal yang baru muncul dalam kancah studi tafsir di Indonesia. Terobosan dan inovasi atas tafsir senantiasa berkembang. Salah satunya adalah pemahaman tafsir dalam kitab tafisr nusantara dalam bentuk komik. Media baru ini berbeda dengan media lain yang berkembang sebelumnya yakni media audio sebagaimana dapat dilihat di TV dan youtube serta media lain pengajaran di pesantren dan PTKIN di Indonesia. Kajian ini menarik karena komik religi merupakan bentuk baru dakwah di Indonesia terutama yang bersumber dari tafsir nusantara. Setidaknya, jangkauan pembaca semakin meluas tidak hanya akademisi yang cinta pada ilmu tafsir di pesantren dan di PTKIN melainkan ke ranah anak-anak dan remaja. Selain ranah tersebut, komik tafsir ini juga bisa dibaca siapapun dan kapanpun. Secara teori keilmuan, komik tafsir yang dikembangkan merupakan upaya untuk mengaplikasikan pesan yang terdapat dalam isi kandungan al-Qur’an dengan didukung oleh ilustrasi dan narasi yang sesuai konteks kekinian. Salah satu komik tafsir yang akan diteliti adalah Komik Tafsir Al-Qur’an Anak Saleh. Penelitian ini menggunakan pendekatan konten analisis untuk mengupas isi dalam komik tafsir tersebut baik dari segi metode, pendekatan maupun corak penafsirannya. Adapun hasilnya, secara deskriptif Komik Tafsir Al-Qur’an Anak Saleh ini memuat ayat-ayat pilihan dengan metode penafsiran secara ijmali untuk memudahkan penyampaian pesan yang terkandung dalam al-Qur’an kepada anak-anak. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri penafsirannya masih secara ringkas sehingga cendrung tekstual.


Full Text:

124-136 PDF

References


Agustin Raisa Maya, “Nilai-Nilai Akhlak Dalam Seri Komik Islami Dunia Sementara Tertawalah Seperlunya(Analisis Semiotik)”

Allam Noredine, Hidup Bertetangga Ala Muslim Show, Penerjemah Arum Candra (Bandung: Mizan Pustaka, 2014)

Al-Maqassary Ardy, Pengertian Komik, Dalam Https://Www.E-Jurnal.Com/2013/04/Pengertian-Komik.Html

Dr. H. Sabaruddin, Mm, Komik Tafsir Al-Qur’an Anak Sholeh Seri 1 (Jakarta: Penerbit Buku Pilihan, Oktober 2003)

Hakiemah Ainun Dan Farida Nur ‘Afifah, Relevansi Tafsir Al-.Ibrizdengankomik Surga Dan Nerakakarya Mb. Rahimsyah, Vol.2 No.1 (Juni2017)

Idris Sadi, Seri Komik Anak Muslim (Bandung: Mizan Pustaka,2017)

Millatī, “Komikisasi Hadis; Arah Baru Syarah Hadis Di Indonesia Studi Kritis Atas 99 Pesan Nabi: Komik Hadis Bukhari-Muslim”, Journal Of Islamic Studies And Humanities, Vol. 2, No. 1, (Juni 2017)

Mardhiyah Nuraini, Analisis Representasi Hadis Bukhari – Muslim Pada Komik 33 Pesan Nabi (Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Mulut) Sebagai Kritik Perilaku Masyarakat (Serang: 25 Februari 2015)

Suaidah Idah, “Sejarah Perkembangan Tafsir”, Al Asma: Journal Of Islamic Education Vol3, No.2, (November 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.