Fashion Ideal Muslim Kontemporer Perspektif T.M Hasbi Ash Shiddieqy (Analisis Tafsir Al-Qur’anul Majied Surat An Nur [24] : 30- 31)

Nafisah Innayati

Abstract


Artikel ini membahas upaya Hamka dalam membangun paradigma dan berkesadaran lingkungan dalam Tafsir al-Azhar. Hal ini dilatarbelakangi oleh isu kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh –salah satunya– paradigma antroposentris, yakni paham yang memandang manusia sebagai pusat dari alam semesta dan berhak mengeksploitasi alam tanpa mempertimbangkan kelestariannya. Dengan menggunakan metode tematik secara deskriptif-eksploratif, penelitian ini menghasilkan lima upaya yang ditawarkan Hamka, yaitu; mengenali alam lingkungan untuk mengenal Allah (QS. al-Naml [27]: 60); lingkungan/alam sebagai perantara mendekatkan diri kepada Allah (QS. al-Fathir [35]: 41); manusia berperan menjaga kelestarian alam (QS. Mu’min [40]: 64); memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan dasar iman kepada Allah (QS. al-An’am [6]: 99); serta mengelola tanah kosong sebagai pemanfaatan Sumber Daya Alam (QS. Yasin [36]: ayat 33). Dalam penafsiran ayat-ayat tentang lima upaya tersebut, tampak bahwa Hamka berusaha merespon kerusakan lingkungan dengan menawarkan upaya pelestarian lingkungan melalui penyeimbangan antara hak dan kewajiban manusia terhadap alam serta penghormatan terhadap hak asasi alam berdasarkan kitab suci.

Full Text:

168-177 PDF

References


Abdillah, Mujiyono. (2001). Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Qur’an. Jakarta:

Paramadina.

Al-Ashfahani, Abu al-Qasim al-Husain al-Raghib. (t.th). al-Mufradat fi Gharib alQur’an. Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Al-Razi, Muhammad Fakhruddin. (t.th). Mafatih al-Ghaib. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Alfiyah, Avif. (2016). “Metode Penafsiran Buya Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar,”

Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin 15, no. 1.

Alikodra, Hadi S. (2020). Era Baru Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan,

Membumikan Ekosofi bagi Keberlanjutan Umat. Bogor: IPB Press.

Amrullah, Haji Abdul Malik Abdulkarim. (1990). Tafsir Al-Azhar, Pustaka Nasional

PTE LTD Singapura, Jilid I (Singapura: Pustaka Nasional PTE LTD Singapura.

Arifiah, Dheanda Abshorina. (2021). “Karakteristik Penafsiran Al-Qur’an Dalam Tafsir

an-Nur dan Al-Azhar,” El-’Umdah 4, no. 1.

Aziz, Abd. (2014). "Konservasi Alam dalam Perspektif Islam: Tantangan dan Tuntutan

Globalisasi", Akademika: Jurnal Pemikiran Islam, 19, no. 2.

Bakker, Anton. (1995). Kosmologi & Ekologi; Filsafat Tentang Kosmos Sebagai

Rumahtangga Manusia. Yogyakarta: Kanisisus.

Bock, Nelson. (2013). “An Ecotheology: Toward a Spirituality of Creation and EcoJustice”. Cross currant, Association for Religion and Intellectual Life.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:

Pustaka Bahasa.

Efendi, Ismail. (2016). "Konstruksi Pendidikan Kesehatan Lingkungan Dalam

Perspektif Islam", MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 40, no. 2.

Fkip Umri, 2019, https://fkip.umri.ac.id/2019/10/biografi-singkat-buya-hamka.html.

Firdausiyah, Umi Wasilatul. (2021). “Modernisasi Penafsiran Al-Quran Dalam Tafsir

Al-Azhar Karya Buya Hamka,” Jurnal Ulunnuha 10, no. 1.

Hidayat, Usep Taufik. (2015). “Tafsir al-Azhar : Menyelami Kedalaman Tasawuf

Hamka,” Buletin Al-Turas 21, no. 1.

Hidayati, Husnul. (2018). “Metodologi Tafsir Kontekstual Al-Azhar Karya Buya

Hamka,” El-’Umdah 1, no. 1.

Ibn Katsir, Abu al-Fida’. (1997). Tafsir al-Qur’an al-‘Azim. Beirut: Dar al-Fikr, 1997.

Junaedi, M.F Shellyana. (2005). “Pengaruh Kesadaran Lingkungan Pada Niat Beli

Produk Hijau: Studi Perilaku Konsumen Berwawasan Lingkungan”, Benefit, 9,

no. 2.

Karim, Abdul. (2017). “Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup

Berbasis Humanisme Pendidikan Agama", Edukasia: Jurnal Penelitian

Pendidikan Islam, 12, no. 2.

Kartanegara, Mulyadi. (2006). Reaktualisasi Tradisi Ilmiah Islam. Jakarta: Baitul Ihsan.

Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an. (2014). Tafsir Al-Qur’an. Jakarta: Kementerian

Agama, 2014.

Moh. Rivaldi, Abdul et al., (2020). “Pembentukan Akhlak Dalam Memanusiakan

Manusia: Perspektif Buya Hamka,” Jurnal Pendidikan Islam Dan Budi Pekerti 1,

no. 1.

Mujiono. (2001). “Teologi Lingkungan”, Disertasi Universitas Islam Negeri (UIN)

Syarif Hidayatullah Jakarta.

Munawan, M. (2018). “A Critical Discourse Analysis Dalam Kajian Tafsir Alquran:

Studi Tafsir Al-Azhar Karya Hamka,” Tajdid 25, no. 2.

Nurullah, Endang Syarif. (2019). “Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran

Lingkungan”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7, no. 2.

Qamarullah, Muhammad. (2014). “Lingkungan Dalam Kajian Al-Qur’an: Krisis

Lingkungan dan Penanggulangannya Perspektif Al-Qur’an”. Jurnal Studi IlmuIlmu Al-Qur’an dan Hadis, 15, no. 1.

Ridwanuddin, Parid. (2017). “Ekoteologi Dalam Pemikiran Badiuzzaman Said Nursi",

Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi, 1, no. 1 .

Rodin, Dede. (2017). “Al-Qur’an dan Konservasi Lingkungan: Telaah Ayat-ayat

Ekologis”, Al-Tahrir, 17, no. 2.

Rusmadi. (2016). “Ecosophy Islam: Studi Tematis-Kontekstual Nilai-nilai Etika

Lingkungan dalam Islam”, Jurnal Smart, 2, no. 2.

S. J. Mcnaughton & Larry. L, (1992). Ekologi Umum, terj. Sunaryono Pringgoseputro.

Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Safrilsyah & Fitriani. (2014). “Agama dan Kesadaran Menjaga Lingkungan Hidup”.

Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 16, no. 1.

Setiono, Kudwiratri. Dkk. (2007). Manusia Kesehatan Dan Lingkungan: Kualitas

Hidup Dalam Perspektif Perubahan Lingkungan Global. Bandung: PT. Alumni.

Thobroni, Ahmad Yusam. (2014). “Internalisasi Nilai-Nilai Kesadaran Lingkungan

Melalui Pendidikan (Perspektif Al-Quran dan Al-Hadits)”. Jurnal Pendidikan

Agama Islam, 2, no. 1.

Troster, Lawrence. (2013). “What is Eco-Theology?”. Cross Currents, Association for

Religion and Intellectual Life.

Zulfikar, Eko. (2018). “Wawasan al Qur’an Tentang Ekologi: Kajian Tematik ayat-ayat

Konservasi Lingkungan”, Jurnal Qaf, 2 no. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.