Konsep Masjid Ramah Anak Dalam Perspektif Masjid Jogokariyan Yogyakarta

Rochanah Rochanah

Abstract


Anak merupakan amanah yang diberikan oleh Allah untuk mendapatkan pendidikan terbaik.
Anak merupakan generasi emas yang sudah seharusnya ditanamkan kecintaan pada masjid sejak
usia dini. Karenanya untuk memulai perubahan, maka masjid sebagai sentral utama umat Islam
juga harus memberikan dukungan dalam upaya menjaga fitrah anak dan sekaligus
mengembangkan potensi anak. Hal ini sebagaimana kebijakan yang berlangsung di masjid
Jogokariyan Yogyakarta. Pengurus masjid menyadari betul tentang pentingnya masa anak anak
sebagai golden age, sehingga pengurus masjid Jogokariyan memberikan keleluasaan pada anak
anak untuk melakukan beragam aktivitas di masjid Berpijak dari paparan diatas, maka penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep masjid ramah anak yang berlangsung di masjid
Jogokariyan Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian
lapangan (field research). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara langsung di
lapangan, yakni di masjid Jogokariyan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan cara reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konsep masjid ramah anak yang berlangsung di
masjid Jogokariyan Yogyakarta dilakukan melalui pembentukan HAMAS sebagai wadah khusus
untuk menaungi usia anak anak. Beberapa program yang berjalan di masjid Jogokariyan
Yogyakarta untuk mendukung masjid ramah anak antara lain melalui program syuruq berkisah,
futsal HAMAS, memasak, bersepeda pagi untuk HAMAS Jogokariyan, kreasi bareng HAMAS,
pengajian malam Ahad, TPA HAMAS Jogokariyan, kegiatan rihlah, petuah.

Keywords


Masjid, ramah anak, Jogokariyan.

Full Text:

PDF

References


Anggarani, R., & Prasasti, N. (2023). IMPLEMENTASI MANAJEMEN MASJID

RAMAH ANAK DI MASJID ASY SYUHADA KOTA BONTANG. Swatantra,

XXI(2), 169–178.

Hasballah, R. (2022). PEMAHAMAN JAMA’AH TENTANG KONSEP MASJID RAMAH

ANAK (Studi di Masjid Al-Ihklas Desa Meringang Kec. Dempo Selatan Kota Pagar

Alam Sumatera Selatan). UIN Fatmawati.

Hasyim, W. (2018). KAJIAN HADIS MENGENAI MASJID RAMAH

PERKEMBANGAN ANAK. JURNAL LIVING HADIS, III, 321–335.

https://doi.org/10.14421/livinghadis.2018.1697

Musyanto, M. H., & Zakiyudin, I. (2021). IMPLEMENTASI MANAJEMEN MASJID

RAMAH ANAK DI MASJID AR RAHMAH PERAK UTARA SURABAYA (

Implementation of Children-Friendly Mosque Management in Ar Rahmah Mosque

North Perak of Surabaya ) Informasi Artikel. Masjiduna: Jurnal Ilmiah Stidki Ar

Rahmah, 4, 15–20.

Rochanah. (2019a). Manajemen Memakmurkan Masjid Sebagai Upaya Pemberdayaan

Masyarakat Religius (Studi Kasus di Masjid At Taqwa Desa Batu Kecamatan

Karang Tengah Kabupaten Demak). At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam,

(2).

Rochanah. (2019b). Meningkatkan Kecintaan Anak Pada Al Qur’an Melalui “Kebun

Qur’an.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, Vol. 7 No., 327–348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.