Islamic Education and Millennial Character: Habitus, Media and Lifestyle in Ustad Milenial Web Series
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansinya dengan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam seri web Ustad Milenial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan (library research). Sumber data primer yang digunakan ialah seri web Ustad Milenial episode 1-13, setiap episode berdurasi antara 43-51 menit. Sumber sekunder kajian ini adalah buku, artikel dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam seri web Ustad Milenial mengandung sebelas nilai karakter dan habitus, yaitu nilai karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Relevansi nilai pendidikan karakter dengan nilai Pendidikan Islam ada tiga yaitu: pertama, nilai karakter religius yang relevan dengan nilai akidah. Kedua, nilai karakter religius yang relevan dengan nilai ibadah. Ketiga, nilai karakter religius yang relevan dengan nilai akhlak. Kajian ini menemukan sebuah relasi habitus atau kebiasaan, peran media dan gaya hidup dalam sebuah web series yang dapat diadopsi nilai-nilai karakter milenial.
This study aims to determine the values of character education and its relevance to the values of Islamic education contained in the Ustad Milenial web series. This research uses a qualitative approach. The type of research used is library research. The primary data source used is the Ustad Milenial web series episodes 1-13, each episode lasts between 43-51 minutes. Secondary sources of this study are books, articles and other relevant sources. The data analysis technique used is content analysis. The results showed that the Ustad Milenial web series contains eleven character values and habitus, namely religious character values, honesty, tolerance, discipline, hard work, curiosity, respect for achievements, friendliness/communicative, environmental care, social care, and responsibility. The relevance of the value of character education to the value of Islamic Education is threefold, namely: first, the value of religious character that is relevant to the value of creed. Second, the value of religious character is relevant to the value of worship. Third, religious character values that are relevant to moral values. This study found a relationship between habitus, the role of media and lifestyle in a web series that can be adopted by millennial character values.
Full Text:
PDFReferences
REFERENCES
Ali, Aisyah M. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Kencana. 2018.
Alim, Syahrul, dan Andi Budhi Rakhmat. “The Contruction of Academic Optimism Scale (AOS) to Describe in Educational Setting,” Jurnal Ilmial Ecosystem 20, no. 2 (2020) – 17 Oktober, 2022 – https://journal.unibos.ac.id/eco/article/download/753/306.
Amelia, Mela, Yanwar Arief, dan Ahmad Hidayat. “Hubungan Kedisiplinan Melaksanakan Shalat Wajib dengan Prokratinasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.” An-Nafs: Jurnal Fakultas Psikologi 13, no. 1 (2019): 44-54.
Anwar, Syaiful, dan Agus Salim. “Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018) - 17 September, 2021 - http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/3628.
Arafat, Gusti Yasser. “Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis.” Jurnal Alhadhrah 17, no. 33 (2018) – 8 November, 2021 – https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadhrah/article/view/2370.
Arifin, Syamsul. Ensiklopedia Islam Kaffah 1. Yogyakarta: Trans Idea Publishing. 2018.
Awaludin, Salis. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Rudy Habibie Karya Hanung Bramantyo dan Implementasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA.” Skripsi, IAIN Purwokerto, 2018 – 18 September, 2021-
Carmia Diahloka, “Pengaruh Sinetron Televisi terhadap Perkembangan Moral Remaja”, Jurnal Reformasi 2, no. 1 (2012): 26, diakses pada 6 Januari, 2022. http://jurnal.unitri.ac.id/index.php/article/view/15/12.
Cek Khamsiatun, “Urgensi Doa dalam Kehidupan,” Serambi Tarbawi: Jurnal Pemikiran, Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 109-110.
Diahloka, Carmia. “Pengaruh Sinetron Televisi dan Film terhadap Perkembangan Moral Remaja.” Jurnal Reformasi 2, no. 1 (2012) – 6 Januari, 2022 – https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/article/view/15/12.
Hutami, Dian. Pendidikan Karakter Kebangsaan untuk Anak: Disiplin dan Kerja Keras. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara, 2020.
Internet Movie Database atau IMDb adalah sebuah basis data daring milik IMDb.com Inc., sebuah anak perusahaan dari Amazon, dengan situs web www.imdb.com. IMDb memberikan informasi yang berkaitan dengan film, acara televisi, video rumahan, permainan video dan acara internet, termasuk di dalamnya terdapat daftar pemeran, biografi kru produksi dan personil, ringkasan alur cerita, ulasan, serta penilaian oleh penggemar. (“Internet Movie Database,” Wikipedia, diakses pada 6 Januari, 2022. https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Movie_Database).
Jirhanuddin, Perbandingan Agama Pengantar Studi Memahami Agama-Agama (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), 199-200.
Johni Dimyati, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: Kencana, 2013), 39.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, diakses pada 14 Oktober, 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/religius.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring, diakses pada 19 Oktober, 2022. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Disiplin.
Lubis, Rahmat Rifai. “Historisitas dan Dinamika Pendidikan Karakter di Indonesia.” An-Nahdhah 1, no. 2 (2019) – 17 September, 2021 – https://www.researchgate.net/publication/338570297_HISTORISITAS_DAN_DINAMIKA_PENDIDIKAN_KARAKTER_DI_INDONESIA.
Marwa, Atikah dan Nurul Kamalia. “Representasi Pendidikan Karakter di Film Dua Garis Biru Berdasarkan Perspektif Thomas Lickona,” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2, No. 1 (2020) - 6 Oktober, 2022 - http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1074
Mela Amelia, dkk., “Hubungan Antara Kedisiplinan Melaksanajan Shalat Wajib dengan Prokratinasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau,” An-Nafs: Jurnal Fakultas Psikologi 13, no. 1 (2019): 47.
Mu’in, Fatchul. Pendidikan Karakter: Kontruksi Teoretik & Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Nur Ainiyah dan Nazar Husain Hadi Pranata Wibawa, “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013): 26, diakses pada 18 September, 2021, https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179.
Nurkholis, “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi,” Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (2013): 25, diakses pada 17 September, 2021, http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/530.
Rahmat Rifai Lubis, “Historisitas dan Dinamika Pendidikan Karakter di Indonesia,” An-Nahdhah 1, no. 2 (2019): 72, diakses pada 17 September , 2021, https://www.researchgate.net/publication/338570297_HISTORISITAS_DAN_DINAMIKA_PENDIDIKAN_KARAKTER_DI_INDONESIA.
Sofyan Mustoip, dkk., Implementasi Pendidikan Karakter, 61.
Sri Narwanti, Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran (Yogyakarta: Familia, 2012), 5.
Ustad Milenial, direksi oleh Hestu Saputra (2021; Yogyakarta: Im-a-gin-e Production, 2022), WeTV.
WeTV dan Iflix merupakan layanan video sesuai permintaan (video on demand) yang dimiliki oleh Tencent, dapat diakses secara gratis maupun berlangganan. Menyaikan berbagai jenis tayangan film dan TV series dari berbagai negara yg dapat diakses melalui desktop, maupun via mobile dengan cara men-download aplikasi WeTV atau Iflix di Android, iOS, maupun Android TV. (“Iflix,” Wikipedia, diakses pada 6 Januari, 2022. https://id.wikipedia.org/wiki/Iflix.)
Wikipedia, diakses pada 25 Agustus, 2021. https://id.wikipedia.org/wiki/Ustad_Milenial.
Yuni Prastiwi Ningsih, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi Nussa dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam”, 57-58.
Refbacks
- There are currently no refbacks.