Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga

Khosiyatika Khosiyatika, Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga dan dampaknya kepada peserta didik. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif merupakan metode yang digunakan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan 3 orang guru pengajar kelas 1 yang telah menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran dan 3 peserta didik kelas 1, sebagai peserta kegiatan P5. Dalam penerapan kurikulum merdeka, peserta didik membuat atau mengimplementasikan proyek di bidang IPA. Salah satu kegiatan proyek yang dilaksanakan berupa kegiatan 1). Pengenalan Sampah; 2) Mengenal Jenis-jenis sampah; 3) Aksi pemungutan sampah; 4). Pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas; 5). Jum’at bersih dan 6) Gelar karya (pameran). Kegiatan tersebut merupakan implementasi dari pembelajaran proyek yang bertema “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Gelar karya sebagai acara puncak pada kegiatan P5 bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada peserta didik. Hasil penelitian ini bisa dijadikan salah satu rujukan/referensi bagaimana pelaksanaan pembelajaran proyek yang ada di kurikulum merdeka.


Full Text:

PDF

References


Ananda, S., & Matbuh, H. (2023). Analsis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Banjarmasin sebagai Penerapan Pemelajaran Berdiferinsiasi pada Kurikulum Merdeka Program PPG Prajabatan. Prospek, 171-180.

Andriani, R., Innayah, I. N., & Ahsani, E. L. F. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Media Talking Stick Untuk Menumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran PPKN. 3(2), 89–100.

Aprima, D., & Sari, S. ( 2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), , 95-101.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan,6(1),, 1224-1238.

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban Untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Jakarta: https://kemendikbud.go.id.

Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. . Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), , 60-71.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum "Merdeka Belajar" di Era Society 5.0 . Santhet:(Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora), 5(1), 66-78.

Maulida, V. N. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Ningrum, M., & Ardhiani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. eL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 85-100.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022, December). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).

Pratiwi, E. Y., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), , 1321-1330.

Purwanto, A. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Junal Pedagogi, 15(2),, 76-87.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah. (Jurnal basicedu, 6(3)). 2022. Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar , 3613-3625.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rahaya, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y., Hernawan, A., & Prihatini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rahmadayanti, D., & Agung, H. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, wujud Merdeka Belajar di Sekolah. Jurnal Basicedu 6, no. 4, 7174-7187.

Retnowati, N., & Djamjuri, D. (2023). Analisis Situasi: Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Kurikulum FKIP . Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 30-41.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Ayuni, F., & Hafizha, F. Z. (2023). Kesiapan Sekolah Dalam Proses Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD. Innovative; Journal Of Social Sciene Research, 3(2),, 3161-3172.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), , 230-249.

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Tanzil, N., & Nurul. (2022). Analsisi Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tanggerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kuikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12 (2) ,, 185-191.

Satria, R., Adiprima, P., & Wulan, K. S. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud.

Sugiono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2),, 121-128.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasioanal Pendidikan Bahasa dan Sastra , (pp. (pp.13-28)).

Untari, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Diferensiasai Pada Kegiatan Intrakulikuler, Kokulikuler/P5 dan Ekstrakulikule Dengan Strategi Vianestik . Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 85-89.

Wiguna, I. K., & Tistraningrat, M. A. (2022). Langkah Mempercepat Perkembangan Kurikulum. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1), 17-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.