Internalisasi Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan dan Keteladan di SDIT Makarimal Akhlaq Kalipucang Wetan

Lailatul Fitria, Yusuf Falaq

Abstract


Di era sekarang pendidikan karakter sangat berkurang. Penelitian ini sebagai menginternalisasi nilai karakter melalui program pembiasaan dan keteladanan di SDIT Makarimal Akhlaq.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan dan strategi pendidikan karakter serta tantangan dalam internalisasi pendidikan karakter. Pendekatan deskripsi kualitatif menjadi pilihan dalam metode penelitian ini untuk kemudian disajikan dalam bentuk analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini diantaranya: a) Program pembiasaan dan keteladanan merupakan program utama untuk mencapai visi dan misi SDIT Makarimal Akhlaq terutama dalam membentuk karakter peserta didik dalam hal kebaikan. Adapun program pembiasaan terdapat 3 kegiatan meliputi kegiatan rutin, spontan dan terprogram. Sedangkan program keteladanan meliputi kegiatan untuk memberi contoh yang baik pada peserta didik, b) Adapun strategi yang digunakan di SDIT Makarimal Akhlaq meliputi kegiatan intrakuliker, budaya sekolah dan internalisasi nilai, c) Adapun tantangan dalam internalisasi nilai karakter di SDIT Makarimal Akhlaq meliputi kurangnya kesadaran peserta didik, kurangnya sarana dan prasarana serta faktor alam dan cuaca.

Kata Kunci: Internalisasi; Pendidikan Karakter; Program Pembiasaan; Program Keteladanan

Full Text:

PDF

References


Chaplin, J. (1993). Kamus Lengkap Psikologi. PT Raja Grafindo Persada.

D, Y. S. dkk. (2002). Asas-Asas Psikologi Keluarga Idaman. PT BPK Gunung Mulia.

Fadilah, D. (2021). Pendidikan Karakter (M. I. A. Fathoni (ed.)). CV. Agrapana Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=fcAZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA93&dq=Pendidikan+karakter+fadilah&ots=4Mx79rB81O&sig=VrKM-EpvxDltcVMSSJOyWVHexIM&redir_esc=y#v=onepage&q=Pendidikan karakter fadilah&f=false

Gunawan, Heri. dkk. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Rosdakarya.

Hidayat, H., & Sukitman, T. (2020). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Di Mi Tarbiyatus Shibyan Jadung Dungkek Sumenep. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(1), 33–41. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i1.50

Hidayati, A. dkk. (2020). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Melalui Pendidikan Agama Islam untuk Para Z Generation. Guepedia.

Kasaming, S. (2022). Supervisi Akademik dan Proses Pembelajaran. Media Nusa Creative.

Muhtar, T. dkk. (2018). Internalisasi Nilai Kesalehan Sosial. UPI Sumedang Press.

Mulyono. (2011). Strategi Pembelajaran. UIN Maliki Press

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6–30. https://doi.org/10.14658/pupj-ijse-2016-1-2

Rusli, RK., & MA Kholik. (2013). Teori Belajar Dalam Psikologi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 62-66.

Sari, A. (2017). 1952-37-4947-1-10-20190731 (1). 3(02), 249–258.

Siswanto. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius. Jurnal Tadris, 8, 1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suhelayanti, dkk. (2020). Manajemen Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.