Kegiatan Bernyanyi Dengan Alunan Musik Marching Band Mampu Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak

Anita Afrianingsih, Enny Yulianti

Abstract


Kegiatan bernyanyi dengan diiringi oleh musik merupakan suatu kegiatan yang sangat nyaman, enak, dan manis untuk dilakukan dimanapun dan oleh siapapun. Terkhusus bagi anak usia dini, setiap mendengarkan alunan musik dengan spontanitas akan bernyanyi dengan riang gembira. Proses seperti itulah yang mampu meningkatkan emosi anak, seperti perasaan bahagia, sedih, dan kecewa bisa berbaur menjadi suatu rasa emosi yang mampu melekat dalam jiwa anak. Maksud dari pelaksanaan penelitian ini bahwa kegiatan bernyanyi yang menggunakan alunan musik marching band, mampu meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini.  Pendekatan penelitian ini menggunakan analisis metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah TK Tarbiyatul Athfal Krapyak Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara. Hasil dan pembahasannya mendapatkan data bahwa 1) kegiatan bernyanyi dengan alunan musik marching band terbukti bahwa mampu meningkatkan kecerdasan emosi anak karena menjadi media yang tepat dalam pemerolehan meredam emosi pada anak-anak sehingga lebih stabil dan seimbang; 2) anak menjadi seorang pribadi yang berkarakter, unik dan memiliki pengalaman dalam mengekpresikan emosinya ketika mengikuti kegiatan bernyanyi baik di kelas; dan 3) Keberagaman kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh guru itu menjadi suatu kesan bagi anak untuk lebih semangat, antusias dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap kegiatan apa saja yang dibuat oleh guru.

Kata kunci: kegiatan bernyanyi, musik marching band, dan kecerdasan emosi


Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F. (2020). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Berbasis Multiple Intelligence Kelas IV. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 19–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Jurnal BASICEDU, 2, 11–21. Diakses tanggal 04 juli 2021.

Fadlillah, M, Filasofa, Lilif M.K, Wantini, Akbar, Eliyyil, Fauziyah, Syifa. (2014). Edutaiment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fitriyah, Chanatun. (2018). Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media pada Pembelajaran Tematikdi Kelas Iv SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto Barat. Skripsi Program Studipendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto 2018. diakses tanggal 05 juli 2021.

Hidayat, Rahmat. (2014). Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji. eJournal lmu Komunikasi, 2014,2(1): 243-258 ISSN 0000-0000, ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2014/02/ejournal%20yayat%20(02-22-14-05-15-40).pdf diakses tanggal 05 juli 2021.

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12–20. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.196

Krisdayanti, Yuni. (2020). Pengembangan Seni Musik Anak Usia Dini melalui Kegiatan Drum Band dan Angklung Di Tk Nakita Insan Mulia Purwokerto. Skripsi IAIN Purwokerto. diakses tanggal 05 juli 2021.

Lusiana, N. E., Mardliyah, U., Humaidah, H. N., Roihatun, Safaah, N., & Ahsani, E. L. F. (2021). Analisis Pembelajaran di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur ( SIKL ) dalam Upaya Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Era New Normal. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 30–48. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i1.447

Mahmudah, Amin. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband di TK Muslimat NU 001 Ponorogo. Skripsi.,Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.

Rahayuningtyas, D. R., Rizqi, P. A., Putri, R. F. M., Sawwama, A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Cultural Heritage Indonesia Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(April), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1126

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta Bandung.

Sukarman, Subaidi, dan Laila, Nor Azzah. (2018). Mengontrol Perkembangan Sikap Anak Melalui Program Konseling Di SDUT Bumi Kartini Jepara. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 8 (2) 142-151 November 2018. Universitas PGRI Madiun ISSN: 2088-3072 (Print) / 2477-5886 (Online). http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/download/3284/1907. DOI: 10.25273/counsellia.v8i2.3284. diakses tanggal 05 juli 2021.

Sumaryanto, Totok. (2010). Metode Penelitian 2. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Yulianto, Slamet. (2011). Penerapan marching band dan menyanyi sebagai media musik untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia din. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang. diakses tanggal 05 juli 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.