Inovasi Pembelajaran Sains Santri Tahfidz Al Qur`an di Madrasah Tsanawiyah Yanbu`ul Qur`an Menawan Kudus

Ahmad Fatah

Abstract


Tujuan kajian ini untuk mendeskripsikan inovasi pembelajaran sains santri tahfidz Alquran di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yanbu`ul Qur`an Menawan Kudus. Yanbu`ul Qur`an Menawan merupakan lembaga yang mengintegrasikan madrasah dan pondok tahfidz yang memiliki visi terwujudnya insan yang Qur`ani amali dan saintis. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara terhadap kepala madrasah dan guru sains serta observasi terhadap proses pembelajaran santri melalui video. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa ada tiga aspek inovasi pembelajaran sains di MTs Yanbu`ul Qur`an: Pertama, inovasi intra kurikuler pembelajaran sains yaitu melalui pengembangan sumber ajar berupa buku Shalawat Sains dan praktik dasar sains dilaboratorium; Kedua inovasi ekstra kurikuler pembelajaran sains melalui Club Inovasi Santri dan Olympic Team; Ketiga, inovasi dalam kerjasama pembelajaran sains dengan perguruan tinggi.  Kontribusi inovasi pembelajaran sains tersebut selain mewujudkan visi lembaga, juga membuat pembelajaran menyenangkan, berkualitas dan santri mampu meraih prestasi.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2009). Editorial: Kreatif dan Inovatif dalam Pengajaran Sains. Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, 1(2), 27–28.

Ahsani, E. L. F. (2020). Analisis Bahan Ajar Kurikulum 2013 Berbasis Multiple Intelligence Kelas IV. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 19–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7398

Faisal, S. (2001). Format-Format Penelitian Sosial. Raja Grafindo Persada.

Fitria, Y. (2017). Efektivitas Capaian Kompetensi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i2.8605

Ichsan, I. Z., Rahmayanti, H., Purwanto, A., Sigit, D. V., Kurniawan, E., Dewi, A. K., Wirdianti, N., Hermawati, F. M., & Marhento, G. (2020). COVID-19 DAN E-LEARNING: PERUBAHAN STRATEGI PEMBELAJARAN SAINS DAN LINGKUNGAN DI SMP. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 50–61. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.11791

Jayawardana, H. B. ., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi Covid-19, 6(1), 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/psb.v6i1.15544

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Alfabeta.

Latif, Y. F. (2019). Shalawat Sains Pendamping Buku Paket dan LKS (Kedua).

Mathew, M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIP.

Moleong, L. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mustami, M. K. (2009). Inovasi Model-Model Pembelajaran Bidang Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 125–137. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a1

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi sains peserta didik dalam pembelajaran ipa di indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Profil Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan. (2021). Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan.

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2015

Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovation. The Free Press.

Sadia, W. (2013). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 209–220. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2165

Saputra, B. R., Arifin, I., & Sobri, A. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran Saintifik Religius. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 94–102. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p94-102

Sumira, T., & Aprida. (2020). STEM EDUCATION:INOVASI DALAM PEMBELAJARAN SAINS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 293–306.

Viridi, S. (2011). Editorial : Inovasi dalam Pembelajaran Sains dengan Cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sains, 1(1), 1–2.

Widianti, K. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBANTU MEDIA LAGU FISIKA BERNADA SHALAWAT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. In FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Wuryastuti, S. (2008). Inovasi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(April), 13–19.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). STEM Education: Inovasi Pembelajaran Sains di Era 4.0. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2019, 1, 1504–1509.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.