Inovasi Pendidikan Harun Nasution di Perguruan Tinggi Islam

Yudi Setiadi, Naila Intania

Abstract


Tulisan ini menjelaskan peran serta inovasi pendidikan yang dilakukan oleh Harun Nasution di Perguruan Tinggi Islam, terutama di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah teknik kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Harun Nasution bukan hanya tokoh pembaharu pemikiran Islam di Indonesia saja, melainkan tokoh pendidikan juga; 2) Harun Nasution menyebarkan pemikiran pembaharuan keislamannya melalui jalur pendidikan; 3) Upaya Harun Nasution menyebarkan pemikirannya melalui pendidikan terinspirasi dari Muhammad Abduh di Universitas Al-Azhar Kairo. Hal ini diperkuat dengan banyaknya tulisan Harun Nasution yang membahas pemikiran Muhammad Abduh.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, S. (2019). Eed to Apply The Rational Islamic Concept of Harun Nasution in Dayahs. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 4(6).

Anshori. (2020). Penafsiran Ayat-Ayat Ibadah (Studi Pemikiran Tafsir Harun Nasution). Nun, 6(2).

Ashari, M. S. (2020). Teologi Islam Persepektif Harun Nasution. An-Nur Jurnal Studi Islam, 10(1).

Chailani, M. I. (2019). Pemikiran Harun Nasution Tentang Pendidikan dan Relevansinya Dengan Pendidikan di Era Modern. Manazhim : Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 1(2).

Dewi, D. R. (2019). Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Harun Nasution Dengan Pendidikan Era Modern di Indonesia. As-Salam, 8(2).

Dhestiana, N. (2019). Kedudukan Akal & Wahyu Perspektif M. Abduh dan Harun Nasution. Attanwir: Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, 10(1).

Firdaus, S. U. T. (2017). Pembaharuan Pendidikan Islam Ala Harun Nasution (Sebuah Refleksi Akan Kerinduan “Keemasan Islam”). El-Furqania, 5(2).

Furqan. (2021). Reason and Revelation According to Harun Nasution and Quraish Shihab and its Relevance to Islam Education. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 9(1).

Hadrianto, B. (2007). 50 Tokoh Islam Liberal Indonesia. Hujjah Press.

Hamid, H. (2012). Pemikiran Modern dalam Islam. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Hidayat, M. F. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam dalam Pandangan Prof. Dr. Harun Nasution. UIN Alauddin Makassar.

Hidayat, M. H. (2015). Harun Nasution dan Pembaharuan Pemikiran Pendidikan Islam. Tadris, 10(1).

Hidayatullah, M. (2018). Studi Kritis Terhadap Pemikiran Harun Nasution Tentang Sumber Hukum Islam Al-Qur’an dan Hadits. Jurnal Bina Umat, 1(1).

Huda, N. (2013). Pemikiran Harun Nasution Tentang Kurikulum Pendidikan Tinggi Islam. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).

Husaini, A. (2009). Virus Liberalisasi di Perguruan Tinggi Islam. Gema Insani.

Hutasuhut, E. (2017). Akal Dan Wahyu Dalam Islam (Perbandingan Pemikiran Harun Nasution Dan Muhammad Abduh). UIN Sumatera Utara.

Ibrahim. (2019). Ajaran Islam dalam Pandangan Harun Nasution. Jurnal Aqidah, 5(2).

Irfan, M. (2018). Paradigma Islam Rasional Harun Nasution: Membumikan Teologi Kerukunan. JISA: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 1(1).

Jamal, K. (2012). Pemikiran Tafsir Harun Nasution (Studi Tentang Pola Penafsiran Al-Qur’an Dalam Karya Tulis). Jurnal Ushuluddin, 18(1).

Jamaluddin, M. (2019). Rekonstruksi Pendidikan Islam dalam Perspektif Muhammad Abduh. Journal of Islamic Education (JIE), 4(1).

Kasmiati. (2019). Pembaharuan Pendidikan Islam Harun Nasution (Kajian Filsafat Pendidikan). Scolae: Journal of Pedagogy, 2(2).

Kemenag. (2016). Studia Islamika Diganjar Sebagai Jurnal Ilmiah Nasional Terbaik. Kemenag. https://kemenag.go.id/read/studia-islamika-diganjar-sebagai-jurnal-ilmiah-nasional-terbaik-0xr9k

Khoiruman. (2019). Aspek Ibadah, Latihan Spritual dan Ajaran Moral (Studi Pemikiran Harun Nasution tentang Pokok-Pokok Ajaran Islam). El-Afkar, 8(1).

Kusuma, P. (2019). Peranan Harun Nasution dalam Pengembangan Islam di Indonesia. UIN Alauddin Makassar.

Lubis, A. (2012). Sunnatullah Dalam Pandangan Harun Nasution Dan Nurcholish Madjid. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(2).

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Pustaka Setia.

Marlinah, H. (2018). Pemikiran Islam Rasional dan Tradisional di Indonesia (Study Pemikiran Harun Nasution dan M. Rasyidi). Pustakapedia.

Minhaji, H. A. (2007). Masa Depan Perguruan Tinggi Islam Di Indonesia (Perspektif Sejarah-Sosial). Jurnal Tadris, 2(2).

Murtafiah, N. H. (2018). Konsep Pendidikan Harun Nasution dan Quraish Shihab. Jurnal Mubtadiin, 4(2).

Muslim. (2019). Pemikiran Harun Nasution Tentang Pendidikan di Perguruan Tinggi Agama Islam. Jurnal Al Nidzom, 3(2).

Muzani, S. (1994). Mu‘tazilah and the Modernization of the Indonesian Muslim Community: Intellectual Portrait of Harun Nasution. Studia Islamika, 1(1).

Nasution, H. (1968). The Place of Reason in Abduh’s Theology Its Impact on His Theological System and Views. Universitas McGill.

Nasution, H. (1975). Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Bulan Bintang.

Nasution, H. (1986). Akan dan Wahyu dalam Islam. UI-Press.

Nasution, H. (1987). Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah. UI-Press.

Nasution, H. (1996). Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Mizan.

Nasution, H. (2012). Islam Dintijau dari Berbagai Aspeknya. UI-Press.

Nasution, H. A. (2020). Relevansi Pendidikan Perspektif Harun Nasution (Religius-Rasional) Dengan Dunia Modern. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 12(2).

Nugraha, E. (2018). Diseminasi, Komodifikasi, dan Sakralitas Kitab Suci: Studi Kasus Usaha Penerbitan Mushaf al-Qur’an di Indonesia Kontemporer. Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pohan, I. S. (2019). Konsep Pemikiran Pendidikan Islam Muhammad Abduh. Wahana Inovasi, 8(1).

Rahmadani, S. R. (2018). Konsep Akal Menurut Harun Nasution. UIN Sumatera Utara.

Rahman, A. A. A. (2020). Between The Classical Mu’tazilites and Neo-Mu’tazilites: an Analysis of Harun Nasution’s Modern Islamic Thought in Indonesia. Journal of Nusantara Studies, 5(1).

Rasjidi, H. M. (1977). Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Tentang “Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya.” Bulan Bintang.

Rasyid, D. (2021). The Writing of Hadith in The Era of Prophet Muhammad a Critique on Harun Nasution’s Thought. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies, 59(1).

Redaksi. (1976). Editorial. Studia Islamika.

Rohman, M. A. (2020). Pembaharuan Pendidikan Menurut Pemikiran Harun Nasution. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan, Dan Penelitian Ke-Islaman, 6(1).

Sholeh, A. R. (2005). Pendidikan Agama dan Pengembangn untuk Bangsa. PT. Raja Grafindo Persada.

Sholehuddin, M. S. (2010). Reinventing Pendidikan Islam Harun Nasution. Forum Tarbiyah, 8(1).

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Suminta, A. (1989). Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam: 70 Tahun Harun Nasution. Lembaga Studi Agama dan Filsafat.

Suyanta, S. (2019). Basic Philosophy dalam Teologi Rasional Harun Nasution (Sebuah Pendekatan Filosofi dalam Memahami Islam). Kalam, 7(1).

Syakur, A. (2018). Polemik Harun Nasution dan H.M. Rasjidi dalam Mistisisme Islam. Ulul Albab, 9(2).

Tanjung, A. (2021). Pendidik dalam Pendidikan Islam (Religius-Rasional) Studi Tokoh Mohammad Natsir dan Harun Nasution. UIN Raden Intan Lampung.

Wajdi, M. B. N. (2016). Metamorfosa Perguruan Tinggi Agama Islam. AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 4(1).

Yudhyarta, D. Y. (2013). Pembaharuan Kurikulum Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia (Telaah Kritis Pemikiran Harun Nasution). UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Yulianto, R. (2019). Pembaharuan Pemikiran Islam (Telaah Kritis M Rasjidi Terhadap Pemikiran Harun Nasution). UIN Sunan Ampel Surabaya.

Zainuddin, D., & Kadir, F. A. A. (2014). Aktivitas-Aktivitas Gerakan Liberalisasi Islam di Indonesia. Analytica Islamica, 3(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.