Pembelajaran Berbasis STEM Melalui Media Robotik Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Abad 21 Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL)

Elya Umi Hanik, Maria Ulfa, Zulfa Harfiyani, Fisca Fisca, Naila Sabila, Noor Halimah

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk mempelajari tentang proses pembelajaran berbasis STEM melalui media robotik di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) untuk meningkatkan keterampilan siswa. Penulisan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sehingga mampu menjelaskan bagaimana proses pembelajaran peserta didik di sekolah. Hasil penelitian ini juga dapat mengetahui peningkatan keterampilan peserta didik Abad 21 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Melalui teknologi yang terus berkembang pesat, maka dibutuhkan sistem kerja otomatis untuk bisa menyelesaikan sebuah pekerjaan. Selain itu siswa tidak hanya bisa menyerap materi di kelas tetapi juga bisa langsung mempraktikkannya melalui media robot. Dengan media robotik membantu siswa mendapatkan materi yang saling terintegrasi antara subjek pembelajaran Science, Technology, Enginering, Matemathic (STEM). Dengan penulisan ini diharapkan pembaca bisa mengambil pelajaran dan mampu mengemabngkan pembelajaran berbasis STEM di Sekolah Indonesia

Full Text:

PDF

References


Asri, Y. N. (2018). Pembelajaran Berbasis STEM Melalui Pelatihan Robotika. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol. 3(No. 3).

Dessy, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Kemampuan Control of Variable Siswa SMP pada Hukum Pascal.

Diakses 12 september 2020. (n.d.). https://www.haloprofesi.com/2019/03/pengertian-dan-penerapan-stem-dalam.html?m=1

Diakses pada tanggal 10 September 2020. (n.d.). https://sikualalumpur.wordpress.com/profil-sekolah/sejarah/

Irma Rahma Suwarma, D. (2017). Implementasi pembelajaran STEM.

Juniaty Winarni, Siti Zubaidah, S. K. H. (2016). STEM : Apa Mengapa dan Bagaimana. Pros Semnas Pend IPA Pascasarjana UM, Vol. 1.

Kelly, L., & Booth, C. (2013). Model Pembelajaran. In Dictionary of Strategy: Strategic Management A-Z (pp. 17–52).

Lou, S. J., Liu, Y. H., Shih, R. C., & Tseng, K. H. (2011). The senior high school students’ learning behavioral model of STEM in PBL. In International Journal of Technology and Design: Vol. Vol. 21 (Issue No. 2). https://doi.org/10.1007/s10798-010-9112-x

Masrukhin. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Media Ilmu Press.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Universitas Negeri Semarang.

Sa’adhah, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran STEM (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Teknik dan Matematika) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK 1 Nanggulan. In Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanders, M. (2009). The Technology Teacher. The Technology Teacher, 67.

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan Science Technology, Engginering and Mathematics (STEM) Sebagai Alternatif dalam Mengembangkan Minat Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 2(No. 2).

Williams, J. (2011). STEM Education: Proceed With Caution. Desain and Technology Education: Am International Journal, Vol. 16(No. 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.