Penguatan Pendidikan Karakter dalam Skema Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah

Yusuf Falaq

Abstract


Penelitian ini sebagai konseptualisasi tentang penerapan penguatan pendidikan karakter dalam profil pelajar Pancasila yang di implementasikan di Madrasah Ibtidaiyah. Studi kepustakaan menjadi pilihan dalam metode penelitian ini untuk kemudian disajikan dalam bentuk analisis data deskriptif. Hasil kajian diantaranya: a) kajian tentang penguatan pendidikan karakter dalam skema pelajar Pancasila di madrasah ibtidaiyah, b) kajian tentang alur penentuan dalam memilih elemen nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan skema pelajar Pancasila, c) kajian tentang assessment penguatan pendidikan karakter dalam skema pelajar Pancasila. Artikel ini dapat dimanfaatkan oleh praktisi di pendidikan untuk lebih memahami dalam penguatan pendidikan karakter dalam skrema pelajar Pancasila.


Full Text:

PDF

References


Bucur, C. (2017). Knowledge Management: The importance of Learning Theory. Journal of Knowledge Management, 7.

Dasar, D. S., & Pendidikan, K. (2021). TUNAS PANCASILA. Direktorat Sekolah Dasar Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Fahri, F., Lubis, M. J., & Darwin, D. (2022). Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru pada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(3), 3364–3372. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2616

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Falaq, Y. (2020a). PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN di MI/SD. Jala Futurindo Mediatama.

Falaq, Y. (2020b). Education of Citizenship in Higher Education as A Fortress of Nation Characters in Facing Era Society 5.0. Journal of Educational Sciences, 4(4), 802. https://doi.org/10.31258/jes.4.4.p.802-812

’falaq, yusuf’, & Dasep Bayu Ahyar, E. B. P. R. R. S. D. M. R. Y. L. S. Z. M. F. S. M. R. W. Y. F. E. K. (2021). Model-Model Pembelajaran ( fatma sukmawati, Ed.; 1st ed.). Pradina Pustaka.

Harususilo, Y. E. (2019, December 4). Skor PISA Terbaru Indonesia, Ini 5 PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim. Kompas.

Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEWUJUDKAN PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH. URNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(1), 76–84.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (berdasarkan pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kurniawan, S. (2019). Tantangan Abad 21 bagi Madrasah di Indonesia. Intizar, 25(1), 55–68. https://doi.org/10.19109/intizar.v25i1.3242

RAHAYUNINGSIH, F. (2022). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925


Refbacks

  • There are currently no refbacks.