The Future of Early Childhood Education in the Digital Age

Moh In’ami, Agus Budiman, Muslih Hidayat, Yelfi Dewi S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan PAUD di era digital dan memprediksi masa depan eksistensi PAUD dalam kancah pendidikan nasional. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan yang merujuk pada diskursus yang beredar dan wacana yang ditawarkan oleh para ahli maupun praktisi pendidikan anak usia dini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa PAUD merupakan segmen pendidikan yang patut mendapat perhatian. Hal ini disebabkan 1) Adanya peluang yang terbuka bagi setiap elemen masyarakat untuk turut serta berpartisipasi dalam mendidik anak-anak sejak dini; 2) Adanya progres dalam bidang teknologi yang menjadi tantangan bagi PAUD untuk dapat eksis dan survive dalam era digital. Bahwa masa depan PAUD dalam pendidikan nasional berangkat dari upaya konkret masyarakat dalam mewujudkan pendidikan hari ini bagi anak-anak di usia dini.


Full Text:

PDF

References


Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361.

Amilia, F. (2019). Kompetensi Literasi Infomasi Guru Paud Di Era 4.0: Antara Tuntutan Dan Realitas. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(2), 124–129.

Ananda, R. (2017). Implementasi nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31.

Apriyanti, H. (2017). Pemahaman Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perencanaan Pembelajaran Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 111–117.

Arriani, F. (2019). Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1(2), 60–68.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications.

Creswell, J. W. (1999). Mixed-Method Research: Introduction and Application. In Handbook of Educational Policy (pp. 455–472). Academic Press.

Creswell, J. W. (2016). Reflections on the MMIRA the future of mixed methods task force report. Journal of Mixed Methods Research, 10(3), 215–219.

DeVries, R., Zan, B., Hildebrandt, C., Edmiaston, R., & Sales, C. (2002). Developing Constructivist Early Childhood Curriculum: Practical Principles and Activities. Early Childhood Education Series. Teachers College Press.

Dewi, A. K., Hasanuddin Manurung, M. P. K., Agus Yulistiyono, S. E., Ariningsih, K. A., Wulandari, R. W., Ali Rif’an, M. P. I., & Harahap, E. (2021). Strategi dan Pendekatan Pembelajaran di Era Milenial. EDU PUBLISHER.

Dewia, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation model for character education of students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1228–1237.

Dini, J. P. A. U. (2022). Permasalahan Pola Asuh dalam Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1965–1975.

Downe‐Wamboldt, B. (1992). Content analysis: method, applications, and issues. Health Care for Women International, 13(3), 313–321.

Ebbeck, M. A., Ebbeck, M., & Waniganayake, M. (2002). Early childhood professionals: Leading today and tomorrow. Elsevier Australia.

Faiza, A., & Firda, S. J. (2018). Arus metamorfosa milenial. Penerbit Ernest.

Feather, N. T. (1975). Values in Education and Society. Free Press.

Feeney, S., Moravcik, E., Nolte, S., & Christensen, D. (1996). Who Am I in The Lives of Children?. Merrill.

Fernandez, E. (2014). Early childhood: Dimensions and contexts of development and well-being. Handbook of Child Well-Being.

Flinn, M. V., & England, B. G. (1995). Childhood Stress and Family Environment. Current Anthropology, 36(5), 854–866.

Garvis, S., & Taguchi, H. L. (2021). Quality Improvement in Early Childhood Education. Springer International Publishing.

Hakim, M. S. H. I. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada PAUD. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 26–33.

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran pada PAUD. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 51–56.

Harris, P. L., & Corriveau, K. H. (2011). Young Children’s Selective Trust in Informants. Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 366(1567), 1179–1187.

Hartuti, H. (2021). Peran Literasi Digital untuk Guru PAUD di Era Society 5.0. International Journal of Disabilities and Social Inclusion, 1(2), 18–25.

Herlina, E. S. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Di Era Digital Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. IAKN Tarutung.

Hsieh, H. F., & Shannon, S. E. (2005). Three Approaches to Qualitative Content Analysis. Qualitative Health Research, 15(9), 1277–1288.

Husain, Rusmin, and A. K. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2006).

Ivan, M. (2019). Investasi PAUD dalam Mengurangi Angka Kejahatan di Era Digital. JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education), 1(2), 16–27. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.250

James, B. C., Chassin, M. R., Goldberg, H. I., King, J. G., & Todd, J. S. (1993). Implementing practice guidelines through clinical quality improvement; Improving quality of care with practice guidelines; Should we be implementing untested guidelines?; The relevance of practical experience to American hospitals; Quest for quality or co. Frontiers of Health Services Management, 10(1).

Katz, I., Assor, A., & Kanat-Maymon, Y. (2008). A Projective Assessment of Autonomous Motivation in Children: Correlational and Experimental Evidence. Motivation and Emotion, 32(2), 109–119.

Kiani, G. R. (1998). Marketing opportunities in the digital world. Internet Research.

Marsh, J. (2016). The Digital Literacy Skills and Competences of Children of Pre-School Age. Media Education, 7(2), 178–195.

Maslow, A. (1955). Deficiency Motivation and Growth Motivation. Psycnet.apa.org

Maulidiyah, E. C. (2018). “Penanaman Nilai-Nilai Agama Dalam Pendidikan Anak Di Era Digital.” Anak, Martabat: Jurnal Perempuan Dan, 2(1).

McGee, C. D. (2013). Motivation, Gifted Children, and Underachievement. Parenting for High Potential, 2(7).

Nisbet, J. (1953). Family Environment and Intelligence. The Eugenics Review, 45(1).

Nurhamidah, N., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru Paud Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 666–675.

Peters, R. S. (2010). Education and The Education of Teachers. Routledge.

Quay, J., & Seaman, J. (2013). John Dewey and education outdoors: Making sense of the ‘educational situation’through more than a century of progressive reforms. Springer Science & Business Media.

Rahmat, S. T. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161.

Robins, G. (2012). Praise, Motivation and The Child. Routledge.

Sahertian, M. (2019). Pendidikan Agama Kristen dalam Sudut Pandang John Dewey. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 101–116.

Schwab, K. (2017). The Fourth Industrial Revolution. Currency.

Segrin, C., Givertz, M., Swaitkowski, P., & Montgomery, N. (2015). Overparenting is Associated with Child Problems and a Critical Family Environment. Journal of Child and Family Studies, 24(2), 470–479.

Sheridan, S. M., Edwards, C. P., Marvin, C. A., & Knoche, L. L. (2009). Professional development in early childhood programs: Process issues and research needs. Early Education and Development, 20(23), 377–401.

Sturgeon, T. J. (2021). Upgrading strategies for the digital economy. Global Strategy Journal, 11(1), 34–57.

Sukmanjaya, B. (2017). Internet Aman. Behavior Based Consultant.

Sumantri, B. A. (2019). Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 27–50.

Suri, D., & Chandra, D. (2021). Teacher’s strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 271–285.

Suryana, D. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Kencana.

Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep Dan Teori. Bumi Aksara.

Van Puyvelde, H., Basto, M., Chung, A. S. J., & Van Bruwaene, S. (2020). Making surgery safer in an increasingly digital world: the internet—friend or foe?. World Journal of Urology, 38(6), 1391–1395.

Yuliariatiningsih, M. S., & Setiaty, T. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Mengembangkan Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.