The Influence of Parental Concern on Cognitive Learning Outcomes of Science Subjects Class IV at MI Mamba'unnidhom Bulungan 2022

Fifi Nofiaturrahmah, M Masrukin, Novi Fitriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepedulian orang tua terhadap hasil belajar kognitif  mata pelajaran IPA di kelas IV MI Mamba’unnidhom Bulungan. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MI Mamba’unnidhom Bulungan, yakni pada ruang lingkup kelas IV. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas IV A, B, C dan D sejumlah 90, kemudian diambil sampel 90 dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara kepedulian orang tua terhadap hasil belajar kognitif di MI Mamba’unnidhom Bulungan, dengan persamaan regresi yaitu = 37,733 + 0,213 X1.


Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran (prinsip-teknik-prosedur). Bandung: PT Rosdakarya, 2013.

Danang Sunyoto dan Ari Setiawan. Buku Ajar Statistik. Yogyakarta: Nuha Medika, 2013.

Mahmud, Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Mahmudi, Arifudin, “The Relationship Of Parental Attention To Student’s Cognitive Learning Outcomes”, Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 3 No 1, Tahun 2020, p-ISSN: 2614-3909 e-ISSN: 2614-3895, diakses pada tanggal 15 Februari 2022, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/24435

Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan , Jakarta: Rineka Cipta, 2014.

Masrukhin, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kudus: Media Ilmu Press, 2019.

Masrukhin. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kudus: Mibarda Publishing dan Media Ilmu Press, 2017.

Masrukhin. Statistik Deskriptif dan inferensial Aplikasi Program SPSS dan Excel. Kudus: Media Ilmu Press, 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.