Moderasi Beragama dalam Kurikulum PAI SMA

Silmi Septiani, Saepul Anwar, Mita Mawadda, Putri Utami Asrianti

Abstract


Moderasi beragama penting dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang heterogen. Penanamannya mesti dilakukan melalui pendidikan di lingkungan persekolahan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait bagaimana moderasi beragama termuat dalam kurikulum pendidikan agama, khususnya Pendidikan Agama Islam pada tingkat SMA. Penelitian menggunakan metode library research dengan analisis deskriptif. Sumber primer dalam penelitian ini adalah adalah buku ajar PAI tingkat SMA terbitan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga disertai sumber sekunder dari berbagai literatur yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum moderasi beragama telah termaktub dalam kurikulum PAI jika merujuk pada hakikat PAI di persekolahan, namun demikian proporsi materi tentang moderasi beragama dalam buku ajar PAI masih sangat minim sehingga diperlukan upaya lebih gigih dari para Guru PAI untuk konsisten dalam memberikan pemahaman moderasi beragama kepada para siswanya di setiap proses pembelajaran melalui internalisasi nilai-nilai toleransi.

Full Text:

PDF

References


Alam, M. (2017). Studi Implementasi Pendidikan Islam Moderat dalam Mencegah Ancaman Radikalisme di Kota Sungai Penuh Jambi. Jurnal Islamika, 17(2), 17-40.

Anwar, S. (2018). Internalization of Tolerance Values by Empowering the Environment as Learning Resource through Islamic Religious Education in Higher Education. IOP Conferences Series: Earth and Environmental Science , 1-8.

Astuti, I. D. (2021, Februari 8). beritasatu. Retrieved April 14, 2022, from beritasatu.com: https://www.beritasatu.com/nasional/730195/intoleransi-di-dunia-pendidikan-kpai-dari-jilbab-sampai-pemilihan-ketua-osis

Denata. (2021, Januari 25). Kompasiana. Retrieved April 14, 2022, from kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/denata/600ebab58ede483e1d121a12/dunia-pendidikan-indonesia-darurat-intoleransi?page=all#section1

Dianita, G., Firdaus, E., & Anwar, S. (2018). Implementasi Pendidikan Toleransi di Sekolah: Sebuah Kearifan Lokal di Sekolah Nahdlatul Ulama. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 5(2), 162-173.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Agama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.

Faozan, A. (2020). Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam untuk Masyarakat Multikultur. Hikmah: Jurnal of Islamic Studies, 16(2), 219-228.

Ghozaly, F., & Dimyathi, H. S. (2015). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII (Edisi 1 ed.). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, 8(2), 68-73.

Haris, M. (2015). Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. H.M. Arifin. Jurnal Ummul Qura, 6(2), 1-19.

Jannah, F. M. (2016, Januari). Repository IAIN Syeikh Nurjati Cirebon. Retrieved from sc.syekhnurjati.ac.id: http://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB214166310040.pdf

Khairiyah, N., & Zen, E. S. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X (Edisi Revisi 3 ed.). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kusnandar, V. B. (2021). databoks. Retrieved Maret 8, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/30/sebanyak-8688-penduduk-indonesia-beragama-islam

Maharani, T. (2018). detiknews. Retrieved Juli 10, 2022, from https://news.detik.com/berita/d-3834483/maarif-institute-ekstrakurikuler-pintu-masuk-radikalisme-di-sekolah

Ma'zumi, Syihabudin, & Najmudin. (2019). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an dan As-Sunnah: Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta'dib, dan Tazkiyah. Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 193-209.

Mustakim, & Mustahdi. (2017). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI (Edisi Revisi 2 ed.). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran PAI terhadap Perilaku Peserta Didik di SMPN 1 Kanan Kulon Blitar. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Rumahuru, Y. Z., & Talupun, J. S. (2021). Pendidikan Agama Inklusif sebagai Fondasi Moderasi Beragama: Strategi Merawat Keberagaman di Indonesia. Kurios: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 7(2), 453-462.

Saputera, A. A., & Djauhari, M. S. (2021). Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Gorontalo. Moderatio: Jurnal Moderasi Beragama dan Kebudayaan Islam, 1(1), 41-60.

Selvia, S., Rahmat, M., & Anwar, S. (2018). Tingkat Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Terhadap Konsep Moderasi Beragama. Intizar, 24(1), 2-11.

Sugihartati, R., Suyanto, B., Hidayat, M. A., Sirry, M., & Srimulyo, K. (2020). Habitus of Institutional Education and Development in Intolerance Aattitude among Students. Talent Development & Excellence, 12(1), 1965-1979.

Sutrisno. (1990). Metodologi Research III. Yogyakarta: Andi Offest.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.

Wicaksono, A. (2020). CNN Indonesia. Retrieved Juli 9, 2022, from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201204114451-20-577930/menag-sebut-ekstremisme-masuk-sekolah-lewat-guru-dan-ekskul

Wilyani. (2015). Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Sikap Keberagamaan Siswa SMP Negeri 3 Cakkeawo. Palopo: Repository IAIN Palopo.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.