Krisis Literasi: Menumbuhkan Minat Baca melalui Pemberian Pengalaman Bahasa Sejak Dini

Endah Tri Wahyuningsih, Hesti Putri Setianingsih, Muhammad Zainal Abidin

Abstract


Minat baca yang rendah sebanding dengan rendahnya kemampuan literasi generasi bangsa di era milenial ini, segala hal yang diterima tanpa dianalisis dengan membaca membuat informasi didapat secara instan tanpa keakuratan yang didapat. Di satu sisi, membaca telah diperintahkan dalam Al Quran, ayat pertama yang pertama kali diturunkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla adalah Q.s Al’ Alaq 1-5 yang berisi perintah membaca untuk mengetahui perintah dan larangan. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kesadaran minat baca Indonesia yakni budaya baca yang tidak didapatkan semenjak kecil, pola pembiasaan untuk mencintai membaca baik itu membaca buku secara fisik, kitab Al Quran, Ebook, artikel internet, jurnal, majalah, koran dan sumber bacaan lainnya bukan menjadi sesuatu hal yang mengasyikkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis library research, tujuan penelitian ini untuk menemukan pengalaman bahasa sejak dini seperti apa yang dapat menumbuhkan minat baca anak untuk generasi kedepan. Sumber data yang digunakan yakni buku fisik, Ebook, Kitab Al Quran, jurnal, dan artikel bersumber dari sumber yang kredibel. Teknik analisis yang digunakan yakni content analysis. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa menumbuhkan minat baca anak dengan memberi pengalaman bahasa sejak dini dapat melalui 3 hal, yakni 1) Membacakan buku sejak anak baru lahir: membuat pola baca, membuka buku bersama anak, memberikan buku yang sesuai, dan memilih bacaan yang bergizi. 2) Menciptakan kondisi yang baik yakni memberikan tauladan atau contoh kepada anak dan menyesuaikan bacaan buku pada anak: buku yang sesuai minat anak,  memperhatikan kesesuaian usia dan tingkat perkembangan anak, muatan isi buku, menunjukkan manfaat membaca kepada anak, kehangatan emosi saat membaca, ruang baca yang baik dan menjamin kelancaran pengadaan bahan bacaan. 3) Menjadikan membaca sebagai bermain: mendorong anak untuk suka, membiarkan anak mengerti, tidak membebani anak, dan tidak terlalu akademik.

Full Text:

PDF

References


Adhim, Mohammad Fauzil. (2015). Membuat anak gila membaca / Mohammad Fauzil. Bandung : Mizania

Al-Nofaie, H. (2020). Saudi University Students’ Perceptions towards Virtual Education During Covid-19 Pandemic: A Case Study of Language Learning via Blackboard. Arab World English Journal, 11(3), 4–20. https://doi.org/10.24093/awej/vol11no3.1

Arianti, F. (2018). GERAKAN ORANGTUA MEMBACAKAN BUKU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SEJAK USIA DINI DI PAUD AL-JAMIL.

Clay, M. M. (1985). The Early Detection of Reading Difficulties (3rd ed.). Auckland: Heinemann.

Guthrie, J. T., Hoa, A. L. W., Wigfield, A., Tonks, S. M., Humenick, N. M., & Littles, E. (2007). Reading motivation and reading comprehension growth in the later elementary years. Contemporary Educational Psychology, 32(3), 282–313. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2006.05.004

Heriyanto Retno, Miris Minat Baca di Indonesia Menurut UNESCO hanya 0,001 persen, diunduh dari https://portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-941922838/miris-minat-baca-di-indonesia-menurut-unesco-hanya-0001-persen

KASALI, Rhenald. (2019). Sentra Inspiring School: membangun kecerdasan dan kemampuan anak sejak usia dini demi masa depan yang cemerlang (Cetakan ke- 2). Bandung: Mizan.

Kern, Richard. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=HiOj4TV_3DoC&oi=fnd&pg=PP9&ots=354MQdyKdg&sig=_0I3eM8rvwm02ptUtfyyemJ1KQM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Mandel Morrow, L. (1983). Home and School Correlates of Early Interest in Literature. The Journal of Educational Research, 76(4), 221–230. https://doi.org/10.1080/00220671.1983.10885455

Mansor, A. N., Rasul, M. S., Rauf, R. A. A., & Koh, B. L. (2013). Developing and Sustaining Reading Habit Among Teenagers. Asia-Pacific Education Researcher, 22(4), 357–365. https://doi.org/10.1007/s40299-012-0017-1

Marinak, B.A., & Gambrell, L.B. (2008). Intrinsic Motivation and Rewards: What Sustains Young Children's Engagement with Text? Literacy Research and Instruction, 47, 26 - 9.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2017). Psikolinguistik edukasional : psikolinguistik untuk pendidikan bahasa / Tadkiroatun Musfiroh. Yogyakarta :: Tiara Wacana

Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 41–53.

Tuasikal, Muhammad Abduh. Tafsir Surat Al Alaq (1): Bacalah dan Bacalah!, diunduh dari https://rumaysho.com/3505-tafsir-surat-iqro-1-bacalah-dan-bacalah.html

Utami, Larasati Dyah. Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 dari 70 Negara. Diunduh pada Tanggal 15 Januari 2022 dari https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara?page=2

Zed, Mestika. Metode penelitian kepustakaan / pengarang. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia,.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.