Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan

St. Istiqomah Arifin, Muliatul Maghfiroh

Abstract


Penelitian ini didasarkan oleh hasil belajar siswa yang kurang baik pada pelajaran tematik. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, maka peneliti tertarik menggunakan Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan, pelaksanaan dan hasil yang akan diperoleh dengan diterapkannya metode PBL pada pembelajaran tematik kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Desain penelitian menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas 1V SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan yang yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan PBL ini dibutuhkan kolaborasi antar guru dan peneliti baik dalam dalam merencanakan RPP, menyediakan media pembelajaran, serta alat evaluasi pembelajaran. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pembelajaran dilakukan sesuai tahapan pelaksanan dalam RPP. Hasil dari tes dan non tes ini menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Siklus I tes hasil belajar siswa sebesar 56,25%, kemudian meningkat menjadi 81,25% di siklus II. Selain pada hasil belajar siswa, peningkatan juga terjadi pada lembar aktivitas siswa, jika siklus I sebesar 75%, kemudian meningkat menjadi 91,25% pada siklus II. Dengan demikian bisa dapat kita simpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Tematik sudah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDI Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.

Full Text:

PDF

References


Amir Hamzah. (2019). PTK Tematik Integratif Kajian Teori dan Praktik. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Assegaff, A., & Sontani, U. T. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model problem based learning (PBL). JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 1, 41.

Chika Okta Jayanti. (2019). Chika Okta Jayanti “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. IAIN Salatiga.

Maghfiroh, M., & Sri, N. (2020). Peningkatan Strategi dan Metode Pembelajaran Guru PAI dalam Era Revolusi industri 4.0. Pêrdikan: Journal of Community Engagement., 2, 18.

Nurhayati, Rianti, & Nana, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Problem Based Learning (PBL) Pada Pelajaran Bahasa Indonesia guna Meningkatkan Terampil Membaca dan Menulis Lanjut di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4, 88. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Ramadhani, E. W., Devi, S., Delia, N., Dewi, L., & Alrifta, I. (2021). Studi Literatur Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dalam Pembelajaran Tematik. 213–219.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Rusyidi Ananda. (2019). Perencanaan Pembelajaran (L. P. P. P. Indonesia (ed.); 1st ed.). Lembaga Peduli.

Sari, widya puspita, Bayu, W., & Aspini, A. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran IPA) pada Siswa Kelas IV SD. Ournal for Lesson and Learning Studies, 4, 159.

Siti Najma. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Min 3 Banda Aceh. UIN Ar-Rairy Darussalam Banda Aeh.

Sudjono, A. (2005). Pengantar Statistik Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Sutirman. (2013). Pembelajaran Inovatif Media Dan Model-Model Pembelajaran Inofatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 1–90.

Suyadi. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT. Rosdakarya.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Tukiran Taniredja. (2020). Peneltian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis dan Mudah. Alfabeta CV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.