Implementasi Pembelajaran Daring pada Anak Usia Dini Satu Tahun Pandemi COVID-19: Mencari Best Practice

Pasiningsih Pasiningsih

Abstract


ABSTRAK

Berbagai penelitian terkait hambatan dalam implementasi pembelajaran daring pada konteks pendidikan anak usia dini di Indonesia di awal pandemi COVID-19 telah dilakukan. Hanya saja, diperlukan penelitian lebih lanjut apakah setelah satu tahun pandemi implementasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh satuan PAUD masih ditemukan kendala dalam pelaksanaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah implementasi pembelajaran daring pada anak usia dini setelah satu tahun pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk ekploratori untuk menjawab rumusan masalah bagaimana implementasi pembelajaran daring di satuan PAUD setelah satu tahun pandemi. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara secara semistruktur dan dokumen. Data dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring sudah berjalan selama lebih dari satu tahun fakta di lapangan masih memperlihatkan berbagai hambatan yang serupa dengan hambatan pada awal pandemi sehingga pembelajaran tatap muka akhirnya menjadi pilihan guru PAUD. Latar belakang sosial ekonomi orangtua anak juga menentukan media dan kualitas pembelajaran daring yang diterima anak.

 


Full Text:

PDF

References


Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

BSNP. (2007). Buletin BSNP: Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan. Badan Standart Nasional Pendidikan.

Creswell, J. W. (2014). Educational research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (5th eds). Pearson Australia.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children ’ s online learning during COVID-19 pandemic : Chinese parents ’ beliefs and attitudes. January.

Hancock, D., & Algozzine, R. (2011). Doing case study research: A practical guide for beginning researchers (2nd ed.). New York: Teachers College Press.

Hariawan, R., Ulfatin, N., Huda, M.A., et al. (2019). Contributions management of parenting and education program to strengthen the service three early childhood education center. International Education Studies, 12(2), 100–108.

Jaedun, A. (2010). Penelitian Eksploratori (Eksploratif).

Jalongo, M. R. (2021). The Effects of COVID-19 on Early Childhood Education and Care: Research and Resources for Children, Families, Teachers, and Teacher Educators. Early Childhood Education Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10643-021-01208-y

Karimah, A., & Muslim, A. B. (2019). Redefining EFL (English as a Foreign language) teachers’ roles in technology-integrated instruction. International Conference on Engineering Technology and Training, 8–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1145/3337682.3337686

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood, 52(2), 145–158. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6

Kompas. (2021). Aturan Lengkap PPKM Darurat Jawa-Bali, Berlaku 3-20 Juli 2021.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.529

Pasiningsih. (2021). Family-School Partnerships of Indonesian Families Engaged in Postgraduate Study. 16(1), 1–10.

Raniah, A., Prantista, J. R., Alfiana, D. P., Aghisni, S. F., & Ahsani, E. L. F. (2021). Dampak Pandemi terhadap Pemanfaatan e-Learning pada Sekolah Dasar di Den Haag. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 10(1), 111–124. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v10i1.251

Srihartini, Y., & Pratami, M. L. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Online di Era Pandemi Covid-19. TARBIATUNA Journal of Islamic Education 1 | Tarbiatuna, 1(1), 1–21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.