STEM: Inovasi Media Pembelajaran MI/SD

Ulya Fawaida, Najmie Zulfikar, Isyti Nihayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Bahan ajar  IPA SD/MI berbasis STEM. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan deskiptif kualitatif. Yang di modifikasi dari model R & D dari Brog and Gall menjadi 5 tahapan. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa PGMI IAIN Kudus semester Empat pada mata kuliah pembelajaran  IPA SD/MI. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkannya  bahan ajar yang berbasis STEM  yang sangat sesuai untuk menumbuhkan bakat anak, yang menekankan pada keaktifan siswa dalam kelas, dengan berfokus pada interaksi antara siswa. Metode STEM dipilih karena  mengintegrasian empat bidang ilmu Sains, Teknologi, Engenering, dan Matematik untuk memecahkan masalah dalam keseharian siswa. Saran dari penelitian ini adalah tidak hanya pelajaran IPA saya yang di integrasikan dengan STEM, tapi mata pelajaran lainnya

 


Full Text:

PDF

References


Abe, E. N., & Chikoko, V. (2020). Exploring the factors that influence the career decision of STEM students at a university in South Africa. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00256-x

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Ahmad, K. I. L. (2010). Pengembangan bahan ajar perkembangan anak usia SD sebagai sarana belajar mandiri mahasiswa Kasina Ahmad Ika Lestari. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(8), 183–193.

Ahsani, E. L. F., Rusilowati, A., & Anni, C. T. (2020). The Development of Integrated Science Teaching Materials Based on the Science Literacy of Fifth Graders. 1st ICONECT International Conference Education, Culture and Technology, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 65–71.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi problem based learning dalam STEM education berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 198–206.

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi dalam pembelajaran vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Imaduddin, M., & Zuhaida, A. (2019). STREAMIN model for the next generation of science education in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012096

Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352

Li, Y., & Schoenfeld, A. H. (2019). Problematizing teaching and learning mathematics as “given” in STEM education. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0197-9

Mulyana, K. M., Abdurrahman, & Rosidin, U. (2018). Implementasi pendekatan Science, technologhy, enginerring, and mathematics (STEM) Untuk menumbuhkan skill multipresentasi siswa pada materi hukum newton tentang gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 69–75.

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education. Technology and Engineering Teachere, May/June(June), 1–5.

Roehrig, G. H., Dare, E. A., Ring-Whalen, E., & Wieselmann, J. R. (2021). Understanding coherence and integration in integrated STEM curriculum. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00259-8

Shi, L., & Stains, M. (2021). Development of the Departmental Climate around Teaching ( DCaT ) survey : neither psychological collective climate nor departmental collective climate predicts STEM faculty ’ s instructional practices. 1, 1–20.

Yata, C., Ohtani, T., & Isobe, M. (2020). Conceptual framework of STEM based on Japanese subject principles. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00205-8

Abe, E. N., & Chikoko, V. (2020). Exploring the factors that influence the career decision of STEM students at a university in South Africa. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00256-x

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Penerapan project based learning terintegrasi STEM untuk meningkatkan literasi sains siswa ditinjau dari gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561

Ahmad, K. I. L. (2010). Pengembangan bahan ajar perkembangan anak usia SD sebagai sarana belajar mandiri mahasiswa Kasina Ahmad Ika Lestari. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(8), 183–193.

Ahsani, E. L. F., Rusilowati, A., & Anni, C. T. (2020). The Development of Integrated Science Teaching Materials Based on the Science Literacy of Fifth Graders. 1st ICONECT International Conference Education, Culture and Technology, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 65–71.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Farwati, R., Permanasari, A., Firman, H., & Suhery, T. (2017). Integrasi problem based learning dalam STEM education berorientasi pada aktualisasi literasi lingkungan dan kreativitas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 198–206.

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi dalam pembelajaran vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 33–42.

Imaduddin, M., & Zuhaida, A. (2019). STREAMIN model for the next generation of science education in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1233(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1233/1/012096

Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570

Kusumam, A., Mukhidin, M., & Hasan, B. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 28. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9352

Li, Y., & Schoenfeld, A. H. (2019). Problematizing teaching and learning mathematics as “given” in STEM education. International Journal of STEM Education, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40594-019-0197-9

Mulyana, K. M., Abdurrahman, & Rosidin, U. (2018). Implementasi pendekatan Science, technologhy, enginerring, and mathematics (STEM) Untuk menumbuhkan skill multipresentasi siswa pada materi hukum newton tentang gerak. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 69–75.

Roberts, A. (2012). A Justification for STEM Education. Technology and Engineering Teachere, May/June(June), 1–5.

Roehrig, G. H., Dare, E. A., Ring-Whalen, E., & Wieselmann, J. R. (2021). Understanding coherence and integration in integrated STEM curriculum. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00259-8

Shi, L., & Stains, M. (2021). Development of the Departmental Climate around Teaching ( DCaT ) survey : neither psychological collective climate nor departmental collective climate predicts STEM faculty ’ s instructional practices. 1, 1–20.

Yata, C., Ohtani, T., & Isobe, M. (2020). Conceptual framework of STEM based on Japanese subject principles. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00205-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.