Realistic Mathematics Education Sebagai Upaya Melatih Berhitung Serta Meningkatkan Antusias Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dimasa Covid-19

Aldi Prasetyo

Abstract


Matematika atau materi tentang hitungan merupakan salah satu mata pelajaran yang sebagian besar siswa tidak menyukainya. Padahal, kemampuan berhitung merupakan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Kendati demikian, kegiatan siswa seringkali berkaitan dengan konsep Matematika yang secara tidak sadar mereka gunakan dalam berbagai kegiatan. Ditambah lagi dimasa pandemi seperti ini, tantangan guru ialah bagaimana cara menyajikan pembelajaran yang menarik khususnya dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari implementasi Realistic Mathematics Education (RME) dalam melatih siswa madrasah ibtidaiyah berhitung serta meningkatkan antusias belajar siswa dimasa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif dengan jenis eksperimen. Sedangkan subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas 3 MI Maarif NU 1 Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas dengan objek penelitiannya yaitu implementasi pembelajaran berbasis RME.  Berdasarkan hasil analisis data yang peneliti lakukan menunjukan bahwa RME dapat digunakan untuk melatih kemahiran siswa berhitung. Hal itu dibuktikan dari kemampuan siswa yang mampu mngerjakan tugas-tugas yang diberikan dengan baik. Selain itu, RME juga dapat meningkatkan antusias belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Untuk tugas pertama antusias belajar siswa meningkat 3,44% dan untuk tugas kedua dan ketiga meningkat 13,79%.

Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Berhitung, Covid-19.

Mathematics or numeracy theory is one of the most disliked lessons for students. Even though the numeracy ability is a basic ability that must be mastered by students. However, unconsciously students’ activities were often attributed to the Mathematical concepts used in their various activities. In addition, during the covid-19 pandemic, the teacher’s recent challenge was how to interesting learning. This research was conducted to determine the result of the implementation of Realistic Mathematics Education (RME) in elementary school students to training about counting and improve student learning enthusiasm during the Covid-19 pandemic. The method used in this research is descriptive qualitative method with experimental type. The subjects of this research was third grade students of MI Maarif NU 1 Langgongsari Cilongok Banyumas Regency. Object of this research was the implementation of Realistic Mathematics Education (RME). Based on the results of the data analysis, the researcher showed that RME could be used to train students’ numeracy skill. Furthemore, RME could improve students’  enthusiasm in doing Mathematic tasks rather than using classic learning content during the Covid-19 pandemic. For the first task, the students’ enthusiasm improved by 3.44% and for the second and third tasks it improved by 13,79%.

Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), Numeracy, Covid-19.


Full Text:

PDF

References


Aji, U. S. (2020). Analisis Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 377. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7440

Akri Yeni Hilman, N. A. (2020). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Kelipatan dan Faktor Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 101–111. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.74

Alifia, Z., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Edmodo di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1062–1070. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.591

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Journal Homepage, 65–72.

Hamidaturrohmah, H., & Mulyani, T. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sd Inklusi Era Pandemi Covid-19. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(2), 247. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7907

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12–20. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.196

Lestari, A. C., & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi. Jurnal Kiprah, 8(1), 46–55. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1.2063

Listyoningsih, E., & A’isyah, S. (2020). Penerapan metode realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berhitung pembagian pada siswa kelas II SDN pucangtelu kecamatan kalitengah kabupaten lamongan. CEJou, 1(r).

Minda Suci Amelia, M. M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1912–1917. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i2.488

Muhsetyo, G. (2016). Pembelajaran Matematika SD. Universitas Terbuka.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Noor, N. L. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS A . Pendahuluan Pendidikan berperan penting dalam peradaban kehidupan manusia . Melalui pendidikan , peadaban manusia menjadi maju dan beradab dalam kehidupan bersoasial . Tantangan di dunia pendidikan semakin ko. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8, 209–224.

Piaget, J., & Inhelder, B. (2018). Psikologi Anak (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Putri, T. Y., & Ariani, Y. (2020). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Penyajian Data di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2453–2452. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.729

Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3498–3502. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878

Setyanto, N. A. (2017). Interaksi dan Komunikasi Efektif Belajar Mengajar (N. Awani (ed.); 1st ed.). DIVA Press.

Sriyani, Saputra, H. J., & Sukamto. (2020). PENERAPAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH SISWA KELAS 1B SD NEGERI PALEBON 01 SEMARANG Sriyani, Henry Januar Saputra, Sukamto. 1(1), 1–8.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta cv.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Maju, 6(1), 101–112.

Yusrizal, Lubis, B. S., Fatmawati, & Muzdhalifah, D. (2020). pengaruh metode visit home dan pola bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar di era pandemi covid-19. Jurnal Tematik, 10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.