Penggunaan LKS berbasis STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SDN 2 Gondosari Gebog Kudus

Windy Aprilya Pangastutik, Retno Susilowati, Ulya Fawaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunakan LKS berbasis STEM kelas IV pada Tema 9 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 dalam meninjau peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa di SDN 2 Gondosari Gebog Kudus. Metode penelitian ini adalah penelitian field research menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKS berbasis STEM didalamnya tersaji beberapa tahap yakni tahap pengantar materi STEM, pengelompokkan siswa, pemberian - pengenalan masalah, pemecahan masalah (pemberian solusi), membuat proyek solusi, uji coba dan membuat laporan identifikasi pembelajaran STEM. (2) Kemampuan berfikir kreatif siswa kelas IV mengalami peningkatan yakni 26 siswa mengalami peningkatan sebanyak  dan 2 siswa tidak mengalami peningkatan dan juga penurunan (tetap).

Full Text:

PDF

References


Duong, X. Q., Nguyen, N. H., Nguyen, M. T., & Thao-Do, T. P. (2022). Applying Stem Engineering Design Process Through Designing and Making of Electrostatic Painting Equipment in Two Rural Schools in Vietnam. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.31004

Fatimah, S., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Pembelajaran Outdoor Berbasis STEM di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 101–107.

Fawaida, U., Zulfikar, N., & Nihayati, I. (2021). STEM: Inovasi Media Pembelajaran MI/SD. … on Islamic Education, 1, 1–14. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/22

Hasanah, U., & Tsutaoka, T. (2019). An outline of worldwide barriers in science, technology, engineering and mathematics (STEM) education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 193–200. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.18350

Muqodas, I. (2016). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33.

Ngabekti, S., Prasetyo, A. P. B., Hardianti, R. D., & Teampanpong, J. (2019). The development of stem mobile learning package ecosystem. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.16905

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). The movement of stem education in Indonesia: Science teachers’ perspectives. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 417–425. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i3.19252

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

Pangesti, K. I., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 53–58.

Rusydiyah, E. F., Indrawati, D., Jazil, S., Susilawati, & Gusniwati. (2021). Stem learning environment: Perceptions and implementation skills in prospective science teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 138–148. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.28303

Saat, R. M., Fadzil, H. M., Adli, D. S. H., & Awang, K. (2021). Stem teachers’ professional development through scientist-teacher-students partnership (Stsp). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(3), 357–367. https://doi.org/10.15294/JPII.V10I3.27845

Sagita, D. (2016). Peran Bahan Ajar LKS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1, 37–44.

Toto, T., Yulisma, L., & Amam, A. (2021). Improving teachers’ understanding and readiness in implementing stem through science learning simulation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 303–310. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.27509

Wijianti, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Daur Hidup Hewan. Jurnal Pendidikan Dan Pengetahuan Dasar, 13(1), 15–25. http://repository.uin-malang.ac.id/6313/

Zaki, N. A. A., Zain, N. Z. M., Noor, N. A. Z. M., & Hashim, H. (2020). Developing a conceptual model of learning analytics in serious games for stem education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 330–339. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24466


Refbacks

  • There are currently no refbacks.