Pengaruh Kondisi Belajar Masa Pandemic Covid 19 Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020

Choirunisa Ayu Setyo Rini

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa dengan sampel dua kelas. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan uji korelasi serta uji regresi linier sederhana. Tujuannya untuk mengetahui tingkat kondisi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa selama masa pandemic covid 19, minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa selama masa pandemic covid 19, pengaruh kondisi belajar selama masa pandemic covid 19 terhadap minat belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa. Hasil penelitian menunjukkan kondisi belajar siswa cukup baik, 39% siswa berada pada kategori tinggi, 58% siswa berada pada kategori sedang, dan 3% siswa berada pada kategori rendah. Minat belajar siswa berada pada level sedang, 7% siswa berada pada kategori tinggi, 84% siswa berada pada kategori sedang, dan 9% siswa berada pada kategori rendah. Uji regresi linear sederhana menunjukkan koefisien korelasi rxy 0,798 bernilai positif lebih besar dari rtabel artinya kondisi belajar masa pandemic covid 19 berpengaruh terhadap minat belajar IPA siswa. Uji t menunjukkan thitung > ttabel. Hasil pengujian tersebut membuktikan ada pengaruh antara kondisi belajar masa pandemic covid 19 terhadap minat belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ambarawa Tahun Pelajaran 2019/2020”

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F., & Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317

Annurahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ath-Thabari, A. J. (2011). Tafisr Ath-Thabari,terj. Ahsan Askan. Jakarta: Pustaka Azzam.

Ernanda, J. (2014, Februari 10). JulianKece. Retrieved April 22, 2020, from Kondisi Belajar dan Masalah-Masalah Belajar: https://juliankece.wordpress.com

Hamka. (1999). Tafsir Al-Azhar. Singapura: Pustaka Nasional Pte Ltd.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. 2020. Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12-20.

Kooraki, S. (2020). Coronavirus (COVID-19) Outbreak: What The Department Of Radiology Should Know. American College Of Radiology , 1.

Marleni, L. (2016). Faktor Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangkinang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika , Volume 1, No.1 E-ISSN: 2579-9258.

Marni, M. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas VI SDN Tanjungsari. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 71–84. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/7

Muhidin, A. S. (2007). Analisis Korelasi, Regresi dan Jalur Dalam. Bandung: Pustaka Setia.

Nasution, S. (1995). Diktatik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Ni’mah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Model Means-Ends Analysis (MEA) di SDN Sumbermulyo 01 Pati. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 93–108. http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/Alhikmah/index

Nugraha, R. P. A., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pendidikan Islam. Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian Dan Penelitian Bidang Keislaman Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/al%20yasini.v5i1.3772

Nurhasanah, S. S. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest as Determinant Student Learning Outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran , Vol. 1 No. 1.

Palupi, R. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Ipa (Studi Situs Di Smp Negeri 1 Boyolali). Surakarta: UMS.

Pusat Kurikulum. 2006. Pembelajaran Tematik. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Rosmayanti, E. (2020). Upaya Penggunaan Model Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Aspek Spiritual Siswa SD 2 Medini. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 85–92. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/9

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1

Zafi, A. A., & Partono. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler Keislaman. Intelegensia: Jurnal Studi Keislaman, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/sxfbd


Refbacks

  • There are currently no refbacks.