Analisis Pembelajaran Stem Di Daerah Terluar Tertinggal Terdepan Wilayah Kalimantan Barat Selama Masa Pandemi

Niken Eka Priyani, Nawawi Nawawi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran pelaksanaan Pembelajaran berbasis STEM, kendala dan solusi yang dilakukan oleh guru di daerah Terluar, Tertinggal dan Terdepan serta daerah perbatasan Indonesia Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan aplikasi google formula yang dibagikan kepada 20 orang Guru Garis Depan yang ada di daerah Terdepan, Tertinggal, dan Terluar serta perbatasan Indonesia Malaysia. Diperoleh hasil bahwa 80% responden telah menggunakan STEM dalam Pembelajaran, 70% responden telah memahami penerapan STEM dalam Pembelajaran Jarak Jauh, 10% guru menggunakan media berbasis suara berupa pesan suara pada WhatsApp Group dan Handy Talkie. Sedangkan 20% menggunakan gambar dan power point, dan hampir 70% responden menggunakan Youtube atau Google Classroom, 50% reseponden telah menggunakan berbagai aplikasi online, sedangkan 30% meminta siswa membuat proyek, 10% responden meminta siswa mengerjakan praktikum mandiri, serta 10% responden mendatangi siswa secara langsung di rumah siswa pada saat pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Amanullah, J., & Utami, D. (2020). Peningkatan Keterampilan Menggambar Ilustrasi Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas V SD Negeri II Balepanjang Jatipurno. Al Hikmah: Journal of Education, 1(2), 125–140. http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/Alhikmah/index

Astuti, N. H., Rusilowati, A., &Subali, B. (2020). STEM-Based Learning Analysis to Improve Students’ ProblemSolving Abilities in Science Subject: a Literature Review. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 79-86.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.

Ceylan, S., &Ozdilek, Z. (2015). Improving a sample lesson plan for secondary science courses within the STEM education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 177, 223-228.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. 2020. Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12-20.

Nugraha, R. P. A., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pendidikan Islam. Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian Dan Penelitian Bidang Keislaman Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/al%20yasini.v5i1.3772

Naiyya Balaya, A., & Zafi, A. A. (2020). Peranan Kearifan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Journal of Civics and Education Studies, 7(1), 27–34. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn/article/view/4791

Nurkanti, M., & Darta, D. (2019). Persepsi Penerapan Model Stem (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Untuk Meningkatkan Pemahaman Guru Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 863-868.

Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing biology students’ worksheet based on STEAM to empower science process skills. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147-156.

Pertiwi, R. S., Abdurrahman, A., & Rosidin, U. (2017). Efektivitas lks stem untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).

Samion, S., &Darma, Y. (2018). Minimum Service Standards for Basic Education in Border Region. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 104-112.

Sari, M., Nawawi, N., & Darmawan, H. (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMIK (COVID-19) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI IKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (JPTIK), 2(1), 1-7.

Septiani, G. (2020). Pengaruh Lingkungan Bagi Kecerdasan Siswa Secara Intelektual, Emosional , Sosial, dan Spiritual. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 47–58. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/6

Suciati, S., & Ariningsih, A. (2016). Pengembangan Model Pendidikan Menengah “Sekolah Kebangsaan “di Daerah Terpencil, tertinggal, terluar dan Perbatasan sebagai Implementasi Pembelajaran Pkn. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(1), 76-85.

Sudiharto, S. (2020). Implementasi Kebijakan Budaya Tertib dan Disiplin Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Negeri 1 Gebog Kudus. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 11–24. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/3

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133-140.

Sukardi, S., Handayani, I. I., & Nawawi, N. (2020). SMA NEGERI 1 PONOROGO 2 SMA NEGERI 1 SAMBIT PONOROGO 3 IKIP PGRI Pontianak. Acitya: Journal of Teaching & Education , 3(1), 95–104. Retrieved from http://journals.umkt.ac.id/index.php/acitya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.