Pengaruh Pembelajaran Melalui Audio Visual Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs SA PP. Roudlotut Tholibin Bandungharjo

Naili Luma'ati Noor, Ahmad Rotib

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mencoba memberikan model yang baru terhadap siswa yang sebelumnya materi disampaikan dengan metode ceramah saja, sehingga tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa masih belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menggunakan audio visual terhadap keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs-SA PP Roudlotut Tholibin.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan One-Group Pretest-Postest Design yang dilakukan di MTs SA PP. Roudlotut Tholibin Bandungharjo Donorojo Jepara. Pupulasi dalam penelitian ini teridi dari dua kelas yaitu VIIIa dan kelas VIIIb sebanyak 60 siswa, untuk sempelnya sebanyak 30 siswa yaitu kelas VIIIa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Data hasil uji statistik dianalisi menggunakan paired-sampel t test.
Hasil uji statistik didapatkan : 1) untuk kekatifan belajar siswa nilai thitung = 17,7355> ttabel = 1,6991, maka kesimpulannya adalah H0 ditolak yang berarti nilai hasil dan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan media Audio Visual lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan media Audio Visual dengan nila rata-rata pretest = 42,833 dan rata-rata posttest = 82, 067. 2) untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung = 11,57234> ttabel = 1,6991, maka kesimpulannya adalah H0 ditolak yang berarti hasil belajar siswa setelah menggunakan media Audio Visual lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan media Audio Visual dengan nila rata-rata pretest = 61,556 dan rata-rata posttest = 86,000.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2003.

Amir, Zubaidah dan Risnawati. Psikologi Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2016.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000.

Kementrian Agama RI. Al-Qur’an Terjemah.Jakarta:PT Dinamika cahaya Pustaka.

Kristanto, Vigih Hery. Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta :Budi Utama, 2018.

Isnaeni, A., & Ahsani, E. L. F. 2020. Strategi Pembelajaran Daring Dengan Model Resitasi Berbasis Teknologi Bagi Siswa MI/SD. As-Sibyan, 3(2), 12-20.

Marni, M. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Tema 2 Melalui Model Pembelajaran Talking Stick Pada Siswa Kelas VI SDN Tanjungsari. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 71–84. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/7

Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621

Nugraha, R. P. A., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Dalam Pendidikan Islam. Al Yasini : Jurnal Hasil Kajian Dan Penelitian Bidang Keislaman Dan Pendidikan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15642/al%20yasini.v5i1.3772

Nurmalita, Aufila. wawancara oleh penulis, 10 Oktober, 2020.

Ningsih, Wirda Mardhatillah. Penerapan Media Audio-Visualterhadap Keaktifan Pada Materi Hubungan Antara Sumber Daya Alam Dengan Lingkungan Siswa Kelasiv Sd Negeri Pasi Teungoh kecamatan Kaway XVI. Aceh Barat : STKIP Bina Bangsa Meulaboh, 2017 diakses, 25 April 2021. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/viewFile/154/142,

Rahayuningtyas, D. R., Rizqi, P. A., Putri, R. F. M., Sawwama, A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Cultural Heritage Indonesia Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(April), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1126

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Suherman, Erman dkk. Strategi Matematika Kontemporer.Bandung: UPI, 2003.

Sumantri, Muhammad Syarif dan Durotul Yatimah, Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2017.

Rihani, Ahmad. Media Intruksional Efektif. Jakarta : Rineka Cipta,1991.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk. Prestasi Belajar. Malang Literasi Nusantara Abadi,2019.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017. Tujuan Pendidikan. diakses pada 8 oktober, 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Tujuan_pendidikan.

Suprapto, N. S. (2020). Pengaruh Model CORE Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika dan Keterampilan Kinerja Proses Peserta Didik. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 59–70. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/8

Wahyuningsih, Endang sri. Model Mastery Learning Upaya peningkatan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

Yani, Umar, dkk. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Pontianak, FKIP UNTAN, 2017 Vol.4 No.12, diakses 25 April 2021. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12939


Refbacks

  • There are currently no refbacks.