Perspektif Sikap Ilmiah Peserta Didik melalui Pembelajaran Daring Berbasis KGS dengan Jiwa Moralitas Entrepreuner di SMA Islam Terpadu

Ikramina Yusti Amina, Aminuddin Prahatama Putra, Nurul Hidayati Utami

Abstract


Sikap ilmiah dengan berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS) dilakukan secara daring (virtual lab dan virtual conference). KGS merupakan pembelajaran yang mengajak siswa berpikir dengan kemampuan penalaran tinggi bidang sains untuk memahami konsep abstrak yang berbasiskan sikap ilmiah untuk mewujudkan nilai moral siswa (non-akademik) yakni jiwa moral entrepreuner. Tujuan penelitian untuk mengetahui sikap ilmiah dilaksanakan pembelajaran berbasis KGS secara daring terhadap bidang entrepreuner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dideskriptif dengan Uji Wilxocon. Teknik analisis data berasal dari hasil angket sikap ilmiah siswa kelas XI MIPA di SMA Islam Terpadu. Hasil menunjukkan bahwa data Uji Wilxocon terdapat perbedaan signifikan sikap ilmiah berbasis KGS pada sub indikator menghargai pendapat orang lain dan menerima saran orang lain dengan nilai sig. 0,046 di kelas XI MIPA 1 dan kelas XI MIPA 2 terdapat perbedaan signifikan pada semua indikator sikap ilmiah berbasis KGS yakni sikap ingin tahu, sikap berpikiran terbuka dan kerjasama, sikap respek terhadap data dengan nilai sig. 0,000. Hasil uji Wilxocon sikap ilmiah berbasis KGS dapat melatih jiwa moralitas yang berkompeten dalam bidang entrepreuner. Sikap ilmiah berbasis KGS dapat meningkat bidang akademik dan non-akademik semua sub indikator sikap ilmiah jika sampel yang diujikan heterogen.

Kata kunci: sikap ilmiah, pembelajaran daring, jiwa moralitas entrepreuner


Full Text:

PDF

References


Amintarti, S., Ajizah, A., & Utami, N. H. (2018). The Identification of Scientific Attitude on Biology Education Department in Plant Botany I. 274, 204–207. https://doi.org/10.2991/iccite-18.2018.46

Brotosiswoyo, B. S. (2000). Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi. Proyek Pengembangan Universitas Terbuka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Depdiknas.

Cahyani, A., Listiana, I. D., dkk. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Febrilia, D., Asriati, N.,dkk. (2019). Effects of Entrepreneurship and Business Ethics on Business. Artikel Penelitian, 2–6.

Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D. V., dkk. (2020). Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu Dengan Menggunakan Media Whatsapp. 2(2), 65–73.

Hunaepei. (2016). Kajian literatur tentang pentingnya sikap ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Pusat Kajian Pendidikan Sains Dan Matematika Tahun 2016, 548–550.

Kaptein, M. (2020). Moral Entrepreneurship. Encyclopedia of Business and Professional Ethics, June, 1–6. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23514-1_1224-1

Martiningsih, M., Situmorang, R. P., dkk. (2018). Hubungan Keterampilan Generik Sains Dan Sikap Ilmiah Melalui Model Inkuiri Ditinjau Dari Domain Kognitif. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 24. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.24-33

Nofitasari, & Ahsani, E. L. F. (2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 107–118.

Pinaryo (2016). Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Terhadap Program Kewirausahaan Mahasiswa. Aristo, 2(2), 53. https://doi.org/10.24269/ars.v2i2.22

Pratama, R. E., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Gagasan Pendidikan Indonesia, 1(2), 49. https://doi.org/10.30870/gpi.v1i2.9405

Putra, A. P., Huldani, dkk. (2019). Learning devices for biological diversity: Examining the use of troubleshooting to improve student learning outcomes. Systematic Reviews in Pharmacy, 10(1), 235–246. https://doi.org/10.5530/srp.2019.1.40

Putra, A. P., Huldani, dkk. (2020). The influence of student-based factors on the differences in knowledge, attitudes, and perceptions of euthanasia based on biology education. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(3), 575–582. https://doi.org/10.31838/srp.2020.3.75

Putra, A. P., Ibrahim, M., Huldani, dkk. (2020). Are There Levels of Students Morales? The Effects of Biological Problem Solving on Moral Development. International Education Studies, 13(6), 32. https://doi.org/10.5539/ies.v13n6p32

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Safitri, E. N., & Zafi, A. A. (2020). Konsep Humanisme Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(1), 78–89. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/3842

Sainsmat, J., Bahri, A., Ristiana, dkk. (2020). Profil Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Inpres Ana Gowa dan SD Negeri Tombolo K Profile of Scientific Attitudes of Grade IV Students of Inpres Ana Gowa Elementary School and Tombolo State Elementary School K. IX(1), 82–90.

Syahmina, I., Tanjung, I. F.,dkk. (2020). Efektivitas Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Negeri Medan. Jurnal Biolokus, 3(2), 320. https://doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.790

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Umam, S. (2020). Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring. Al Hikmah: Journal of Education, 1(1), 1–10. http://ejournal.yphn.ac.id/index.php/Alhikmah/article/view/1

Utami, N. H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Komunikasi Siswa Homeschooling melalui Implementasi CIRC pada Materi Sistem Ekskresi. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 83. https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7861

Wardhani, I. Y., Amanda, S. M., dkk. (2020). Bioentrepreneurship Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Alternatif Bisnis Di Masa Pandemi. Journal Of Biology Education, 3(2), 99. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i2.8475

Wulandari, I Gusti Agung Ayu, A., dkk. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.

Yudhayanti, Devita, Sunarno, Widha, S. (2015). Pembelajaran Biologi Dengan Model Sains dan, Teknologi Ditinjau, Masyarakat Ilmiah, Sikap Kreativitas, D A N. 4(4).

Zetriuslita. (2016). Profil Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu ( Curiosity ) Matematis Mahasiswa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.